Facebook Ads, Kenali Struktur Kampanye Iklan Terlebih Dahulu
Struktur Facebook Ads
  • Post author:
  • Post last modified:2021-01-22
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:6 mins read

Sebelumnya kita udah bahas mengenai 6 Alasan Penting Beriklan di Facebook. Setelah paham kenapa menggunakan Facebook Ads itu penting, maka kali ini kita akan masuk ke pembahasan yang lebih dalam.

Saya harap kawan-kawan tidak perlu tergesa-gesa menggunakan FB ads. Terlebih dahulu, tentukan tujuan kawan-kawan beriklan, lalu pahami lebih dalam mengenai FB Ads baik struktur ads maupun cara menggunakannya.

Mengenal Apa itu Facebook Ads

Saya yakin, sebagian besar dari kita udah kenal apa itu FB Ads. Bagi yang belum tahu, sedikit saya jelaskan apa itu facebook ads.

Facebook Ads adalah media iklan online yang mana pengguna facebook adalah target utamanya. FB Ads juga mendukung beragam format materi promosi seperti menggunakan video, gambar tunggal, maupun image slide.

Konten Terkait:
WA Bisnis, Aplikasi Pendukung Para Pebisnis Millennial
Ide Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil

Penempatan iklan di Facebook Ads juga beragam. Dan semua nya masih dalam naungan Group Facebook seperti Facebook, Instagram dan Messenger. Kawan-kawan bisa memilih untuk menayangkan iklan di mana saja.

Di FB Ads, kita juga bisa menentukan tujuan kampanye iklan kita. Apakah untuk mendapatkan impression, traffic, Lead, Konversi (transaksi) dan lain sebagainya.

Harus Paham 3 Struktur Iklan Facebook

Kenapa memahami struktur iklan Facebook itu penting ? Cuma 1 tujuan utamanya, supaya kawan-kawan (terutama yang baru mulai menggunakan FB Ads) paham seperti apa sih bentuk dari FB Ads itu dan menghindari kerugian akibat ketidaktahuan struktur FB Ads.

Membuat iklan di Facebook memang mudah. Malah ga beda jauh dengan partner nya “Google Ads”. Tapi yang sulit itu, memahami makna dari setiap struktur FB Ads, sehingga membentuk mindset kita untuk menciptakan peluang mendapatkan keuntungan.

Sebagian besar pengiklan pemula cenderung salah dalam memahami struktur iklan. Bukan hanya di FB Ads, tapi juga di Google Ads dan lainnya. Sehingga ujung-ujungnya malah “boncos” alias merasa rugi.

Kenapa saya katakan demikian ? Coba tanya ke diri kawan-kawan, apa tujuan utama beriklan di Facebook ? Untuk mendapatkan penjualan ? Jika iya, menurut saya, itu kurang tepat.

Tujuan utama dari ngiklan itu untuk mendatangkan Lead / Traffic / Visitor / Pengunjung / Calon Pembeli. Kemana mendatangkan mereka ? Bisa ke Website Toko Online kita / WhatsApp / Fans Page yang kemudian Tugas kita selanjutnya lah untuk mengubahnya menjadi penjualan.

Untuk itulah kita harus paham seperti apa struktur Facebook Ads. Mari kita bahas satu per satu.

Apa itu Kampanye Iklan FB Ads ?

Struktur FB Ads
Struktur FB Ads

Kampanye / Campaign itu adalah (otak) tahap awal kita menentukan tujuan beriklan. Pada bagian kampanye inilah kita dapat mengoptimasi iklan agar di tampilkan untuk pengguna Facebook dengan kebiasaan tertentu.

Misalnya, kita ingin mendatangkan pengguna facebook untuk mengunjungi website, atau untuk mencari orang yang suka mencoba aplikasi-aplikasi baru, atau untuk mencari orang yang suka menonton video. Nah pada bagian Kampanye inilah kita melakukan setting.

Saat ini ada 11 Kampaye di FB Ads seperti Kesadaran Merek, Jangkauan, Lalu Lintas Kunjungan / Traffic, Interaksi, Pemasangan Aplikasi, Penayangan Video, Pembuatan Prospek, Pesan, Konversi, Penjualan Katalog, dan Kunjungan Toko.

Dengan memilih kampanye, sama artinya kawan-kawan memberitahu tujuan iklan kepada Facebook. Sehingga Facebook dapat mengoptimalkan iklan kepada pengguna Facebook yang kemungkinan besar akan tertarik. Jadi silahkan sesuaikan dengan tujuan masing-masing yaa..

Apa itu Set Iklan FB Ads ?

Set iklan di ibaratkan sebuah organ tubuh yang saling terkait satu sama lain untuk mencapai target. Jadi bisa dikatakan set iklan inilah planning – planing kita untuk mencapai target.

Supaya bisa mencapai target yang telah di tentukan, set iklan harus di atur agar iklan kita efektif. Di dalam set iklan ini, kita akan mengatur beberapa hal seperti:

  1. Berapa budget iklan Kita ?
  2. Lokasi mana yang menjadi target iklan ?
  3. Pengguna usia berapa yang menjadi target ?
  4. Jenis kelamin apa yang menjadi target ?
  5. Pengguna yang memiliki minat, demografi dan kebiasaan apa yang menjadi target iklan ?
  6. Dimana saja kita mau menampilkan iklan ?
  7. Metode optimasi anggaran iklan apa yang kita inginkan ?

7 point utama di ataslah yang akan kita atur seoptimal mungkin untuk set iklan ini, agar iklan performa iklan kita sesuai keinginan. Jika settingan kita salah pada salah satu point saja, otomatis performa iklan tidak akan berjalan baik.

Contohnya, Kita memiliki produk Jaket Kulit. Kita sudah setting lokasi target penjualan adalah se-Indonesia. Jenis Kelamin Laki-Laki dengan usia yang kita target 20-35 thn. Namun, kita tidak setting minat pengguna yang lebih terperinci.

Di Facebook, untuk Jaket Kulit bisa kita setting iklan di tampilkan untuk pengguna yang memiliki minat terhadap “Touring”. Sedangkan kita lupa mengatur bagian ini. Sehingga sudah dipastikan iklan tidak akan berjalan optimal. Karena iklan akan ditampilkan ke semua pengguna sesuai kriteria lokasi, jenis kelamin dan usia sebelumnya.

Berbeda hasilnya jika kita target pemirsa terperinci (yang menyukai toruing). Tentu tambahan filter untuk menampilkan iklan ke pengguna dengan minat touring di sertakan dalam iklan kita.

*Note: Kita bisa buat lebih dari 1 set iklan dalam 1 kampanye. Tujuannya untuk melakukan split testing / uji A/B untuk menentukan strategi mana yang lebih menguntungkan.

Apa itu Iklan FB Ads ?

Contoh Iklan Facebook
Contoh Konten Iklan Facebook

Kita sudah menentukan tujuan (kampanye) dan planning (set iklan). Nah, sekarang kita masuk ke tahap terakhir yaitu “Iklan”. Dalam dimaksud dengan iklan dalam struktur FB Ads adalah “Konten Iklan” Kita.

Dengan kata lain, “Konten Iklan” bisa di sebut dengan penampilan luar tubuh seperti Baju, Celana, Gaya Rambut dan aksesoris lainnya.

Konten Terkait:
Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu
Cara Membuat Website Toko Online Sendiri Gratis

Nah, di bagian “Konten Iklan” ini, penampilan / gaya / desain akan menentukan hasil akhir kita beriklan. Semakin menarik konten yang kita buat, maka semakin besar peluang mencapai tujuan.

Lalu apa saja yang akan di atur dalam bagian “Konten Iklan” ini ?, Kurang lebih ada 5 bagian yang perlu di atur, yaitu Headline, Description, Caption, Foto / Video, dan URL Link.

Sama seperti set iklan, kita juga bisa melakukan split / uji A/B pada “Konten Iklan”. Misalnya untuk menguji Headline / description / foto / jenis-jenis produk mana yang lebih menarik perhatian pengguna. Jadi dalam hal ini, kita bisa buat 1 iklan untuk 1 produk.

Kesimpulan Struktur Facebook Ads

Sedikit saya rangkum penjelasan di atas. Secara garis besar urutan struktur Facebook Ads seperti ini:
Kampanye > Set Iklan > Iklan
artinya:
Otak > Organ Tubuh > Penampilan Luar

Dalam 1 Kampanye, kita bisa buat lebih dari 1 Set iklan. Dan dalam 1 set iklan, kita bisa buat lebih dari 1 Iklan. Membuat lebih dari 1 set iklan / iklan, tentu akan memakan lebih banya biaya. Namun dengan strategi ini lah para expert advertiser mendapatkan settingan iklan yang optimal.

Terus gimana cara membuat Iklan di Facebook ? Mari simak konten Saya selanjutnya tentang Cara Membuat FB Ads Terlengkap, Benar dan Tepat Sasaran.

Pusat Panduan Facebook

List Artikel Terbaru

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)