Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » 15+ Contoh Cara Copy Paste Special Excel (Panduan Lengkap)

15+ Contoh Cara Copy Paste Special Excel (Panduan Lengkap)

Microsoft Excel menyediakan fitur Paste Special untuk keperluan copy paste (copas). Fitur ini berguna jika Anda ingin menyalin cell yang berisi sebuah rumus / cell yang menggunakan format cell bahkan cell yang menggunakan Superscript/Subscript ataupun Conditional Formatting.

Dalam beberapa keadaan, Anda bisa saja menemukan kesalahan ketika copy paste sebuah cell / range data. Misalnya seperti copy sebuah cell yang berisi sebuah rumus. Ternyata setelah paste, rumus tersebut berubah tidak sesuai keinginan.

Ads

Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan copas di Excel, Saya berikan gambaran menggunakan contoh sebuah data seperti gambar berikut:

15 contoh cara copy paste special excel - Copy Rumus, Nilai saja, Format, Other dll

Data yang akan Saya copy adalah cell A2 sampai A10. Data pada setiap cell diisi dengan cara yang berbeda-beda serta penggunaan Format Cell yang berbeda seperti yang tertera pada tabel berikut:

CellRumusFormat
A2Tidak. Ketik Manual.Rata tengah
A3Tidak. Ketik Manual.Format Cell: Kuning
A4Tidak. Ketik Manual.Format Cell: Hijau, Font: Italic, Bold dan Underscore, serta rata tengah.
A5Tidak. Ketik Manual.Font: Subscript untuk H2O
A6Tidak. Ketik Manual.Font: Superscript untuk 102 dan Border
A7Ya. =A3+A2Rata tengah dan Format Number: Number
A8Ya. =76.5*10Conditional Formatting: Data Bars
A9Tidak. Ketik Manual.Conditional Formatting: Data Bars
A10Tidak. Dropdown ListData Validation: Dropdown list.

Dengan ini kita bisa menguji semua fitur Paste Special Excel. Sebelum lanjut ke contoh, pastikan Anda sudah paham cara membuka pilihan serta kategori yang tersedia pada Paste Special terlebih dahulu. Jika sudah paham, silahkan skip ke Contoh Pertama.

Cara Menggunakan Paste Special Excel

Cara menggunakan Paste Special Excel bukan sekedar menggunakan tombol CTRL + C dan CTRL + V, melainkan Anda harus membuka pilihan paste special dengan cara berikut:

Note: Cara ini tidak akan Saya ulang pada contoh ke 1,2, 3, 4 dan seterusnya. Saya harap Anda bisa memahami bagian ini terlebih dahulu.

Cara menggunakan paste special excel
  1. Pertama, pilih (blok) range data yang akan disalin. Dalam contoh ini Range A2:A10
  2. Kedua, tekan tombol CTRL dan C pada keyboard secara bersamaan. Ini akan menyalin range A2:A10
  3. Ketiga, Klik Cell tujuan Anda. Misalnya ingin paste ke Cell C2, maka klik Cell C2
  4. Keempat, Klik Tab Home
  5. Kelima, Klik Icon Panah Bawah pada Menu Paste.
  6. Keenam, terdapat 4 kategori

Seperti yang Anda lihat, Paste Special pada Excel (saat ini) terbagi dalam 4 kategori yaitu Paste, Paste Value, Other Paste Options dan Paste Special. Setiap kategori memiliki beberapa jenis dan memiliki kegunaan masing-masing. Kita akan bahas 1 per 1.

Ads

Note: Dalam panduan ini, contoh 1 sampai 8 membahas kategori “Paste”. Contoh 9 – 11 untuk “Paste Values”. Contoh 12 – 15 untuk “Other Paste Options”. Dan Contoh 16 untuk “Paste Special”.

Sudah siap??? Mari kita mulai…

#1 Paste (P) – Copy Paste Sama Persis Kecuali…

Silahkan ulangi tahap 1 – 5 diatas, kemudian pilih icon pertama pada kategori Paste. Dalam contoh ini, Saya paste ke cell C2. Apa yang terjadi ?

CTRL + C dan CTRL + V copy paste biasa

Ternyata Excel menyalin semua data pada Range A2:A10 termasuk cell yang menggunakan Rumus, Warna Cell, Font: Italic, Bold, Underscore, Subscript (H20), Superscript (102), Border, Rumus, Format Number, Conditional Formatting, maupun Data Validation: Dropdown List.

Semua data dicopy Sama Persis kecuali lebar dan tinggi cell. Terlihat Kolom C tidak memiliki lebar yang sama dengan kolom A. Namun, contoh pertama ini lah (Paste (P)) yang paling sering digunakan. CTRL + C dan CTRL + V.

#2 Formulas – Copy Paste Rumus Saja

Silahkan pilih icon kedua (Formulas (F)). Kemudian paste ke Cell D2 dan lihat hasilnya:

diskon-hosting

Cara copy paste rumus Excel

Bagaimana, sudah terlihat perbedaannya bukan ? Jenis paste Formulas (F) ini hanya menyalin persis rumus didalam cell sumber (Cell A7 ke Cell D7). Sementara untuk cell lain, Excel hanya menyalin nilainya saja. Tidak termasuk Format Cell (Font, Number dll), Conditional Formatting, maupun Data Validation.

#3 Formulas & Number Formatting

Sesuai namanya (Formulas & Number Formatting), maka Excel hanya akan menyalin “Persis” cell yang menggunakan Rumus dan Format Number. Selain itu, Excel akan menggunakan format default. Coba lihat hasil berikut:

Copy paste speical untuk rumus dan format number

Excel menyalin rumus pada Cell A7 ke cell E7 serta juga menyalin Format Number. Sementara itu, Excel tidak menyalin Format Font (Rata tengah). Untuk cell lainnya sudah tampak jelas perbedaannya. Termasuk Cell E10 sudah tidak menggunakan Data Validation

Penting! Ada banyak jenis Format Cell termasuk Font dan Number. Jika Anda belum paham tentang Format Cell, Saya rekomendasikan pelajari Panduan Format Cell M Jurnal

#4 Keep Source Formatting

Keep Source Formatting artinya Excel akan menggunakan Format yang sama dengan sumber data termasuk Format Cell (Font, Border, Number dll), Conditional Formatting, Data Validation, Serta Rumus. Coba lihat hasilnya.

Copy paste sesuai format data sumber

Sejauh ini, Saya belum melihat perbedaan antara Keep Source Formatting dengan Paste biasa (CTRL + V). Semua nya terlihat sama termasuk rumus dari Cell A7. Bahkan juga termasuk lebar kolom. Excel tidak menggunakan lebar kolom yang sama dengan kolom A.

#5 No Borders

Sudah jelas jenis paste ini tidak menyalin Format Borders dari sumber data. Anda bisa lihat pada Cell A6 (yang menggunakan Thick Border).

Copy paste Excel kecuali border

Sejauh ini, Excel hanya mengecualikan Format Border serta lebar dan tinggi Cell.

#6 Keep Column Source Widths (Semua Sama Persis)

Beda dengan Paste (P) dan Keep Source Formatting, Keep Column Source Widths menyalin semua format serta rumus, conditional formatting, data validation, hingga tinggi dan lebar cell.

Copy paste excel sama persis

Inilah yang disebut “Copas Sama Persis” / tidak ada bedanya. Excel menyalin semuanya termasuk Tinggi dan Lebar Cell.

#7 Transpose

Copy Paste Transpose akan mengubah kolom data menjadi baris (dan sebaliknya). Selain mengubah kolom ke baris, semua Format Cell, Conditional Formatting, Data Validation, hingga Rumus juga ikut tersalin. Hanya saja Excel tidak menyalin lebar dan tinggi Cell seperti gambar berikut:

Cara mengubah baris menjadi kolom dan sebaliknya

Penting! Selengkapnya tentang cara mengubah kolom menjadi baris (dan sebaliknya) / copy transpose, silahkan kunjungi Panduan Copy Transpose M Jurnal

#8 Merge Conditional Formatting

Jenis Paste Merge Conditional Formatting hanya akan tersedia JIKA Range Data Anda menggunakan Conditional Formatting.

Copy paste special merge conditional formatting

Sejauh percobaan, Saya belum menemukan perbedaan antara hasil Paste Merge Conditional Formatting dengan Paste (P) dan Keep Source Formatting. Semua terlihat sama. bahkan lebar kolom juga menggunakan lebar default.

Note: Ke 8 contoh diatas akan menyalin Rumus dari sumber data. Sebagian besar jenis paste hanya memberikan hasil yang hampir sama dengan Paste (P) biasa. Perbedaan paste hanya betul-betul terlihat jika Anda menggunakan Paste Special: Formulas, Formulas & Number Formatting, No Borders dan Transpose

Nah, beda lagi dengan contoh 9 – 11. Ke 3 contoh tersebut tidak akan menyalin rumus dari sumber data. Coba kita buktikan…

#9 Value Only – Copy Nilainya Saja

Silahkan pilih icon Value (V) pada dropdown Paste Special. Pada contoh ini, Saya menggunakan Worksheet baru dan paste ke Cell C2. Dan lihat hasilnya:

Cara copy paste hasil rumus (nilainya saja)

Sekilas tidak ada perbedaan yang terlihat antara Paste Special Value dengan Paste Special Formulas. Karena Paste Special Value hanya akan menyalin semua nilai Kecuali menyalin Lebar dan tinggi cell, Format Cell, Conditional Formatting, Data Validation, bahkan Rumus.

Coba lihat formula bar pada hasil paste Cell C7. Nilainya sama persis (35) yaitu hasil dari rumus =A3+A2 (20+10=35). Jenis Paste Value ini juga termasuk salah satu Favorit Saya.

#10 Value & Number Formatting

Value & Number Formatting artinya hanya menyalin Nilainya saja beserta Format Number. Jenis ini kebalikan dari Paste Formulas & Number Formatting.

Cara Copy paste special Excel

Saya ingatkan kembali, Format Number itu terletak pada Tab Home > Grup Number. Jadi pada tipe Paste Value & Number Formatting ini, Excel tidak akan menyalin format lain seperti Format Font, Border, Conditional Formatting dll.

#11 Value & Source Formatting

Tipe ini juga kebalikan dari Paste Keep Source Formatting. Hasilnya kurang lebih seperti berikut:

Copy paste special nilai nya saja dan format yang sama

Note: Perbedaannya hanya ini saja. Keep Source Formatting = Copy Rumusnya juga. Sedangkan Value & Source Formatting = hanya copy nilai (bukan rumus) serta tidak menyalin Subscript dan Superscript.

Ketiga contoh untuk Kategori Paste Value sudah selesai. Silahkan sesuaikan jenis paste spesial mana yang paling cocok untuk data Anda.

Sekarang Kita Coba Paste Special yang lebih Advance. Anda akan belajar cara copy paste saling tersinkron (istilah pemulanya).

#12 Formatting

Paste Special Formatting tidak membuat hasil paste tersinkron (terhubung) dengan sumber data. Melainkan hanya menyalin Format dari sumber data tanpa menyalin rumus maupun value (nilai) seperti hasil paste berikut:

Cara copy paste special formatting Excel

Note: Tipe Paste Special Format hanya menyalin Format Cell (Warna, Border, Font, Alignment, Number dll) serta Conditional Formatting. Sementara Excel tidak menyalin Value, Rumus, Data Validation, Superscript, dan Subscript).

Apa itu benar ? Coba kita buktikan:

Paste Special Formatting: Tidak Menyalin Format Font (Subscript dan Superscript), Rumus dan Value

Sebagai contoh, pada Kolom C Saya isi dengan beberapa data yang berbeda (ketik secara manual) seperti gambar berikut:

Paste Special Formatting Excel: Tidak Menyalin Format Font (Subscript dan Superscript), Rumus dan Value

Cell C2 menggunakan format font yang sama (rata tengah), Cell C3 menggunakan warna cell yang sama (kuning), Cell dan C4 menggunakan format font (italic, bold, dan underscore) serta warna cell (hijau) yang sama dengan sumber.

Sejauh ini, Format Cell benar-benar disalin. Namun berbeda untuk Format Font khusus Subscript dan Superscript pada Cell C5 dan C6. Kenapa Excel tidak menyalin format tersebut ? Karena Subscript dan Superscript dibuat secara manual. Anda perlu memilih (blok) huruf / karakter yang akan menjadi tika atas atau tika bawah melalui Formula Bar. Namun pada Cell C6, Excel juga menyalin Border dari Cell A6.

Penting! Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Superscript dan Subscript. Klik disini

Untuk Cell C7, ini sudah jelas, karena pada Paste Special Formatting, Excel tidak menyalin value maupun Rumus. Yang bisa Saya bahas hanya Format Alignment (Rata Tengah). Terlihat Excel menyalinnya dari Sumber Data.

Paste Special Formatting: Juga Menyalin Conditional Formatting

Paste Special Formatting: Juga Menyalin Conditional Formatting

Pada cell C8 dan C9, Saya menggunakan angka yang lebih kecil dari sumber data (A8 dan A9). Ternyata Data Bars tetap tersedia dengan bar yang lebih pendek. Itu artinya, Excel menggunakan Kriteria Conditional Formatting yang sama dengan cell A8 dan A9.

Penting! Jika Anda belum paham tentang Data Bars, silahkan kunjungi Panduan Data bars Conditional Formatting M Jurnal

Paste Special Formatting: Tidak Menyalin Data Validation

Paste Special Formatting Excel Tidak Menyalin Data Validation

Terakhir tentang Data Validation (C10). Pada data sumber (Cell A10), Saya menggunakan DropDown list Perempuan dan Laki-Laki. Jika Paste Special Formatting juga menyalin Data Validation, maka seharusnya Saya tidak bisa mengisi Cell C10 dengan data lain selain List pada Drop down. Tapi kenyataannya ? Pada Paste Special Formatting, Excel tidak menyalin Data Validation dari Sumber Data.

Paste Special Formatting: Tidak Menyalin Data Validation

Penting! Jika Anda belum paham Cara Menggunakan Data Validation, silahkan kunjungi Panduan Data Validation M Jurnal

#13 Link

Paste Spesial Link inilah salah satu dari paste tersinkron seperti yang Saya sebutkan sebelumnya (Anda Lupa ? Klik disini untuk baca lagi). Lalu apa arti tersinkron itu ? Misalnya, coba copy Range A2:A10, kemudian Gunakan Paste Spesial Link ke cell D2. Lihat dulu hasilnya.

Paste Special link Excel. Hasil paste saling terhubung

Sejauh ini terlihat bahwa Paste Special Link tidak menyalin Format Data Sumber baik itu Format Cell, Conditional Formatting maupun Data Validation. Namun, semua nilai terlihat sama persis kecuali Subscript dan Superscript (D5 dan D6).

Isi pada kolom D itu lah yang menjadi kunci utamanya (copy paste tersinkron). Karena pada dasarnya Excel hanya membuat cell reference sebagai rumus ke Cell A2 sampai A10 untuk hasil paste Link.

Copy paste special excel saling tersinkron (terhubung)

Semua hasil Paste Link menggunakan cell reference. Misalnya Cell D2 berisi rumus =A2, Cell D3 berisi rumus =A3 dan seterusnya. Sehingga ketika Anda mengubah isi pada Cell A2 sampai A10, secara otomatis nilai pada Cell D2 sampai D10 juga ikut berubah.

Copy paste special excel saling tersinkron (terhubung)

Bagaimana, menarik bukan ? Ini salah satu fitur Paste Special Favorit Saya.

#14 Picture

Paste Special Picture akan mengubah Range data yang Anda copy menjadi sebuah gambar. Anda bisa mengubah ukuran gambar dari hasil Paste Picture sebagaimana setting gambar pada Excel seperti biasa.

Copy paste special Excel menjadi gambar (picture)

Tidak banyak yang bisa Saya bahas untuk tipe Paste Special ini, karena fitur Paste Special Linked Picture berikut jauh lebih menawan…

#15 Linked Picture

Paste Special Linked Picture tidak hanya menghasilkan sebuah gambar. Fitur ini seperti gabungan fitur Paste Spesial Link dan Picture. Tentu bisa dibayangkan sebagus apa Fitur Paste Special ini… Ada sebuah gambar yang mana gambar tersebut bisa berubah ketika Anda mengubah isi pada Data Sumber.

Copy paste special Excel menjadi gambar yang bisa berubah (saling tersinkron / terhubung dan sumber data)

Setelah menggunakan Paste Linked Picture, Anda akan melihat sebuah gambar yang sama dengan Sumber Data. Sekarang coba ubah Sumber Data (Cell A2 sampai A10). Terserah mau ubah menjadi apapun. Dan lihat hasilnya:

Copy paste special Excel menjadi gambar yang bisa berubah (saling tersinkron / terhubung dan sumber data)

Menarik bukan ? Saya baru saja menemukan manfaat fitur ini dan sudah menjadi salah satu fitur Paste Spesial Favorit Saya.

Lalu Kenapa Gambar tersebut bisa terhubung dengan Sumber Data ?

Karena terdapat cell reference pada Gambar tersebut. Coba Anda klik gambar tersebut lalu lihat pada Formula Bar.

Copy paste special Excel menjadi gambar yang bisa berubah (saling tersinkron / terhubung dan sumber data)

Paste Special Excel

Jika ke 15 contoh Copy Paste Special di atas belum ada yang sesuai dengan tujuan Anda, maka contoh ini bisa jadi alternatif. Namun pada dasarnya, untuk kategori ke 4 ini (Paste Special), sebagian jenis paste adalah contoh dari 15 jenis di atas. Hanya ada beberapa jenis yang berbeda.

Biar semakin jelas, silahkan buka Window Paste Special dengan cara berikut:

Cara membuka window Paste Special Excel
  1. Pertama, pilih (blok) range data yang akan dicopy (A2:A10).
  2. Kedua, copy data sumber (CTRL + C)
  3. Ketiga, klik Cell tujuan untuk paste. Misal C2
  4. Keempat, klik Tab Home, kemudian klik Icon Panah Bawah pada Bagian Paste
  5. Kelima, klik Paste Special untuk membuka Window Paste Special
Window Paste Special Excel

Pada Window Paste Special, silahkan fokus ke bagian Paste. Sebagian besar pilihan paste yang tersedia sudah Saya bahas di atas seperti Formulas, Values, Formats dll. Namun ada beberapa yang belum di bahas seperti Paste Comments dan Validations.

cara menyalin cell yang memiliki comments dan data validation

Untuk Paste Comments, Excel hanya akan menyalin komentar pada cell yang terdapat komentar. begitu juga dengan Paste Validations hanya akan menyalin cell yang menggunakan Data Validations. Sementara format cell, rumus atau nilai lainnya di abaikan.

Penting! bagian Operation pada Window Paste Special Excel, bisa Anda gunakan untuk menghitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian maupun Pembagian tanpa menggunakan Rumus / Fungsi. Panduan tersebut sudah Saya bahas Khusus pada masing-masing SUB-BAB. Penasaran ? Coba kunjungi SUB-BAB Subtract (untuk pengurangan), Multiply (untuk perkalian), dan Divide (untuk pembagian). Lihat Pintasan Panduan (Klik Disini)

Lalu bagaimana dengan pilihan Skip Blanks ?

Secara garis besar, Jika Anda menggunakan Paste Special Skip Blank, maka Excel akan menyalin cell yang berisi saja dari Range data Anda. Dengan kata lain, Excel tidak akan menyalin cell kosong. Silahkan pelajari cara menggunakan Paste Special Skip Blank di Panduan Paste Skip Blank

Bonus: Cara Copy Paste Lainnya

Saya juga sering menemukan keadaan dimana ketika kita ingin menyalin (copy) kolom yang difilter atau terdapat baris / kolom yang disembunyikan (hidden). Sementara, Saya hanya ingin menyalin cell yang terlihat saja.

Cara copy paste excel yang di filter (kecualikan hidden column / row)

Untuk tujuan tersebut, Anda tidak bisa menggunakan Paste Special Excel mentah-mentah. Melainkan gunakan fitur Visible Cells Only dari Go To Special. Saya sudah menulis panduannya, selengkapnya silahkan kunjungi Panduan Cara Copy Cell yang difilter – M Jurnal

Ada keadaan lain lagi nih. Copy Paste Data Berupa Rumus, Tapi Tidak ingin Rumus nya berubah.

Cara menyalin cell yang menggunakan rumus

Seperti yang terlihat, Cell C2 berisi rumus =B2-B8. Artinya, tujuan Saya ingin menghitung Hasil dari Nilai dikurang Rata-Rata. Kemudian Saya copy cell C2 ke Cell C3 sampai C7 terserah mau pake AutoFill atau contoh Paste Special diatas. Tentu saja hasilnya salah dan tidak sesuai dengan yang Saya inginkan. Apa penyebabnya ?

Kesalahan menyalin cell yang menggunakan rumus sehingga rumus berubah

Penyebabnya, Cell Reference yang digunakan pada rumus tidak tepat. Coba lihat cell C3, Rumus hasil copas berubah menjadi =B3B9 yang seharusnya bukan B9 tapi B8 (data untuk rata-rata).

Ini hanya contoh sederhananya saja. Keadaan ini bakal sering Anda alami. Satu-satunya solusi untuk keadaan ini, pahami Cell Reference terlebih dahulu. Anda tidak bisa menggunakan Paste Special mentah-mentah. Saran Saya, silahkan kunjungi Panduan Cell Reference Excel M Jurnal.

Next: Silahkan lihat topik-topik menarik lainnya tentang Rumus VS Fungsi Excel pada Pintasan Panduan berikut. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal..

Pintasan Panduan Rumus VS Fungsi Excel

  1. Rumus VS Fungsi: Perbedaan rumus dan fungsi serta contoh-contoh rumus (seperti perkalian, pembagian, pangkat dll)
  2. Subtract: Rumus Pengurangan pada Excel
  3. Multiply: Rumus Perkalian pada Excel
  4. Divide: Rumus Pembagian pada Excel
  5. Square Root: Rumus Menghitung Akar dan Kuadrat (Pangkat).
  6. Percentage: Rumus Persentase pada Excel dan Cara menghitung Diskon.
  7. Named Range: Cara membuat Range bernama agar rumus lebih mudah di pahami
  8. Dynamic Named Range: Range bernama dinamis dapat meluas secara otomatis ketika Anda menambahkan Cell baru dalam Named Range.
  9. Paste Options: (Anda Disini)
  10. Not Equal To: Contoh menggunakan rumus “Tidak sama dengan <>”.
  11. Cm to Inches: Cara mengubah satuan centimeter ke inchi

Apakah Panduan ini Membantu Menyelesaikan Permasalahan Anda ?

Rolan Mardani

Traktir Saya secangkir kopi supaya kuat begadang untuk membuat konten-konten Panduan yang berkualitas dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Bantu Orang Lain... Share Panduan ini:

Yakin Ga Mau Komen ?