WA Bisnis, Aplikasi Pendukung Para Pebisnis Millennial
Cara Membuat WA Bisnis untuk meningkatkan penjualan
  • Post author:
  • Post last modified:2021-02-25
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:7 mins read

Udah pada kenal WA Bisnis belum nih ? Mungkin kawan-kawan udah pernah dengar dari Web tetangga. Tapi di artikel ini, saya akan beberkan cara membuat, menggunakan serta manfaat yang bisa kawan-kawan dapatkan dari WhatsApp Bisnis.

Perlu kawan-kawan ketahui, WA Bisnis cukup berbeda dari WhatsApp biasa. Karena, WhatsApp Bisnis lebih di peruntukkan untuk para pebisnis. Dan aplikasi ini sangat membantu sekali untuk menghandle kegiatan bisnis.

Apa itu WhatsApp Bisnis ?

Katalog Online
Katalog WhatsApp Bisnis

Pada dasarnya WhatsApp adalah aplikasi Chat yang lebih private dengan fitur yang cukup standar. Berbeda dengan WhatsApp Bisnis. WhatsApp Bisnis ini lebih diperuntukkan untuk pebisnis dengan beberapa fitur tambahan seperti fitur Katalog, Lokasi, Label dan masih banyak lagi.

WA Bisnis ini menjadi solusi terbaik buat kawan-kawan yang sedang menjalankan bisnis online baik itu jualan di marketplace, social media (Facebook, Instagram dll) untuk menghandle chat konsumen.

Manfaat WhatsApp Bisnis Untuk Para Pebisnis

Hingga saat ini, WA Bisnis merupakan salah satu aplikasi chat personal yang paling banyak di gunakan. Terlebih lagi di Indonesia. Ini merupakan kesempatan emas bagi kawan-kawan untuk dapat menjangkau konsumen dengan mudah.

1 hal yang terpenting, jika kawan-kawan menggunakan WhatsApp Bisnis, maka konsumen (pelanggan) kawan-kawan tidak perlu menginstal aplikasi WhatsApp Bisnis. Mereka cukup menggunakan aplikasi WhatsApp Biasa / menggunakan WA Web.

Komunikasi Jadi Lebih Mudah Dengan Fitur Balas Otomatis

Fitur Balas Otomatis ini menjadi populer dan sangat membantu para pebisnis. Bayangkan jika kawan-kawan menghandle 10 konsumen dalam 1 waktu bahkan mungkin 100 konsumen dalam 1 waktu.

Saya rasa jempol kawan-kawan udah pada keriting. Di tambah lagi kalau masing-masing konsumen bertanya hal sama dan sudah di jelaskan pada materi promosi kawan-kawan.

Saya sendiri pun suka jengkel sendiri lihat perilaku konsumen seperti ini. Tapi, mau bagaimanapun, Konsumen adalah Raja. Jadi kita butuh Win-Win Solution untuk menyelesaikan masalah ini.

Konten Terkait:
Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil
Cara Membuat Stiker di WhatsApp menggunakan Foto Selfie

Naah.. fitur balas otomatis ini dapat membantu kawan-kawan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Setidaknya ada 3 fitur balas otomatis yang di sediakan.

Fitur Balas Otomatis

1. Away Message. Ini merupakan fitur balas pesan otomatis. Kawan-kawan bisa menentukan pesan yang akan di kirim ketika ada pesan masuk dari pelanggan.

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi kepada pelanggan bahwa mereka menghubungi diluar jam kerja atau ketika bisnis kawan-kawan sedang libur sementara.

2. Greeting Message. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan selamat datang otomatis ke calon konsumen baru. Greeting Message hanya akan dikirimkan kepada calon konsumen yang baru pertama kali menghubungi nomor bisnis kawan-kawan.

3. Quick Replies. Merupakan fitur pintasan balasan. Fitur ini paling populer bagi kalangan pebisnis. Kawan-kawan bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat pintasan pesan yang sering di tanyakan oleh konsumen. Misalnya list harga layanan, alamat toko, atau format order.

Cara menggunakannya juga mudah. Ketika ada pesan masuk dari konsumen, kawan-kawan hanya perlu ketik simbol “/”, maka quick replies yang udah di buat sebelumnya akan muncul. Lumayan nih, ga repot-repot ketik manual lagi.

Lebih Terpercaya Dengan Profil Bisnis

Kita udah sama-sama tahu, tak jarang terjadi tindak penipuan dalam bisnis online yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sekarang ini, para konsumen lebih berhati-hati dalam transaksi online.

Itu bukan salah konsumen, lebih baik mereka berhati-hati dalam bertransaksi. Naah, kita sebagai produsen (pebisnis), harus pandai menyesuaikan keadaan.

Di WA Bisnis, adanya fitur Profil Bisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Konsumen bisa dengan mudah mengetahui tentang bisnis kawan-kawan.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis
Profil Bisnis WhatsApp

Beberapa fitur yang tersedia di Profil Bisnis seperti, Nama Bisnis, Logo Bisnis, Detail dan Alamat Bisnis (Menggunakan Maps), Jam Buka, Kategori Bisnis, Alamat Email, Situs Website, Katalog, dan Info.

Fitur ini bisa kita maksimalkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, kawan-kawan juga bisa men-sinkron-kan fans page facebook ke WA Bisnis.

Mudah Mempromosikan Produk dengan Fitur Katalog

Fitur katalog ini menjadi fitur andalan di WA Bisnis. Kawan-kawan bisa memiliki list katalog produk yang di simpan pada akun bisnis.

Katalog ini juga bisa kita berikan link untuk checkout seperti link pada toko shopee milik kawan-kawan, atau link checkout menuju Website Toko Online jika kawan-kawan memiliki Website sendiri.

Konten Terkait:
Cara Membuat Website Toko Online Sendiri Gratis

Fitur Katalog ini sangat membantu dalam proses memasarkan produk. Deskripsi mengenai produk, harga, dan link checkout udah tersedia dalam katalog produk tersebut. Jadi ketika konsumen klik katalog produk kita, mereka bisa mengetahui informasi detil produk.

Mudah Mengelompokkan Konsumen dengan Fitur Label

Fitur Label ini tidak tersedia di WhatsApp Messenger. Fitur Label bisa kita manfaatkan untuk mengelompokkan chat berdasarkan kriteria tertentu dengan Label berwarna.

Misalnya, Kita ingin mengelompokkan konsumen baru dengan Label Orange, Konsumen yang baru pertama kali order dengan warna Kuning, dan konsumen yang sudah selesai order dengan warna abu-abu.

Pada kolom chat, setiap nomor yang telah diberikan label akan memudahkan kawan-kawan dalam mengidentifikasi status konsumen apakah mereka adalah konsumen baru, atau pelanggan yang udah sering belanja di Website Toko Online Kawan-kawan.

Disamping itu, fitur ini juga memudahkan kita untuk membedakan chat mana yang sudah melakukan pembayaran ataupun yang belum melakukan pembayaran. Jika belum melakukan pembayaran, Follow up lagi doong :D.

Semakin Terpercaya dengan Fitur Centang Akun Bisnis

Fitur Centang Akun Bisnis ini merupakan salah satu cara meningkatkan kepercayaan konsumen. Adanya Centang Hijau pada profil bisnis kita, merupakan tanda bisnis kita sudah terverifikasi.

Secara prosedur, WhatsApp akan melakukan Verifikasi untuk akun bisnis melalui Nomor Telepon yang udah di daftarkan sebelumnya.

Konten Terkait:
Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu
Moving Average (MA) untuk Menentukan Arah Trend Saham

Namun, Fitur ini tidak mudah di dapatkan. Sehingga tidak semua bisnis bisa mendapatkan fitur ini. Kawan-kawan harus mengajukan verifikasi ke team WhatsApp. Dan mereka akan melakukan peninjauan terhadap bisnis kawan-kawan.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis Profesional

Nah, kawan-kawan udah pada tau apa saja manfaat fitur-fitur WA Bisnis. Sekarang, kita masuk ke cara membuat WhatsApp Bisnis Profesional dengan mudah. Cuma butuh waktu 5 menit.

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

WhatsApp Bisnis Bisa Kita manfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran dan meningkatkan penjualan. Berikut Cara Membuat WA Bisnis dan WA Katalog:

  1. Instal WA Bisnis (iOS atau Android)

    Ketik WA Bisnis pada App Store atau Play Store. Dan Pastikan Developernya adalah WhatsApp Inc. (Wajib)Cara Membuat WhatsApp Bisnis

  2. Masukkan Nomor Bisnis

    Jangan Gunakan Nomor Pribadi ! Jika nomor pribadi kawan-kawan sudah terdaftar pada WhatsApp Messenger, maka jangan gunakan nomor tersebut. Kenapa ? Karna kawan-kawan tidak akan bisa kembali lagi ke Akun WA Messenger biasa. Jika masih memaksa dan WA Bisnis kawan-kawan di blokir, kawan-kawan tidak akan bisa lagi menggunakan nomor tersebut untuk akun WhatsApp apapun (Messenger maupun Bisnis)Cara Membuat WhatsApp Bisnis

  3. Isi Nama Bisnis dan Detail Bisnis

    Catatan: Nama Bisnis Hanya Bisa Menggunakan Huruf dengan Huruf Capital di setiap Awal Kata. Misalnya: Orang Rumah Indonesia. Kawan-kawan tidak bisa menggunakan huruf kapital semua, seperti: ORI Store. Selanjutnya, isi detail bisnis, alamat, kategori, jam buka, alamat email, alamat website (bisa juga link instagram, dan bisa isi banyak link).

  4. Akun WhatsApp Bisnis Siap Digunakan

    Setelah selesai, kawan-kawan perlu menyiapkan katalog untuk mempermudah proses promosi.Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Cara Membuat Katalog WhatsApp

Setelah Akun WA Bisnis selesai, selanjutnya kita buat Katalog WhatsApp. Buka Aplikasi WhatsApp Bisnis –> Ketuk Menu Titik 3 di sudut kanan atas layar –> ketuk setelan –> Ketuk Katalog –> Ketuk tanda Tambah di sudut kanan bawah layar. Perhatikan Gambar Berikut:

Cara Buat Katalog WA Bisnis
Cara Buat Katalog WA Bisnis
  1. Foto Produk atau Layanan bisa kamu isi maksimal 10 Foto dalam 1 produk.
  2. Nama Produk atau Layanan. Isi dengan nama yang menarik. Misalnya, Jaket Kulit Bankers Hitam Unlimited Edition
  3. Harga. Isi dengan harga jual kamu. Bisa harga jual tidak termasuk ongkir ataupun harga jual termasuk ongkir.
  4. Deskripsi isi dengan keterangan produk. Misalnya ukuran yang tersedia, pilihan warna yang ada, kualitas produk dan lain-lain.
  5. Tautan bisa kamu isi dengan Alamat Website Toko Online Sendiri jika ada. Atau alamat toko kamu di marketplace seperti shopee / tokopedia.
  6. Kode Produk atau Layanan isi dengan kode produk (jika tersedia). Umumnya jika kamu menjual banyak produk, kode produk sangat penting digunakan.

Catatan: Penting untuk diketahui, jika kawan-kawan menambahkan link (tautan) pada katalog WA Bisnis, maka produk kawan-kawan belum bisa digunakan sebelum di review oleh pihak Facebook.

Menurut Saya hal ini dilakukan Facebook untuk meminimalisir Spam dan dan Penipuan. Tapi tidak perlu khawatir. Proses Review Tidak Lama, biasanya kurang dari 5 menit.

Dan sebagian besar link dari Website Toko Online Sendiri / Market Place (Shopee/TokoPedia) Lebih Mudah di Setujui.

Saya Rasa Kawan-kawan udah paham mengenai seluk beluk WA Bisnis ini. Namun jika ada pertanyaan ataupun kritik dan saran, monggo di coret-coret pada kolom komentar yaa..

Salam Sukses
M Jurnal

Pusat Panduan WhatsApp

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan