Anda disini: M Jurnal » Excel Dasar » Format Cell Excel : Kenali Semua Fitur Pemformatan Cell

Format Cell Excel : Kenali Semua Fitur Pemformatan Cell

Format Cell pada Excel merupakan salah satu fitur yang paling sering Anda gunakan. Fitur ini berperan penting dalam pengolahan data di Microsoft Excel.

Pada Microsoft Excel, Anda tidak perlu ketik operator pemisah bilangan Ribuan secara manual. Misalnya Anda ingin ketik 2000 (dua ribu), maka Anda tidak perlu ketik 2.000.

Jika Anda ketik titik pada bilangan ribuan secara manual (2.000), maka Excel tidak akan menganggap angka tersebut sebagai bilangan 2.000 (dua ribu).

Lalu bagaimana cara menampilkan bilangan ribuan ? Anda bisa menggunakan Format Cell untuk mengubah tampilan angka tanpa mengubah angka itu sendiri. Misalnya, Anda ingin mengubah angka 2000 menjadi 2.000. Dengan format cell lah Anda bisa melakukan ini.

Pengertian Format Cell pada Microsoft Excel

Format Cell Excel adalah fitur pemformatan pada Microsoft Excel untuk mengubah tampilan data pada cell untuk tujuan tertentu tanpa mengubah data itu sendiri.

Sebagai contoh, seperti yang Saya sebutkan sebelumnya. Anda tidak perlu ketik operator pemisah bilangan ribuan untuk mengetik angka (seperti 2.000).

Penting! Sebelum Anda lanjutkan mempelajari Panduan ini, pastikan Anda sudah tahu apa itu Column, Row, Cell dan Range Excel. Jika belum, silahkan kunjungi Panduan Range, Cell, Column, dan Rows Excel M Jurnal

Jenis-Jenis Format Cell Pada Excel

Pertama-tama, silahkan buka Window Format Cell terlebih dahulu. Caranya, Klik kanan pada Cell manapun, kemudian klik Format Cells. Atau Format Cell juga bisa dibuka dengan cara tekan tombol CTRL dan 1 pada keyboard secara bersamaan.

Anda akan melihat Window Format Cell sebagai berikut:

6 Jenis Format Cell Excel

Terlihat ada 6 jenis utama Format Cell pada Excel. Keenam jenis ini akan sering Anda gunakan ketika bekerja menggunakan Excel.

Penting! Saya akan menjelaskan penggunaan secara umum saja. Untuk penggunaan masing-masing Format Cell secara spesifik akan Saya jelaskan pada Panduan khusus. Silahkan lihat pada Pintasan Panduan Format Cell Excel

Format Number

Format Number berguna untuk memformat (mengubah) tampilan data baik berupa Angka, Teks (huruf) atau gabungan angka dan teks.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur pemformatan tanggal dan waktu (jam) dan lain sebagainya pada bagian ini.

Saat ini ada 12 tipe Format Number yang bisa Anda ketahui. Mari kita pelajari satu per satu.

#1 General

General

Format Number General merupakan Format default yang digunakan Excel. Misanya, jika Anda ketik angka 2000, maka Excel akan menampilkan angka yang sama persis yaitu 2000 (tanpa operator pemisah bilangan ribuan).

#2 Number

Number

Number berguna untuk memformat data berupa angka. Pada bagian ini, Anda bisa menentukan berapa banyak jumlah angka dibelakang koma (misal 2.154,12).

Selain itu Anda juga bisa menentukan seperti apa bilangan negatif tampil pada Cell. Apakah menggunakan Font berwarna hitam atau berwarna merah.

Note: Pemisah bilangan ribuan dan desimal (berkoma) pada Excel tampil tergantung setting Regional Komputer Anda (English atau Indonesia). Dalam Format English, titik adalah pemisah desimal (berkoma) dan koma adalah pemisah ribuan. Sementara dalam format Indonesia merupakan sebaliknya.

Misalnya, angka 2,154 dalam format english, adalah Dua Ribu, bukan Dua koma Satu Lima Empat. Sedangkan dalam format Indonesia adalah Dua koma Satu Lima Empat. Jangan sampai keliru untuk bagian ini ya.

Secara default, Excel akan menggunakan Format English seperti semua contoh yang Saya gunakan pada Panduan Excel M Jurnal ini.

Jika Anda ingin mengubah Regional English menjadi Indonesia (mengubah makna tanda koma menjadi titik), silahkan ikuti panduan Cara Mengubah Koma Menjadi Titik Pada Excel

#3 Currency

Number - Currency

Type Currency berguna jika Anda ingin data (angka) tampil beserta simbol mata uang. Misalnya, Anda ingin memasukkan angka Rp 2.000,00

Anda hanya perlu memasukkan angka 2000, sementara untuk simbol mata uang bisa Anda setting pada bagian Currency > Symbol. Anda juga bisa setting berapa angka di belakang koma serta setting tampilan angka negatif.

#4 Accounting

Number - Accounting

Type Accounting sangat cocok untuk Anda yang sedang mengerjakan laporan keuangan pada Excel.

Fitur yang bisa Anda gunakan hampir sama dengan type Currency. Perbedaannya, Anda tidak bisa mengubah tampilan angka negatif untuk type Accounting.

#5 Date

Number - Date

Merupakan type Format Cell untuk data berupa tanggal. Anda bisa mengatur seperti apa data (tanggal) tampil pada cell. Misalnya Saya ketik tanggal 14/11/2020, kemudian Saya ubah menjadi 14 November 2020 dengan Date Format.

Anda juga bisa mengatur type format tanggal sesuai lokasi (negara). Karena tidak semua negara menggunakan format tanggal yang sama.

#6 Time

Number - Time

Type Time berguna untuk memformat data berupa waktu. Seperti yang kita ketahui, tidak semua negara menggunakan format waktu yang sama.

Indonesia menggunakan format 24 jam. Sementara USA menggunakan Format 12 jam. Anda bisa mengatur apakah waktu menggunakan format 24 jam atau 12 jam (AM/PM)

#7 Percentage

Format Number - Percentage / Persentase Excel

Tanda Persen (%) dalam bilangan persentase bisa Anda ketik secara manual. Namun, jika Anda ingin ketik data berupa bilangan desimal (misalnya: 0,2545), Anda bisa mengubah tampilannya menjadi persentase (25,45%)

Anda juga bisa mengatur berapa angka dibelakang koma pada bilangan persentase.

#8 Fraction

Format Number - Fraction / Pecahan Excel

Type Fraction merupakan Format Cell untuk bilangan pecahan. Misalnya, Anda ingin memasukkan pecahan 1/4, maka silahkan ketik 0,25 pada cell B9. Kemudian ubah Format Number menjadi Fraction.

Namun, jika Anda ingin memasukkan bilangan pecahan 3/7, apakah harus hitung berapa nilai desimal dari bilangan pecahan tersebut kemudian ketik ke dalam cell ?

Tentu tidak, Anda bisa ketik 0 3/7. Secara otomatis, Excel akan mengkonversi angka tersebut menjadi bilangan pecahan.

Penting! Angka 0 sebelum 3/7 bertujuan untuk membedakan data yang Anda masukkan (Pecahan) dengan format data tanggal. Contoh paling spesifik akan Saya bahas pada SUB-BAB Fraction (Lihat Pintasan Panduan).

#9 Scientific

Format Number - Scientific / Bilangan Eksponensial Excel

Type Format Cell Scientific adalah type format cell untuk bilangan Eksponen. Type ini berguna jika Anda memiliki bilangan desimal yang sangat kecil.

Bilangan desimal yang sangat kecil merupakan bilangan yang memiliki banyak angka nol setelah koma.

Misalnya, Anda ingin ketik 0,00000000000000000000000125. Jika diketik sepanjang itu tentu kolom menjadi sangat lebar. Solusinya, Anda bisa menggunakan format Scientific sehingga 0,00000000000000000000000125 menjadi 1,25E-24

#10 Text

Format Number - Text Excel

Type text merupakan format untuk mengubah data menjadi text. Jika Anda menggunakan type text untuk angka, maka Excel akan menganggap data (angka) tersebut sebagai teks, bukan angka.

Type ini sangat berguna jika Anda ingin memasukkan Angka bukan desimal yang diawali dengan angka 0. Misalnya Anda ingin memasukkan nomor Hp 082123456789, maka silahkan gunakan Format Cell type Text.

#11 Special

Format Number - Special Excel

Type Special berguna jika Anda ingin memasukkan data dengan format khusus. Sebagai contoh, untuk data berupa kode pos, nomor telepon + kode area, serial number dll.

#12 Custom

Format Number - Custom Excel

Jika dari 10 type Format Cell di atas belum ada yang cocok dengan keinginan Anda, maka silahkan gunakan type Custom.

Type custom memungkinkan Anda mengubah format pada type lainnya sesuai keinginan. Misalnya, pada type Number, Anda bisa mengubah warna bilangan negatif menjadi warna kuning.

Atau dalam contoh lain, Anda bisa menggunakan format khusus yaitu secara otomatis memasukkan karakter tertentu ketika Anda memasukkan data.

Format Alignment

Format Cell Alignment merupakan Format Cell untuk perataan data berdasarkan horizontal atau vertical hingga untuk menggabungkan 2 atau lebih cell.

Tersedia beberapa fitur yang bisa Anda gunakan:

Format Cell - Alignment
  1. Text Alignment, yaitu fitur untuk mengatur orientasi (perataan) data (teks / angka) secara horizontal ataupun vertical.
  2. Text Control, yaitu fitur untuk mengatur lebar dan tinggi baris untuk teks yang teralu panjang (Wrap Text). Anda juga bisa menggabungkan 2 atau lebih cell menggunakan Merge Cells serta membuat tulisan yang panjang agar sesuai dengan ukuran lebar kolom (Shrink to Fit)
  3. Right to Left bisa Anda gunakan untuk input tulisan dari kanan ke kiri seperti tulisan Bahasa Arab.

Format Font

Anda bisa mengatur font (huruf) menggunakan Format Cell Font. Saat ini Anda bisa mengatur beberapa bagian sebagai berikut:

Format Cell - Font Excel
  1. Font yaitu mengatur jenis font. Anda bisa memilih banyak jenis font yang disediakan Excel.
  2. Font Style yaitu gaya huruf apakah Bold (Cetak Tebal), Regular (biasa), Italic (miring), Bold Italic (Cetak Tebal + Miring).
  3. Size yaitu mengatur ukuran huruf / angka.
  4. Underline yaitu teks atau huruf bergaris bawah
  5. Color yaitu mengatur warna font.
  6. Efek yaitu mengatur Strikethrough (kata tercoret), Superscript (Pangkat: 202), dan Subscript (H2O).

Format Border

Secara default, Anda akan melihat WorkSheet Excel dalam bentuk kotak-kotak bergaris (grid lines). Kotak-kotak ini tidak akan tercetak ketika Anda print File Excel

Namun, kotak ini hanya untuk mempermudah Anda mengetahui batas antara setiap kolom dan baris.

Anda bisa menggunakan border untuk membuat garis mana yang akan tercetak ketika Anda print file Excel.

Biasanya Format Cell Border digunakan untuk membuat tabel sesuai keinginan. Misalnya seperti gambar berikut:

Format Cell - Border Excel

Pada Format Cell Border, Anda bisa mengatur beberapa bagian berikut:

  1. Style yaitu gaya Border (garis). Tersedia gaya garis putus-putus, ganda (double), tebal dan lain sebagainya.
  2. Presets yaitu menentukan bagian mana yang akan di beri border (garis). Tersedia None (tidak sama sekali), Outline (bagian luar saja), dan Inside (bagian dalam saja).
  3. Color berguna untuk mengatur warna Border.
  4. Border berguna untuk mengatur bagian mana yang akan Anda berikan border secara lebih spesifik.

Format Fill

Format Fill berguna untuk mengatur Warna Cell. Anda bisa menggunakan berbagai macam warna untuk masing-masing cell seperti gambar berikut:

Format Cell - Fill Cell Excel

Penting! Anda bisa mengubah warna cell secara otomatis berdasarkan kriteria menggunakan fitur Conditional Formatting. Selengkapnya pelajari pada Panduan Conditional Formatting Excel.

Format Protection

Untuk Format Cell Protection, Anda bisa mengatur Proteksi / keamanan / mengunci / menyembunyikan rumus. Selengkapnya silahkan kunjungi Panduan Protect Excel

Lalu apa selanjutnya ? Silahkan gunakan Pintasan Panduan Format Cells Excel berikut untuk mempelajari Semua Tentang Format Cell Excel. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari Semua Tentang Microsoft Excel.

Pintasan Panduan Format Cells Excel

BAB Sebelumnya: Range Data

  1. Format Cells: (Anda Disini).
  2. Decimal Place: Cara pembulatan angka dan mengubah jumlah angka di belakang koma tanpa mengubah nilainya.
  3. Date and Time Formats: Cara menggunakan Format Tanggal dan Waktu
  4. Fractions: Cara memasukkan nilai Pecahan di Excel (lengkap)
  5. Currency vs Accounting: Perbedaan format mata uang dan format akuntansi
  6. Text to Numbers: Cara mengubah Format Teks menjadi Format Angka dan Sebaliknya + Contoh Fungsi VALUE dan TEXT
  7. Custom Number Format: Membuat format angka khusus seperti Nol di depan (000231), menambahkan satuan (27,5 Kg), singkatan angka besar (1.000.000 menjadi 1 jt), dll
  8. Format Painter: Cara menyalin format di satu Cell / Range ke Cell / Range lainnya dengan mudah.
  9. Cell Syles: Cara mebubah desain cell dengan cepat
  10. Themes: Mengubah tema WorkBook
  11. Wrap Text: Menampilkan Teks (yang panjang) ke beberapa Row dalam 1 Cell. (Sering digunakan dalam teks yang panjang pada Column sempit)
  12. Merge Cells: Menggabungkan 2 atau lebih Cell menjadi 1 Cell
  13. Superscript, Subscript, and Strikethrough: Cara membuat Superskrip (seperti 102) dan Subskrip (seperti H20) dan Strikethrough / text dengan tanda coret (seperti ini).
  14. Check Mark: Cara menambahkan tanda centang (seperti ✔) di Excel
  15. Border: Cara membuat dan menghilangkan garis seperti membuat garis tabel dengan Border.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.