6 Alasan Penting Beriklan di Facebook
6 alasan penting beriklan di facebook
  • Post author:
  • Post last modified:2021-01-22
  • Post comments:0 Comments
  • Reading time:4 mins read

Dulu kita hanya kenal Facebook sebagai media untuk bersosialisasi. Lalu apa jadinya jika kita bisa beriklan di Facebook ? Apasih alasan penting kenapa harus beriklan di Facebook ? Baiklah, saya jelaskan sedikit demi sedikit.

Dalam teknik pemasaran, untuk mengembangkan bisnis dan bisa menjangkau konsumen yang luas, promosi adalah ujung tombak. Kalau promosi kita udah jalan dan tepat sasaran, kemungkinan besar pendapatan bisnis pun akan bertambah.

Jika tidak dilakukan dengan benar, pemasaran tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit. Bahkan bisa-bisa tidak berhasil sama sekali.

Sebelum benar-benar beriklan di facebook, kawan-kawan mesti tahu alasan beriklan di facebook. Dari alasan-alasan di bawah ini, kawan-kawan bisa menentukan apa tujuan utama menggunakan FB Ads.

Memiliki Pengguna Aktif Terbanyak

beriklan di facebook
Indonesia peringkat 3 se dunia

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh statista.com, pengguna aktif Facebook di Indonesia menempati nomor ke – 3 di seluruh dunia setelah India dan Amerika Serikat.

Dan total pengguna FB di Indonesia lebih dari 130 juta pengguna. Berapa perbandingannya dengan total jumlah penduduk Indonesia ? Kurang lebih 1/2 dari jumlah penduduk Indonesia. Luar biasa juga 😀

Konten Terkait:
WA Bisnis, Aplikasi Pendukung Para Pebisnis Millennial
Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil, Bahkan Tanpa Modal

Tentunya beriklan online akan lebih menguntungkan jika penggunanya menghabiskan waktu lebih lama dalam menggunakan platform tersebut. Dan berapa coba waktu rata-rata pengguna aktif menggunakan facebook ? Kurang lebih 3,5 jam perhari

Angka ini menjadikan facebook sebagai media sosial teraktif no. 2 di Indonesia setelah Youtube milik google.

Banyak Demografi untuk Target Spesifik

demografi iklan facebook luas
Demografi Facebook Untuk Iklan Terperinci

Maksud demografi itu adalah kelompok pengguna. Di Facebook, pengguna bisa di kelompokkan berdasarkan usia, lokasi, bahkan minat, hobi dan perilaku pengguna. Sehingga kita bisa membuat iklan untuk target tertentu.

Misalnya, kawan-kawan menjual produk fashion distro pria. Kita tahu fashion distro ini jenis produk untuk anak-anak muda.

Konten Terkait:
Facebook Ads, Kenali Struktur Kampanye Iklan Terlebih Dahulu
Buat Website Toko Online Wajib Punya Domain dan Hosting Sendiri ?

Jadi kawan-kawan bisa setting iklan hanya tampil untuk pengguna facebook (FB, Instagram dan Messenger) dengan retang usia 15 – 30 thn. Bahkan kawan-kawan juga bisa menarget lokasi tertentu ataupun minat dan hobi yang sesuai dengan produk kita.

Bisa Retargeting Ads

retargeting ads facebook
retargeting ads facebook

Fitur retargeting ini udah lama di gunakan oleh google ads. Dan facebook setelah memiliki fitur ads, juga menggunakan fitur yang sama. Saya udah pernah coba strategi retargeting ads ini. Betul ampuh untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

Kenapa saya bisa katakan demikian ? Karena secara psikologi, semakin sering seseorang melihat iklan, maka mereka akan semakin ingat. Dengan catatan, materi iklan harus menarik minat mereka.

Contoh Retargeting Ads selain gambar di atas seperti ini: Pertama-tama kita menjalankan iklan dengan target traffic > Calon Konsumen pertama kali Melihat iklan kita di Facebook > Beberapa hari kemudian, kita target kembali untuk menampilkan iklan ke calon konsumen dengan retargeting ads.

Retargeting ads ini sangat penting karena konsumen tidak akan langsung membeli suatu produk atau layanan hanya dengan melihat iklan 1 kali. Retargeting ads juga bisa meningkatkan repeat order (pembelian berulang) dari konsumen yang udah pernah beli.

Biaya Terjangkau untuk Pemula

Hampir sama dengan google ads, FB Ads juga memberikan biaya iklan termurah untuk pemula (UMKM Kecil). Sangat cocok sekali untuk kawan-kawan yang baru merintis bisnis.

Konten Terkait:
Cara Membuat Website Toko Online Sendiri Gratis
Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya, Jangan Sampai Tertipu

Bahkan mulai dari Rp 10.000,- pun, kawan-kawan udah bisa menayangkan iklan di Facebook. Selain itu, jika kawan-kawan pandai memilih target audiens, biaya iklan akan semakin murah namun jangkauan iklan maksimal dengan fitur pengoptimalan anggaran iklan yang ada di FB Ads

Cocok untuk Berbagai Tujuan Marketing

Menyambung point Banyaknya Pilihan Demografi untuk Target Spesifik, FB Ads sangat cocok untuk banyak tujuan pemasaran. Tidak nya untuk menjual produk ataupun layanan, bahkan FB Ads juga bisa digunakan untuk mengiklankan Blog maupun channel youtube.

Kenapa bisa begitu ? Karena di FB Ads tersedia banyak tujuan marketing seperti:

  1. Convertions. untuk mendapatkan pembelian produk / jasa (Biasanya digunakan oleh Website Toko Online atau para Profesional Jasa)
  2. Traffic. Untuk mendapatkan trafik (biasa digunakan oleh WeBlog / Youtuber)
  3. Download Application. Untuk mendownload aplikasi (cocok untuk pengembang aplikasi)

Dan masih banyak lagi yang lainya. Kawan-kawan bisa memilih salah satu di tujuan marketing yang disediakan lalu mengkombinasikan tujuan lainnya untuk retargeting ads.

Sulit Mendapatkan Jangkauan Organik

Pemasaran organik memang pilihan yang paling diminati dan sangat irit menurut saya. Tapi, biaya untuk mempelajari dan menguasai pemasaran organik ini tidak sedikit 😀

Disamping itu, pemasaran organik membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan bukan sekedar 1 bulan – 2 bulan. Sepengalaman saya mencapai berbulan-bulan.

Jika kawan-kawan betul-betul menguasai teknik pemasaran organik, itu sangat baik. Namun ada kalanya kita perlu mengkombinasikan jangkauan organik dan non-organik, untuk menambah pelanggan ataupun untuk meningkatkan repeat order.

Setelah tahu apa alasan beriklan di Facebook, selanjutnya mari kita belajar Cara membuat Iklan di Facebook yang Benar dan Tepat Sasaran.

Pusat Panduan Facebook

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan