Anda disini: M Jurnal » Pusat Panduan » Pusat Panduan WordPress (Tutorial Lengkap)

Pusat Panduan WordPress (Tutorial Lengkap)

Pusat Panduan WordPress ini Saya susun khusus untuk Anda yang ingin belajar tentang WordPress dari dasar. Dan tentunya materi pada masing-masing tutorial juga sudah Saya optimalkan agar dapat mudah dipahami bagi pemula.

Saat ini, Saya mengelompokkan materi Belajar WordPress menjadi 5 BAB Utama sebagai berikut:

  1. Instal WordPress,
  2. Dasar SEO & Analytic WordPress,
  3. Update Content SEO WordPress,
  4. Monetize WordPress dan
  5. SEO & Analytic Lanjutan.

Setiap BAB Panduan memiliki SUB-BAB yang berisi materi mendalam untuk membuat dan mengelola Website yang menggunakan WordPress.

Note: Sebagai pelengkap, jika Anda mengikuti Panduan ini dari BAB Pertama, maka Insya Allah Anda bisa membuat sebuah Blog keren dan menghasilkan uang menggunakan WordPress seperti Website M Jurnal.

Jadi semua materi Panduan Belajar WordPress ini adalah Hasil Real dari penerapan secara langsung, riset dan pengalaman Saya selama mengelola dan mengembangkan Website yang menggunakan WordPress.

Setiap SUB-BAB akan Saya perbarui jika terdapat pembaruan teknik-teknik optimasi Website dari hasil uji coba yang Saya lakukan.

Insya Allah, Anda Bisa Mempelajarinya Meskipun Anda Belum Tahu Sama Sekali Tentang Pemrograman, Coding, dan WordPress.

SILAHKAN KLIK LINK (TULISAN BERWARNA BIRU) PADA MASING-MASING BAB UNTUK MEMPELAJARI SETIAP SUB BAB PANDUAN

Sudah siap ? Silahkan mulai dari BAB 1 (Instal WordPress) sebagai pengenalan dasar-dasar menggunakan WordPress. Jangan lupa sediakan kopi yaa…

BAB 1 – Instal WordPress

Faktanya, dengan menggunakan WordPress, Anda bisa membuat berbagai macam jenis Website. Misalnya seperti sebuah Blog (website pribadi), E-Commerce (Toko Online), Website Perusahaan (Company Profile), Blog (content marketing), Organisasi / Instansi Pemerintahan, Media Sharing, Komunitas Online (Forum), maupun Website Berita.

Agar bisa membuat jenis – jenis Website tersebut, Anda wajib memahami materi Instal WordPress ini… Kenapa ?

Karena setiap materi pada BAB Pertama ini menjelaskan apa itu WordPress, Bagaimana cara membuatnya, hingga cara menggunakan beberapa fitur yang tersedia setelah Anda instal WordPress. Silahkan pelajari lebih lanjut…

  1. WordPress: Kenali apa itu WordPress.com dan WordPress.org sebagai tahap awal pembuatan Website Anda.
  2. Instal WordPress: Cara instal WordPress pada Hosting dan Domain Anda.
  3. DashBoard WordPress: Cara menggunakan Fitur-Fitur Default pada DashBoard WordPress serta Rekomendasi Setting Dasar WordPress yang terbaik.
  4. Template: Cara Instal dan Contoh Customize Theme WordPress
  5. Plugin: Mengenal Plugin, Cara instal dan list plugin yang harus ada di Website WordPress.

BAB 2 – Dasar SEO & Analytics WordPress

Sebetulnya ada banyak sekali materi yang bisa Anda pelajari tentang SEO dan Analytics WordPress. Namun besar teknik tidak perlu Anda terapkan ketika awal pembuatan Website, melainkan hanya perlu melakukan beberapa setting dasar.

So… Silahkan pelajari satu per satu.

  1. Setting SEO: Setting SEO dan Semua Plugin Terlebih dahulu sebelum Anda membuat Sebuah Artikel / Laman / Konten Lainnya.
  2. Cache: Setting Plugin Cache yang Anda gunakan.
  3. Setting Search Console: Wajib Setting Search Console agar Website Anda bisa muncul di halaman Pertama Google.
  4. Setting Analytic: Setting Analytic untuk analisa pengunjung (Viewers) website Anda. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi dan mengembangkan Website untuk kedepannya.

Penting! Sampai tahap ini, jika Website Anda berupa Toko Online, Saya sarankan ikuti Pusat Panduan WooCommerce. Karena ada perbedaan cara penggunaan kedua jenis website ini.

Sementara materi Panduan untuk jenis Website lainnya kurang lebih akan sama saja dengan Panduan ini. Jika ada kesempatan akan Saya buatkan Panduan khusus.

~On Going~

BAB 3 – Update Content SEO

  1. Article: Cara Menulis Artikel SEO Friendly di Website WordPress
  2. Page: Cara Menulis Page
  3. Categories & Tag: Teknik SEO Categories & Tag WordPress yang tepat.

BAB 4 – Monetize WordPress

  1. Monetize Website:
  2. Google Adsense:
  3. Other:

BAB 5 – SEO & Analytics Lanjutan

  1. Search Console:
  2. Analytics:
  3. Pusat Panduan SEO: Belajar SEO tidak akan cukup dari 1 artikel saja. Oleh karena itu, Panduan Khusus SEO Lanjutan Saya pisah ke Pusat Panduan SEO.