Anda disini: M Jurnal » Excel Dasar » Panduan Cara Membuat Tanggal dan Waktu Di Excel

Panduan Cara Membuat Tanggal dan Waktu Di Excel

Sebetulnya cara membuat tanggal ataupun waktu (jam) di Excel itu tidak sulit. Anda hanya perlu akrab dengan simbol slash “/” atau dash “-” dan titik “.” atau titik dua “:”.

Pada Panduan ini, Anda tidak hanya belajar cara membuat tanggal dan waktu saja. Saya akan jelaskan sedetil mungkin tahap demi tahap serta Makna Data Tanggal dan Waktu bagi Excel.

Panduan ini juga sebagai dasar untuk Anda dalam menggunakan data tanggal maupun waktu sebelum Anda mempelajari Rumus / Fungsi DATE & TIME.

Cara Membuat Tanggal di Excel

Untuk membuat tanggal tanpa rumus pada Excel, silahkan gunakan Simbol Slash “/” atau Dash “-” sebagai pemisah antara hari, bulan dan tahun. Sebagai contoh, Saya ingin memasukkan tanggal 20 Desember 2019. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara membuat tanggal di excel
  1. Pertama, ketik hari yaitu 20 kemudian ketik simbol slash “/” sebagai pemisah.
  2. Kedua, ketik angka bulan yaitu 12 kemudian ketik simbol slash “/
  3. Ketiga, ketik tahun yaitu 2019 atau bisa juga 2 angka terakhir yaitu 19. Kemudian tekan enter, berikut hasilnya:
Format date

Anda juga bisa mengganti simbol slash “/” (garis miring) menjadi simbol dash “-“. Jika Anda menggunakan Dash, Excel secara otomatis menggantinya dengan simbol slash “/”.

Namun, Saya rasa contoh diatas masih terlalu sederhana dan mungkin belum sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk itu, Saya berikan contoh cara mengubah Format tampilan tanggal menjadi 20 Desember 2019 atau Dec 20, 2019 hingga membuat tanggal berurutan.

Penting! Anda juga bisa membuat tanggal saat ini dan otomatis update berdasarkan tanggal dalam sistem komputer yang digunakan. Coba pelajari Rumus TODAY.

#1 Mengubah Format Tanggal

Di Excel, tanggal akan tampil berdasarkan Setting Regional dan Tipe Format Number (Date) yang Anda gunakan. Dalam contoh ini, Saya menggunakan Setting Regional Indonesia. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut:

mengubah format tanggal excel
  1. Pertama, klik Cell yang ingin Anda ubah tampilan tanggalnya.
  2. Kedua, buka Window Format Cell dengan cara tekan tombol CTRL dan 1 pada keyboard secara bersamaan.
  3. Ketiga, klik Tab Number kemudian pilih Date
  4. Keempat, Ubah local sesuai Regional. Contoh: Indonesia
  5. Kelima, Anda bisa memilih 1 dari 6 type Format Date yang tersedia.
  6. Terakhir, Anda bisa melihat tampilan tanggal sebelum diterapkan pada bidang Sample. Jika cocok, silahkan klik Ok Berikut hasilnya:
Format date

Contoh diatas hanya untuk Setting Regional Indonesia. Kebutuhan Anda mungkin saja berbeda. Misalnya, jika Anda hanya ingin menampilkan nama bulan dan tahun seperti Mar-19, Apr-19 dst seperti gambar berikut:

Format Tanggal Regional US Excel

Untuk tujuan tersebut, Anda bisa menggunakan Format Tanggal dengan Setting Regional English (United States). Pada gambar, Anda bisa lihat tersedia banyak pilihan Format Tanggal yang bisa digunakan.

#2 Tanggal = Angka Bulat Positif (Pahami ini)

Sebelum Anda membuat tanggal berurutan di Excel, terlebih dahulu Saya berikan pemahaman terpenting dan mendalam tentang bagaimana Excel menganggap data tanggal tersebut ?

Ada yang bilang kalau Excel itu menganggap tanggal sebagai angka bulat positif. Apa itu benar ? Iya benar. Dan ini ada kaitannya dengan cara membuat tanggal berurutan ini.

Dulu Saya pernah bertanya-tanya. Sebenarnya tanggal pertama (paling lawas) di Excel itu tanggal berapa sih ? Saya pernah coba tanggal 01 Januari 1000. Ternyata bukan, Excel tidak mengenali data tersebut sebagai tanggal.

Setelah Saya coba berkali-kali, ternyata tanggal pertama pada Excel itu adalah 0 atau Nol dan tanggal kedua adalah 1 atau Satu.

Coba kita buktikan!

Ubah angka menjadi tanggal di Excel

Silahkan ketik angka -1 pada Cell A1, angka 0 pada Cell A2 dan angka 1 pada Cell A3. Kemudian ubah Format Number (Date). Berikut hasilnya:

Tanggal pertama di Excel = 00 Januari 1900 atau angka 0

Benar bukan ? Excel tidak bisa mengubah angka -1 menjadi tanggal. Sementara angka 0 merupakan perhitungan tanggal pertama pada Excel yaitu 00 Januari 1900. Berikutnya, angka 1 adalah tanggal 01 Januari 1900.

Dengan kata lain, angka 1 adalah 1 hari setelah tanggal 00 Januari 1900.

Penting! Anda juga bisa menggunakan fungsi DATEVALUE untuk mengubah tanggal menjadi angka (nomor seri) yang dikenali Excel.

Lalu kalau tanggal 20 Desember 2019 itu berapa hari setelah 00 Januari 1900 ? Ini contohnya:

Cara mengubah angka menjadi tanggal di Excel

Note: Data Tanggal pada Kolom C sama dengan Kolom D hanya sebagai pembanding. Selanjutnya silahkan ubah Format Number pada Kolom D menjadi General. Anda akan melihat hasil seperti gambar berikut:

Cara mengubah tanggal menjadi angka di excel

Ternyata, tanggal 20 Desember 2019 adalah hari ke 43.819 setelah tanggal 00 Januari 1900. Selanjutnya coba lihat tanggal 21 Desember 2019. Itu hari ke 43.820 bukan ?

Terus tanggal berikutnya ? Berikutnya lagi ? dan berikutnya lagi ? Lihat Polanya, itu angka berurutan loh.

Jika Anda sudah paham Rumus Menjumlahkan (Cell A1+1 atau A2+1) atau Fitur AutoFill Excel. Tentu membuat tanggal berurutan jauh lebih mudah. Jika belum, silahkan pahami 2 cara membuat tanggal berurutan berikut:

#3 Membuat Tanggal Berurutan Dengan Penjumlahan

Misalnya, Saya ingin membuat tanggal berurutan dari 20 – 28 Desember 2019. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara membuat tanggal berurutan di Excel
  1. Pertama, ketik tanggal 20/12/2019 pada Cell A2 dan tekan Enter
  2. Kedua, pada Cell A3 ketik Rumus =A2+1 dan tekan Enter
  3. Ketiga, Copy Paste Cell A2 ke Cell A4 sampai A10. Berikut hasilnya:
Cara membuat tanggal berurutan di Excel

Penting! Cara ini memang mudah, tapi Saya tidak merekomendasikannya jika Anda ingin membuat Tanggal Berurutan Otomatis pada Format Tabel Bernama. Untuk tujuan tersebut, silahkan kunjungi Panduan Rumus DATE Excel.

#4 Membuat Tanggal Berurutan Dengan AutoFill

Saya pribadi lebih suka menggunakan AutoFill untuk membuat tanggal berurutan karna lebih mudah dan fleksibel. Coba praktikkan contoh berikut:

Silahkan gunakan contoh yang sama (tanggal 20 – 28 Des 2019), kemudian ikuti cara berikut:

Cara membuat tanggal berurutan dengan AutoFill Excel
  1. Pertama, ketik tanggal 20/12/2019 pada Cell C2 dan tekan Enter.
  2. Kedua, lakukan AutoFill Cell C2 sampai cell C10
  3. Ketiga, jika hasilnya bukan tanggal berurutan (tapi tanggal yang sama), silahkan klik AutoFill Option dan Pilih Fill Series. Berikut hasilnya:
Tanggal berurutan dengan Autofill

Mudah bukan ?

Sebetulnya banyak yang bisa Anda lakukan dengan fitur AutoFill ini terkait tanggal. Misalnya, membuat Bulan+Tahun berurutan, Nama Bulan Berurutan, tanggal berurutan khusus hari kerja (Senin-Jum’at) dan lain sebagainya.

Penting! Sebelumnya Saya sudah menulis cara menggunakan Fitur Autofill. Jika Anda belum tahu caranya, silahkan kunjungi Panduan AutoFill Excel.

Cara Membuat Waktu (Jam) di Excel

Untuk membuat format waktu (jam, menit dan detik), Anda bisa menggunakan titik (.) atau titik dua (:) sebagai pemisah antara satuan.

Note: Dalam contoh ini, Saya menggunakan format waktu 24 Jam, bukan 12 Jam (AM/PM).

Misalnya, untuk membuat jam 10, menit ke 15, detik ke 20 pada Excel. Silahkan ikuti tahap berikut:

Cara membuat waktu (jam) di Excel
  1. Pertama, ketik jam yaitu 10 dan diakhiri dengan tanda titik
  2. Kedua, ketik menit yaitu 15 dan diakhiri dengan tanda titik
  3. Ketiga, ketik detik yaitu 20 kemudian enter.

Note: Anda juga bisa mengubah titik (.) menjadi tanda titik dua (:)

Dengan menggunakan Format 10.15.20 atau 10:15:20, Excel mengerti bahwa Anda ingin menampilkan data berupa waktu (jam) bukan angka.

Penting! Anda juga bisa membuat waktu (jam) saat ini dan otomatis update sesuai jam pada sistem komputer yang digunakan. Silahkan pelajari Fungsi NOW.

#1 Mengubah Format Waktu

Sama seperti Format Tanggal, Anda juga bisa mengubah Format Waktu melalui Window Format Cells (CTRL+1) > Number > Time:

Mengubah Format Waktu

Untuk Location (Regional) Indonesia, tidak terlalu banyak Format Number (Time) yang tersedia. Tapi untuk Regional English tersedia cukup banyak type.

Silahkan sesuaikan dengan keinginan Anda. Tapi jika Anda merasa tidak ada yang sesuai, tenang saja, Saya masih punya trik rahasia. Silahkan pahami beberapa bagian terakhir berikut.

#2 Format Waktu = Angka 0 – 1

Format Waktu pada Excel adalah angka 0 sampai 1. Setiap satuan waktu akan dibagi persekian desimal untu setiap detik, menit maupun jam.

Coba kita buktikan kembali. Silahkan ketik data berikut:

  • 0 pada Cell A1
  • 0,25 pada Cell A2
  • 0,5 pada Cell A3
  • 0,75 pada Cell A4
  • 0.99 pada Cell A5

Kemudian ubah Format Number menjadi Time. Perhatikan hasil berikut:

Format Waktu = angka 0 - 1

Data pada Kolom A = Kolom B. Kolom A menggunakan Format Number, sedangkan B menggunakan Format Time. Tujuannya hanya untuk membandingkan hasil setelah mengubah Format Number menjadi Time.

Pada cell A5, sengaja Saya kasih contoh 0,99 dan bukan 1. Karena jika Anda menggunakan 1, maka Excel tidak akan menampilkan jam 24.00.00, melainkan 00.00.00.

Penting! Jika Anda tidak ingin mengubah format number data yang asli, coba pertimbangkan menggunakan Fungsi TIMEVALUE untuk mengubah data waktu valid menjadi angka (nomor seri).

#3 Bisakah Membuat Waktu Berurutan ?

Bisa. Saya jelaskan cara menggunakan AutoFill. Cara ini cocok jika Anda tidak suka berurusan dengan rumus.

Secara default, AutoFill Waktu tunggal hanya akan membuat waktu berurutan dengan kelipatan 1 jam.

Contohnya, ketik jam 10.15.20 pada Cell A1. Kemudian lakukan AutoFill sampai Cell A10. Berikut hasilnya:

Membuat Format Waktu Berurutan di Excel

Namun, bagaimana caranya jika Anda ingin membuat waktu berurutan dengan kelipatan setiap 5 menit ataupun 5 detik ?

Untuk tujuan tersebut, Anda bisa menggunakan AutoFill Rentang Waktu. Misalnya, jika ingin membuat waktu berurutan dengan kelipatan 5 menit, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Membuat Format Waktu Berurutan kelipatan 5 menit
  1. Pertama, ketik waktu awal misal 10.15.20 pada Cell C1
  2. Kedua, ketik waktu kedua dengan jarak 5 menit setelah waktu awal yaitu 10.20.20 pada Cell C2
  3. Ketiga, pilih (blok) cell C1 dan C2
  4. Terakhir, lakukan AutoFill (Klik-Tahan-Tarik). Berikut hasilnya:
Waktu / Jam Berurutan

Mudah bukan ? Silahkan buat Format Waktu (Jam) sesuaikan keinginan Anda.

Namun, Jika tujuan Anda jauh lebih kompleks, coba pertimbangkan menggunakan Rumus TIME.

Bonus: Tampilkan Format Tanggal dan Waktu Bersamaan

Dalam suatu keadaan, mungkin Anda ingin menampilkan tanggal beserta jam secara bersamaan.

Misalnya, untuk menampilkan tanggal 20 Desember 2020 dan jam 10.15.20 secara bersamaan dalam 1 cell, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara menampilkan tanggal dan jam bersamaan dalam 1 cell
  1. Pertama, ketik Format Tanggal 20/12/2019
  2. Kedua, ketik tombol spasi pada Keyboard 1x
  3. Ketiga, ketik Format Waktu 10.15.20 dan tekan Enter.

Mudah bukan ? Excel menampilkan Tanggal 20/12/2019 jam 10.15.20 secara bersamaan pada Cell C1.

Sebetulnya tips ini merupakan sebagian dari SUB-BAB Custom Number Format. Mungkin Anda menemukan masalah atau mencari Format Number lain, misal membuat singkatan angka 1.000.000 menjadi 1jt tanpa mengubah nilainya.

Untuk beberapa tujuan terkait format number ini, silahkan tambah pengetahuan Anda tentang Format Cell menggunakan Pintasan Panduan berikut. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal.

Pintasan Panduan Format Cells Excel

  1. Format Cells: Mengubah satuan Angka tanpa mengubah nilainya (Misalnya, 1.500 menjadi Rp 1.500 tanda rumus dll)
  2. Decimal Place: Cara pembulatan angka dan mengubah jumlah angka di belakang koma tanpa mengubah nilainya.
  3. Date and Time Formats: (Anda Disini).
  4. Fractions: Cara memasukkan nilai Pecahan di Excel.
  5. Currency vs Accounting: Perbedaan format mata uang dan format akuntansi
  6. Text to Numbers: Cara mengubah Format Teks menjadi Format Angka dan Sebaliknya + Contoh Fungsi VALUE dan TEXT
  7. Custom Number Format: Membuat format angka khusus seperti Nol di depan (000231), menambahkan satuan (27,5 Kg), singkatan angka besar (1.000.000 menjadi 1 jt), dll
  8. Format Painter: Cara menyalin format di satu Cell / Range ke Cell / Range lainnya dengan mudah.
  9. Cell Syles: Cara mebubah desain cell dengan cepat
  10. Themes: Mengubah tema WorkBook
  11. Wrap Text: Menampilkan Teks (yang panjang) ke beberapa Row dalam 1 Cell. (Sering digunakan dalam teks yang panjang pada Column sempit)
  12. Merge Cells: Menggabungkan 2 atau lebih Cell menjadi 1 Cell
  13. Superscript, Subscript, and Strikethrough: Cara membuat Superskrip (seperti 102) dan Subskrip (seperti H20) dan Strikethrough / text dengan tanda coret (seperti ini).
  14. Check Mark: Cara menambahkan tanda centang (seperti ✔) di Excel
  15. Border: Cara membuat dan menghilangkan garis seperti membuat garis tabel dengan Border.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.