Anda disini: M Jurnal » Analisis Data Excel » Pivot Table Excel untuk Membuat Laporan dan Analisa Data

Pivot Table Excel untuk Membuat Laporan dan Analisa Data

Pivot Table pada Microsoft Excel membantu proses analisa data menjadi lebih efektif dan efisien. Tools ini mampu memberikan ringkasan data Anda dari berbagai sudut pandang untuk mendapatkan gambaran serta memahami data lebih dalam.

Tools ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki jumlah data yang sangat banyak. Namun, bukan berarti jumlah data yang sedikit tidak bisa menggunakan PivotTable. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memudahkan pekerjaan.

Ads

Contoh Kasus Cara Menggunakan Pivot Table Excel

Berikut Contoh Kasus pada panduan ini: Saya menggunakan 1 Buah Tabel (Tabel Pembelian Barang MJURNAL.COM).

Tabel ini berisi 216 baris dan 10 kolom (ID Order, Tanggal, Barang, Suplier, Bulan, Tahun, Kuartal, Jumlah, Harga, dan Total).

Cara menggunakan Pivot Tabel pada Microsoft Excel

Penting! Sebagai contoh, Saya menggunakan Fitur Format Tabel Bernama untuk mengidentifikasi atau memberikan nama (identitas) terhadap tabel. Fitur ini memudahkan kita untuk mengolah data lanjutan. Selengkapnya, silahkan ikuti Panduan “Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah dan Lengkap“.

Latihan Dasar PivotTable Excel Online

Note:
1. Silahkan klik Icon Full Screen Pada Sudut Kanan File Excel Online di bawah untuk menggunakan fitur Excel Online.
2. Klik Icon Download (gambar selembar kertas dengan tanda panah kebawah) Di baris sudut kanan File Excel Online di bawah untuk download file.
3. Jika Link Download atau Excel Online Error, silahkan beritahu Saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Cara Insert Pivot Table Pada Worksheet Excel

Pertama-tama, kita harus memberikan perintah “create pivot table” kepada Excel. Ada dua cara yaitu, melalui “Tab Insert” dan “Tab Design” (Jika menggunakan Format Tabel Bernama).

Insights:
1. Menemukan dan Menghapus Data Duplikat di Excel
2. Cara Menggunakan Rumus SUMIF Excel yang Benar dan Lengkap

Ads

Ikuti Langkah berikut untuk Insert PivotTable pada Worksheet Excel:

Cara menggunakan PivotTable dan PivotChart Microsoft Excel
  1. Pertama, Klik salah satu cell pada Data Anda (dalam contoh ini cell A4),
  2. Kedua, Fokus pada Tab Insert, lalu pilih Pivot Table pada Tables Group.
  3. Ketiga, Muncul Window Create PivotTables. Jika Anda menggunakan Format Tabel Bernama, maka secara otomatis bagian “Table/Range” akan terisi dengan nama tabel. Anda juga bisa memilih “Use an External Data Source”, jika sumber data berasal dari File Excel Terpisah.
  4. Selanjutnya, silahkan pilih penempatan Pivot Tabel (New Worksheet / Existing Worksheet). Jika New Worksheet, maka Excel akan membuat Sheet Baru untuk PivotTable. Jika Existing Worksheet, maka Anda harus menentukan cell tertentu untuk menampilkan Laporan Pivot Table. Terakhir Klik OK.

Note: Bagian yang saya beri tanda biru (Add this data to the data model) merupakan fitur lanjutan dari Pivot Tabel. Saya akan bahas lebih lanjut dalam serial Tools Power Pivot Excel.

Jika sudah, secara default akan muncul bidang pivottable kosong pada sheet baru seperti gambar berikut:

PivoT Tabel Excel Tools
  1. Pertama, Laporan Pivot Tabel. Bidang ini merupakan tampilan Pivot Table Anda. Anda bisa menggunakan “Pengaturan Field Data PivotTabel (No 2)” untuk mengisi data Laporan PivotTable..
  2. Kedua, Pengaturan Field Data PivotTable digunakan untuk menentukan field (kolom dari sumber data) yang ingin di tampilkan pada Laporan PivotTabel. Anda akan mengatur Tampilan Baris, Kolom, Nilai, Filter, Laporan dua dimensi (kolom + baris), hingga menentukan Ringkasan Perhitungan seperti SUM, AVERAGE, COUNT, MAX dan lain-lain.
  3. Ketiga, Tab PivotTable Tools muncul secara otomatis. Anda bisa mengatur Analyze, hingga membuat kustom desain Laporan Pivot Tabel pada Tab Design.

Cara Membuat Laporan Pada Pivot Tabel

Untuk menampilkan laporan pivottabel, silahkan fokus pada Pengaturan Field Data Pivot Table”. Lalu Anda bisa melihat hasilnya langsung pada “Laporan Pivot Table”.

Note: Jika Anda menggunakan Microsoft Excel 2010 ke bawah, maka Anda tidak akan menemukan Tab “Analyze”. Pada Versi tersebut, Tab Analyze masih diberi nama “Option”.

Sebagai contoh, Saya ingin melihat Penjualan Pertahun dan Total Penjualan Seluruh Tahun dari Masing-Masing Produk.

diskon-hosting

Setidaknya, Ada 3 Bidang utama (Column, Row, dan Values) dan 1 bidang tambahan (Filters) yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan laporan PivotTable.

Perhatikan gambar:

Drag field Pivot Table
  1. Pertama, Filters (Optional). Bidang ini bisa Anda isi dengan Field yang digunakan untuk menyaring data pada laporan PivotTabel (boleh di isi taupun tidak). Sebagai contoh, Saya mengisi Field “Suplier” pada Bidang Filters.
  2. Kedua, Columns akan menampilkan data Anda secara horizontal (mendatar). Anda bisa menggunakan Bidang Columns ini sebagai Header Laporan Tabel Pivot. Sebagai contoh, Saya mengisi field “Tahun”.
  3. Ketiga, Rows akan menampilkan data Anda secara vertikal (menurun) dan di tampilkan pada sisi kiri tabel pivot. Saya menggunakan Field “Barang”.
  4. Terakhir, Values merupakan bidang untuk menampilkan “Nilai” berdasarkan Columns dan Rows. Values bisa menampilkan Grand Total atau Count Total dari Data. Anda juga bisa mengubah metode perhitungan Value (Seperti SUM, COUNT, AVERAGE dll) untuk mengoptimalkan Pivot Tabel. Sebagai contoh, saya menggunakan Field “Jumlah”

Dari cara tersebut, Anda sudah mengetahui Total Penjualan pertahun serta total penjualan keseluruhan untuk masing-masing barang dari sumber data.

Next… dalami materi Pivot Table pada SUB-BAB berikutnya. Gunakan Pintasan Panduan berikut:

Pintasan Panduan Pivot Table Excel

SUB-BAB Sebelumnya: Chart / Grafik.

  1. Pivot Table: (Anda disini).
  2. Group Pivot Table: Mengelompokkan Data Pivot Table berdasarkan Tanggal, Produk, Kategori, dll.
  3. Pivot Table Multi-Level: Membuat Laporan Pivot Table Multi Rows, Multi Columns, Multi Values, Multi Filters dll
  4. Frequency Distribution: Membuat Distribusi Frekuensi (seperti histogram) menggunakan Pivot Tabel.
  5. Pivot Chart: Membuat Pivot Chart pada Laporan Pivot Tabel.
  6. Slicers: Cara Menggunakan Slicers untuk Memfilter Data Pivot Table dan Membuat Laporan yang Lebih menarik.
  7. Update Pivot Table: Cara Update atau Mengubah Sumber Data Pivot Table
  8. Calculated Field / Item: Mengubah metode kalkulasi values, menggunakan gabungan rumus / fungsi (seperti IF dll) untuk perhitungan laporan yang lebih kompleks.
  9. GETPIVOTDATA: Cara menggunakan Fungsi GETPIVOTDATA untuk mengambil data pivot table tanpa kesalahan.

Apakah Panduan ini Membantu Menyelesaikan Permasalahan Anda ?

Rolan Mardani

Traktir Saya secangkir kopi supaya kuat begadang untuk membuat konten-konten Panduan yang berkualitas dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Bantu Orang Lain... Share Panduan ini:

Yakin Ga Mau Komen ?