Anda disini: M Jurnal » Excel Dasar » Range, Cell, Column, dan Row pada Microsoft Excel

Range, Cell, Column, dan Row pada Microsoft Excel

Dalam Excel, Anda harus terbiasa menggunakan istilah-istilah khusus seperti Range, Row, Column, Cell dll. Anda akan sering dan terbiasa menggunakan istilah-istilah tersebut.

Pada Panduan ini, saya akan jelaskan secara mendetail mengenai Cell, Row, Column, dan Range. Apa yang bisa Anda gunakan pada bagian ini. Mari kita pelajari satu per satu.

Apa itu Column, Row, Cell, dan Range Pada Excel ?

Column, Row, Cell dan Range memiliki hubungan satu sama lain. Agar lebih mudah memahaminya, kita lihat contoh satu per satu.

#1 Apa Itu Column Excel ?

Column Excel

Column (Kolom) adalah Judul pada bagian atas Lembar Kerja Excel. Column tampil secara horizontal (Mendatar) dengan nama menggunakan huruf (A-Z, AA-ZZ, dst). Misalnya Saya memilih Column B. Maka semua data secara vertikal merupakan data Column B (Lihat Gambar)

#2 Apa Itu Row Excel ?

Row Excel

Row (Baris) adalah Judul pada bagian kiri lembar kerja Excel. Row tampil secara vertikal (menurun) dengan nama menggunakan Angka bulat (1, 2, 3, 4, …, 100, dst). Misalnya Saya memilih Row 2. Maka semua data secara horizontal merupakan data Row 2 (lihat gambar).

#3 Apa Itu Cell Excel ?

Cell Excel

Cell (Sel) adalah gabungan dari Column dan Row. Misalnya, Saya klik kotak ke dua pada Column 2 dan Row 2. Bagian ini disebut Cell B2.

Note: Untuk Menulis nama Cell, gunakan nama Column terlebih dahulu, kemudian gunakan nama Row. Misalnya Cell B2 artinya terdapat pada Kolom B dan Baris ke 2

#4 Apa Itu Range Excel ?

Range pada Excel

Range (Rentang) adalah gabungan dari beberapa Cell. Sebagai contoh, Saya pilih Cell B2 sampai D4. Bagian ini di sebut Range B2 : D4. Note: tanpa spasi.

Untuk menulis nama Range Berurutan, gunakan Nama Cell yang paling mendekati sudut kiri atas (Cell B2). Kemudian beri tanda titik dua (:). Terakhir, gunakan nama Cell yang paling mendekati sudut kanan bawah (D4).

Note: Tanda titik Dua (:) artinya “Sampai”. Jadi jika Range B2 : D4 artinya Cell B2, B3, B4, C2, C3, C4, D2, D3 dan D4.

#5 Apa Itu Range Tidak Berurutan Excel ?

Range pada Excel

Anda juga bisa memilih cell secara acak / tidak berurutan (berdasarkan urutan Column dan Row). Sebagai contoh, Saya pilih cell B2, kemudian tekan dan tahan tombol CTRL pada Keyboard, klik Cell C3, dan D4. Cell yang terpilih ini disebut juga:
Range B2,C3,D4 (Dalam Format English)
Range B2;C3;D4 (Dalam Format Indonesia).

Tanda koma dan titik koma dapat di artikan “DAN”. Jadi jika Range B2,C3,D4 artinya data pada Cell B2 dan C3 dan D4.

Penting! Jika Anda ingin mengubah Koma menjadi Titik (misal 2,000 menjadi 2.000) untuk format Indonesia, silahkan kunjungi Panduan Mengubah Titik Menjadi Koma – Excel M Jurnal

Copy, Cut, dan Paste Range

Copy Paste Range Excel

Pertama, Pilih Range data (B2:B10). Kedua, Fokus Pada “Tab Home” lalu pilih Cut (pindahkan) atau Copy (Salin) pada Clipboard Grup. Ketiga, Klik Cell D2, lalu klik Paste.

Anda juga bisa menggunakan alternatif lain untuk Copy, Cut atau Paste. Pastikan Anda sudah pilih Range data untuk di copy atau cut.

  1. Pertama, Menggunakan Keyboard: klik tombol CTRL + C untuk Copy, CTRL + X untuk Cut, dan CTRL + V untuk Paste. Tanda + artinya tekan tombol bersamaan.
  2. Kedua, Menggunakan Mouse / Touchpad: Klik kanan pada Range data Anda, lalu pilih Copy atau Cut. Selanjutnya Klik Kanan pada Cell D2, kemudianh pilih Paste. Hasilnya:
Copy Cut Paste Cell Range Excel

Tambahkan Row dan Column

Sebagai contoh untuk menambahkan Row, Saya memiliki data dari Cell B2 sampai Cell B6. Untuk menambahkan Column, saya memiliki data dari cell E2 sampai I2.

Perhatikan cara menambahkan baris di antara Row 3 dan 4 dan tambahkan kolom di antara Column F dan G berikut:

Insert atau tambahkan Column dan Row Excel
  1. Pertama, untuk menambahkan Row silahkan klik pada Row 4. Excel akan menambahkan Row baru sebelum Row 4. Untuk menambahkan Column silahkan klik pada Column G. Excel akan menambahkan Column baru sebelum Column G.
  2. Kedua, Klik “Tab Home“. Kemudian Klik Insert (Gambarnya, Bukan tulisannya) pada Cells Group. Hasilnya:
Insert atau tambahkan row dan column excel

Anda juga bisa menggunakan Klik Kanan lalu pilih insert untuk menambahkan Row atau Column baru. Caranya, Klik Kanan pada Row 4 atau Column G. Kemudian Pilih Insert.

Note: Anda tidak bisa menambahkan Column dan Row secara bersamaan. Lakukan secara bergantian.

Saya yakin, banyak sekali case yang berbeda dalam penggunaan Excel. Contoh di atas hanya sebagian kecil. Jika Anda belum menemukan solusi, silahkan share di kolom komentar atau tanyakan langsung melalui Forum Excel kami.

Pintasan Panduan Range Excel

  1. Range: (Anda disini)
  2. AutoFill: Cara isi range secara otomatis (Tanggal, Angka Berurutan, dll)
  3. Fibonacci Sequence: Cara AutoFill untuk Deret hitung, seperti Fibonacci Sequence dll)
  4. Custom Lists: Membuat Daftar Kustom khusus untuk AutoFill
  5. Comments: Membuat Komentar Pada Cell Tertentu
  6. Hide Columns & Rows: Cara Menyembunyikan Kolom dan Baris
  7. Skip Blanks: Cara Melewati Cell Kosong untuk Copy-Paste
  8. AutoFit: Otomatis Merubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris
  9. Transpose: Cara Merubah Kolom menjadi Baris dan Sebaliknya
  10. Union & Intersect: Belajar Operator Rumus / Fungsi Excel. Seperti koma (,) atau titik koma (;), dan spasi ( ).
  11. Flash Fill: Cara Mengekstrak atau Menggabungkan data Secara Otomatis.
  12. Move Columns: Berbagai Cara Memindahkan Kolom (Lengkap)

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)