Anda disini: M Jurnal » Insight » 10+ Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil

10+ Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil

Udah cukup lama saya ga update konten terbaru. Nah, kali ini, Saya akan bahas mengenai Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil yang bisa di coba oleh Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga maupun Karyawan.

Teknologi udah sangat jauh berkembang, jadi ada banyak sekali Ide Bisnis yang bisa kita coba. Tapi mesti hati-hati ya.. Karna tidak semua bisnis cocok untuk Kamu jalankan.

Baiklah, intronya ga perlu panjang-panjang. Langsung aja simak kontennya ya.

#1 Buka Toko Online

Ide Bisnis Pertama yang bisa Kamu coba adalah membuat Toko Online (Online Shop). Toko Online menjadi alternatif terbaik menurut Saya. Kenapa demikian ? Karna Bisnis Toko Online sangat fleksible dan tidak terikat dengan waktu + hanya butuh modal kecil.

Dengan Toko Online, Kamu bisa berbagaimacam produk. Karna hingga saat ini sudah banyak Kategori produk yang bisa di jual secara online seperti Pakaian, Makanan, Aksesoris, Elektronik, Peralatan Dapur dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips: Fokus Saja ke 1 Kategori Produk terlebih dahulu. Dan upayakan Kamu (sedang / sudah) menguasai Kategori Produk tersebut.

Kenapa demikian ? Karna jika Kamu Ahli dalam suatu bidang, akan mudah untuk menjadi sukses.

Jualan online saat ini juga tidak perlu modal besar. Bahkan ada juga yang tidak perlu modal sama sekali (Kecuali kuota internet yaa.. :D). Kalo cara ini, Kamu bisa pakai sistem Reseller atau Dropship dengan keuntungan yang cukup lumayan.

Dimana Bisa Jualan Online ?

Kamu bisa jualan di social media dan Messenger App. Misalnya seperti Groupnya Facebook, yaitu Instagram & Fan Page Facebook atau menggunakan WhatsApp Business atau Line.

Kamu juga bisa menggunakan Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Atau Kamu bisa membangun Web Store Online seperti yang sedang viral sekarang nih. Kamu Bisa buat Web Store sendiri, sehingga konsumen bisa langsung belanja produk di Web Store Kamu.

Dengan Web Store kamu bisa Manage Produk, Penjualan, dan Mentargetkan Konsumen lebih luas. Selain itu, Toko Online Kamu juga bisa jadi lebih profesional (Domain jangan yang Gratisan :D)

Buat Website itu mahal ga sih ? Tenang, saat ini sudah banyak penyedia fitur dengan harga terjangkau. Dan juga membuat Web Store tidak pula terlalu rumit. Kamu tetap bisa mengelolanya sendiri.

Sukses atau tidaknya toko online kamu akan bergantung dari seberapa besar upaya kamu dalam memasarkannya.

Penting! Sulit ga buat Website Toko Online (E Commerce) ? Saya Rasa tidak. Karna Saya juga menyusun panduan lengkapnya. Silahkan kunjungi Pusat Panduan Web E-Commerce

Pulsa Elektrik

Bisnis satu ini memang tidak ada matinya. Saat ini, Pulsa udah jadi kebutuhan pokok manusia. Ide Bisnis ini menjadi salah satu alternatif buat penghasilan tambahan.

Meskipun bermodal kecil, bisnis Pulsa Elektrik sangat berpotensi kok. Jika di hitung-hitung, keuntungan dari bisnis Pulsa Elektrik ini bisa mencapai Rp 1.500 per transaksi penjualannya.

Tips: Agar tidak rugi, kamu harus tegas dalam persoalan pembayaran. Meskipun konsumen kamu adalah Teman atau Kerabat Dekat.

Berjualan Makanan Ringan

Tidak sedikit orang yang suka dengan cemilan. Pangsa pasarnya cukup luas kok. Cemilian sendiri sudah menjadi teman santai maupun kerja buat orang banyak.

Selain itu, cemilan atau makanan ringan sering menjadi pengganjal perut. Jika kamu seorang mahasiswa, kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan target utama adalah teman-teman kuliah.

Tips: Mulailah dengan menjual makanan ringan yang tidak cepat basi seperti snack, keripik, hingga air mineral.

Menjual Kemampuan Sendiri di Internet

Jika kamu memiliki kemampuan khusus yang bisa dikerjakan secara mobile seperti kemampuan mendesain, programming, menulis, marketing, terjemahan bahasa dan lain sebagainaya. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Di Zaman yang serba canggih ini, kamu bisa mempromosikan kemampuan kamu melalui media social seperti Instagram, atau Linkedin.

Selain itu, juga ada situs freelance yang dapat membantu kamu mendapatkan job online. Contoh situsnya seperti project.co.id atau sribulancer.com.

Penting! Anda bisa memanfaatkan WA Bisnis dalam menjalankan Bisnis secara online. Apa itu WA Bisnis dan bagaimana cara menggunakannya ? Silahkan kunjungi konten WA Bisnis, Aplikasi Pendukung Para Pebisnis Millennial

Disana udah banyak kok Freelancer dan pekerjaan-pekerjaan online yang cukup menggiurkan.

Dulu, sebelum fokus ke WeBlog MJURNAL.COM, Saya juga sempat jadi Freelancer di Project.co.id

Tips: Jika kamu mempromosikan keahlian melalui media social, rajin-rajinlah memposting konten yang berkaitan dengan keahlian kamu. Dan kurangi untuk membuat status yang kurang penting. Agar akun kamu terlihat lebih profesional. Lalu perluaslah Koneksi serta relasi kamu.

Jasa Les Privat

Kali ini masih seputar jasa. Jika kamu memiliki kemampuan akademik yang lebi, ada baiknya kamu coba membuka jasa les privat.

Kamu bisa membuka jasa les privat di rumah untuk anak sekolah ataupun mahasiswa. Jika kondisi rumah kamu tidak mendukung, maka kamu bisa gunakan sistem door to door. Yaa.. sistem les privat langsung di rumah calon murid.

Pada umumnya, tarif untuk les privat bervariasi antara Rp 20.000 sampai dengan Rp 150.000 untuk satu kali pertemuan. Tentu saja tarif ini dapat di sesuaikan tergantung kualitas pelayanan kamu juga.

Pendapatan yang lumayan bukan ? Kalo kamu punya cukup banyak waktu luang, kamu bisa menerima lebih banyak murid lagi.

Tips: Perdalamlah pemahaman kamu, dan coba praktik-an kepada Teman-teman atau kerabat dan mintalah saran atau masukan sebelum membuka Les Privat.

Menjual Makanan Berat

Menjual makanan berat bisa menjadi tahap selanjutnya jika kamu sudah berhasil menjual makanan ringan (cemilan). Manfaatkan hobi memasak kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Saat ini udah banyak kok platform penjualan online yang mendukung masakan rumahan seperti Go-Food dan Grab-Food. Tentu usaha kamu akan lebih mudah menjangkau konsumen.

Ide Bisnis ini sangat berpotensi. Karna setiap orang pasti butuh makan. Di tambah lagi kemudahan akses yang berikan transportasi online sangat mendukung kemajuan usaha makanan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari proyek lain seperti, menerima pesanan untuk acara buka bersama, arisan keluarga, acara kantor atau menitipkan ke sekolah atau warung-warung dan lain sebagainya.

Tips: Selalu Evaluasi Kualitas masakan kamu. Utamakan menggunakan bahan-bahan serta teknik memasak yang terjamin.

Jasa Event Organizer

Naah, bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengelola sebuah acara, kamu bisa nih coba menawarkan Jasa Event Organizer.

Pertama-tama kamu bisa coba menawarkan jasa event organizer skala kecil terlebih dahulu. Contohnya Pesta Ulang Tahun, Seminar, Syukuran dan lain-lain.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa melatih kemampuan kamu dalam me-manage sebuah acara.

Agar bisa optimal, Saya saranin kamu untuk merekrut anggota team untuk jadi partner kerja dalam menangani sebuah acara.

Tips: Jika kamu ingin merekrut rekan kerja, pastikan kamu dan team memiliki satu visi yang sama, yaitu menyukseskan jalannya acara.

Jasa Rias

Kamu memiliki keahlian mempercantik diri sendiri ? Jangan biarkan kemampuan kamu menjadi hampa. Jadikanlah kemampuan tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan.

Menjadi seorang Perisa sangat berpotensi looh. Kamu tidak perlu memiliki keterikatan waktu seperti di kantor. Jika kemampuan kamu sudah semakin baik, kamu bisa membuka jasa kursus Merias. Potensi penghasilan tentu semakin besar.

Tips: Gunakan media social sebagai sarana promosi jasa kamu. Karna kemampuan kamu dalam merias dapat kamu tunjukkan melalui visual (Foto & Video).

Profesi Blogger

Naah, profesi ini lah yang sedang Saya jalani. Profesi ini cukup bisa di andalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun penghasilan utama.

Jika kamu memiliki hobi dalam menulis dan menguasai suatu topik, kamu bisa memilih menjadi seorang blogger. Banyak para Blogger yang menghasilkan banyak uang dari konsistensi mereka dalam memposting konten.

Berhubung konten ini membahas ide bisnis untuk penghasilan tambahan, jadi Saya akan bahas penghasilan tambahan dari Profesi Blogger saja.

Dari Profesi Blogger kamu bisa mendapatkan penghasilan dari monetisasi situs (seperti menggunakan Google Adsense), kerja sama affiliasi, atau menyediakan jasa penulisan artikel.

Tips: Upayakan memilih 1 topik (niche) blog yang kamu kuasai. Posting Konten secara rutin. Dan terus upgrade kualitas tulisan kamu.

Salah satu sumber penghasilan terfavorit dari para blogger adalah monetisasi situs menggunakan Google Adsense. Yaaa.. bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi financial freedom dengan menjadi seorang Blogger.

Penting! Jika Anda ingin belajar cara membuat Blog dan menghasilkan uang, silahkan kunjungi Pusat Panduan Membuat Blog

Jasa Travel Agent

#RehatSejenak, inilah istilah yang sering digunakan ketika seseorang butuh liburan. Naah, kamu bisa memanfaatkan hobi traveling orang lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Contohnya, kamu bisa menjual tiket pesawat secara online hingga menjual paket tour. Kamu juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi pada bisnis ini, seperti menggunakan website sendiri.

Tips: Menjadi agen travel pemula tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi, kamu membutuhkan relasi dan koneksi yang luas untuk mencari maskapai / pengelola tempat wisata untuk bekerjasama.

Menjual E-Book

Di Era digital ini, E-Book menjadi semakin populer. Karna mudah di bawa kemana saja dan dapat di akses dimanapun.

Banyak pula para blogger yang telah menjual E-Book untuk mendapatkan penghasilan tambahan. E-Book dapat di jual sekitar Rp 10.000 sampai Jutaan Rupiah sekalipun.

Tips: Pilih topik yang betul-betul kamu kuasai, karna E-Book yang berpotensi laris itu adalah E-Book yang memiliki informasi berharga di dalamnya.

Mengikuti Program Affiliasi

Program Affiliasi bisa dikatakan bentuk kerjasama antara dua pihak yang masing-masing berdiri sendiri. Affiliasi juga bisa dikatakan anggota atau cabang.

Dalam Bisnis online, Affiliasi memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan / lembaga dan akan di bayar setelah produk tersebut terjual.

Contohnya, Saya ingin menjual rumah, kemudian kamu membantu untuk mencari pembeli. Naah, ketika pembelian berhasi berkat bantuan kamu, Saya akan memberikan komisi atas bantuan tersebut.

Bisnis Affiliasi ini juga sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Selain itu, Bisnis Affiliasi juga cenderung minim resiko kerugian. Kenapa ? karna kamu tidak perlu memproduksi barang ataupun menyimpan stok. Kurang lebih sistemnya sama dengan Dropshipping.

Jika kamu memiliki kemampuan memasarkan dan mempresentasikan produk, bisnis ini patut kamu coba.

Dimana saya bisa mendapatkan Program Affiliasi ?

Hingga saat ini banyak E-Commerce Besar atau bisnis yang menawarkan program Affiliasi. Dan biasanya program Affiliasi ini rutin dengan hadiah yang cukup menarik. Bahkan ada juga yang memberikan produk gratis.

Trading dan Invesatasi

Trading dan Investasi menjadi pilihan yang populer zaman ini. Terlebih lagi dengan kemudahan akses yang bisa menggunakan smartphone.

Hingga saat ini, trading bisa dilakukan dengan modal minim sekalipun. Contohnya, minimal modal untuk trading dan investasi di Bursa Efek Indonesia cuma Rp 100.000,-

Oh yaa Saya udah ngebahas mengenai Trading dan Investasi dari dasarnya dan yang hal-hal wajib kamu ketahui.

Penting! Jika Anda ingin belajar cara trading dan investasi, silahkan kunjungi Pusat Panduan Saham M Jurnal

Gimana, apakah sudah menentukan bisnis sampingan apa yang cocok untuk Kamu ? Kalo ada ide bisnis lain, yuk bantu kasih tahu teman-teman yang lain. Coret-coret aja di kolom komentar.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)