Cara Membuat Halaman di Word dan Mengatur Posisinya
Cara Membuat Halaman di Word - Kunjungi M Jurnal Com

Pada dasarnya, cara membuat halaman di word itu mudah. Hanya butuh sedikit setting untuk mengatur posisi halaman. Entah itu di sudut kiri bawah, sudut kanan bawah, tengah bagian bawah, ataupun di bagian atas halaman.

Contoh lainnya, kita punya dokumen dalam format yang berbeda. Ada yang portrait ada juga yang landscape. Kita ingin nomor halaman bisa berurutan secara otomatis pada dokumen yang berbeda format tersebut.

Kita juga bisa membuat format halaman yang berbeda seperti halaman daftar isi dan kata pengantar menggunakan format angka romawi, sedangkan isi tulisan seperti bab 1 dst, menggunakan angka desimal.

Nah gimana caranya ? Mari kita bahas 1 per satu sedetail mungkin:

Cara Membuat Halaman di Word

Pertama-tama, kita harus tahu cara membuat halaman standar dengan posisi yang sama di setiap halamannya. Contohnya, saya ingin memberikan halaman di posisi bawah bagian tengah dan Formatnya sama sampai akhir halaman (yaitu di tengah bawah menggunakan angka desimal). Perhatikan gambar berikut:

Cara membuat halaman di word
Cara membuat halaman di word

Ada 4 tahap awal cara membuat halaman di word:

  1. Pertama, Klik pada dokumen yang akan di beri halaman.
  2. Kedua, pilih Insert pada Toolbar
  3. Ketiga, pilih Page Number > Bottom Page (Sesuaikan dengan kebutuhan)
  4. Keempat, pilih Penempatan halamannya. Banyak model dan penempatan. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Secara otomatis, halaman akan bertambah sesuai urutan (dari 1 – seterusnya) menggunakan format standar (Desimal ataupun Romawi). Ini hanya cara awal membuat halaman di word.

Lalu gimana kalo saya mau ubah-ubah posisi halaman atau dalam 1 dokumen punya format halaman berbeda-beda namun halamannya berurutan. Baik, simak contoh kasus di bawah.

Contoh Kasus Cara Membuat Halaman di Word

Biar lebih mudah dipahami, saya beri contoh kasus complete. Saya punya dokumen sebuah skripsi terdiri dari Cover, Isi, hingga lampiran. Aturan Penomoran halaman sebagai berikut:

  1. Cover = Di hitung sebagai halaman 1, tapi nomor halaman tidak di tampilkan
  2. Tanda Persetujuan Ujian Skripsi, Abstract, Kata Pengantar, Hingga Daftar Isi = Melanjutkan Nomor Halaman Cover (yaitu halaman 2), Format Nomor halaman menggunakan Angka Romawi, dan Posisi Halaman di Bawah Bagian Tengah.
  3. Bab 1, 2, 3, 4, 5, Daftar Pustaka, Lampiran = Format Nomor Halaman menggunakan Angka Desimal dan Dimulai dari Nomor 1. Di Awal Bab (Misal Bab 1), Posisi Halaman di Bawah Bagian Tengah. Kemudian, dilanjutkan dengan Posisi Halaman di Sudut Kanan Bawah.
  4. Di Akhir BAB 2, Terdapat 1 Halaman dengan Format Landscape, sedangkan Halaman Lain menggunakan Format Portrait. Saya ingin nomor halaman tetap berada di sudut kanan bawah.

Ingat ! Tahap demi tahap ini memiliki keterkaitan antar setiap tahap. Tahap pertama bisa digunakan untuk tahap selanjutnya. Perhatikan baik-baik ya.

Konten Terkait (Serial Cara membuat Skripsi):
Skripsi Manajemen Keuangan, 200 Judul Terbaik
Apakah Penelitian Harus Signifikan ? Ini Jawaban dan Solusinya

Menghilangkan Nomor Halaman Pada Cover

Karena kita ingin membuat nomor halaman berurutan dari bagian cover hingga daftar isi, tapi nomor halaman pada bagian cover di sembunyikan, maka kita perlu melakukan Page Break – Next Page dari halaman cover ke halaman selanjutnya.

Lakukan Page Break Pada Dokumen Word

Cara melakukan page break pada word
Cara melakukan page break pada dokumen word
  1. Klik Pada Huruf / Karakter Terakhir Pada Halaman Cover. Dalam contoh ini, saya letakkan kursor setelah angka 2017.
  2. Pilih Page Layout untuk mengatur halaman.
  3. Pilih Break > Next Page.

Secara Otomatis, halaman kosong baru akan di tambahkan. Bagian ini Penting !

Jangan Pindahkan Kursor Setelah Lakukan Page Break – Next Page, Cukup Klik Tombol Delete (pada keyboard), “bukan tombol Backspace”. Delete Sampai Judul Halaman Selanjutnya naik kebagian paling atas (setelah halaman cover)

M Jurnal

Jangan sampai kita menghapus sampai bagian kosong sampai ke halaman cover. Karena akan menghapus format page break yang udah kita lakukan. Jadi hati-hati, daripada ngulang lagi. 😀

Buat Halaman dan Ubah Tampilan Halaman Dokumen Word

Selanjutnya, kita buat halaman. Caranya seperti contoh pertama di atas. Mau baca ulang ? Klik disini untuk scroll ke atas dengan kecepatan penuh :D. Otomatis halaman pada cover tetap muncul seperti biasa.

Konten Terkait (Serial Belajar Excel):
Cara Membuat Tabel di Excel Dengan Mudah
Rumus Average Excel Untuk Menghitung Rata-Rata Lengkap

Langkah selanjutnya, hilangkan / sembunyikan nomor pada halaman pertama dengan Pilihan “Different First Page”. Caranya perhatikan gambar:

Cara menyembunyikan nomor halaman cover
Cara menyembunyikan nomor halaman cover
  1. Setelah halaman di buat, kurang lebih tampilannya seperti gambar. Jika tidak tampil bagian footer seperti gambar, lakukan double click pada nomor halaman.
  2. Pada Tab Design, Centang “Different First Page” untuk menghilangkan nomor halaman pada bagian cover (halaman 1)
  3. Selanjutnya untuk konfirmasi pilihan (menyimpan), lakukan double click pada isi halaman. Terserah bagian manapun.

Ganti Format Nomor Halaman ke Angka Romawi

Berhubung bagian Kata Pengantar Menggunakan Format Angka Romawi, Saya akan ganti formatnya terlebih dahulu.

Jika kawan-kawan sudah mahir, tidak perlu mengulang langkah ini 2x karena langkah ini sejalan dengan bagian “Buat Halaman dan ubah tampilan halaman dokumen word” di atas. Perhatikan gambar:

format angka romawi
Cara merubah format nomor halaman word menjadi angka romawi
  1. Double Click pada nomor halaman yang ingin di ubah formatnya.
  2. Klik Tab Design.
  3. Klik Page Number, lalu pilih Format Page Number.
  4. Muncul Window Format Page Number. Lalu ubah number format menjadi angka romawi (i,ii,iii,…). Lalu klik oke untuk menyimpan. Selanjutnya double klik pada isi dokumen untuk tampilan normal.

Mengubah Posisi Nomor Halaman Sesuai Format (Pada BAB 1,2, dst)

Pada bagian BAB 1 sampai Lampiran, format nomor halaman menggunakan angka desimal (1, 2, 3, …). Dan posisi halaman juga berbeda. Pada setiap awal BAB, nomor halaman berada di Bawah Bagian Tengah. Pada halaman selanjutnya, nomor halaman berada di bagian sudut kanan bawah.

Lakukan Page Break untuk Memisahkan Format Halaman

Page break yang saya maksud caranya sama dengan point “Lakukan Page Break Pada Dokumen Word“. Mau baca lagi ? Klik di sini untuk scroll ke atas dengan kecepatan penuh.

Jadi sebelum menambahkan nomor halaman dengan format berbeda, lakukan page break – next page untuk memutuskan format halaman sebelumnya. Sehingga kita bisa menggunakan format lain pada halaman selanjutnya.

Konten Terkait (Serial Belajar Buat Website Toko Online Sendiri):
Cara Membuat Website Toko Online ( E Commerce ) Gratis
Cara Membuat FB Ads Terlengkap, Benar dan Tepat Sasaran

Pada contoh ini, saya lakukan page break – next page di huruf / karakter terakhir pada halaman yang memiliki nomor halaman angka romawi.

Ubah Format Nomor Halaman Pertama pada BAB 1

Setelah melakukan page break – next page, selanjutnya kita akan mengatur format halaman pada BAB 1. Pada contoh kasus ini, nomor halaman menggunakan format angka desimal dan dimulai dari 1. Perhatikan gambar:

Cara mengatur Posisi halaman di word
  1. Double Click pada nomor halaman yang akan di ubah sehingga muncul Footer Section.
  2. Klik Tab Design, lalu Hilangkan Centang pada “Different First Page” (Agar nomor halaman pada awal BAB 1 muncul / tidak seperti cover).
  3. Non-aktifkan “Link to Previous” (pastikan background “link to previous” sama dengan tombol “previous / next” di atasnya). Jika warnanya berbeda, artinya “link to previous” masih aktif.
  4. Pilih Page Number > Format Page Number untuk mengubah format nomor halaman.
  5. Ubah Number Format menjadi Desimal (1,2,3,…).
  6. Pilih Start at dan isi menjadi 1. Tujuannya untuk mengulang nomor halaman pada BAB 1 menjadi nomor 1. Terakhir klik Ok dan Double Click pada isi halaman.

Atur Posisi Halaman Ke Dua Pada BAB 1

Format nomor halaman secara otomatis akan berubah menjadi desimal dan dimulai dari 1. Tapiii… posisi nomor halaman ke 2 pada BAB 1 masih di Bawah Bagian Tengah.

Sekarang kita atur posisi halaman ke 2 pada BAB 1 menjadi di Sudut Kanan Bawah. Pertama-tama, lakukan “Page Break – Next Page” di halaman pertama pada BAB 1 (klik kursor ke setelah huruf / karakter terakhir pada halaman pertama BAB 1). Lalu lakukan page break seperti tahap sebelumnya. Setelah itu, perhatikan gambar:

Cara merubah posisi halaman di word
Cara merubah posisi halaman di word
  1. Aktifkan Footer Section dengan cara Double Click pada “Nomor Halaman yang akan diubah posisinya”
  2. Klik Tab Design dan Klik “Insert Alignment Tab”.
  3. Muncul “Alignment Tab”, lalu ubah posisi nomor halaman menjadi Right (Kanan) lalu klik Ok.
  4. Non-aktifkan “Link to Previous”. Tujuannya agar format nomor halaman sebelumnya tidak ikut berubah. Ingat, pada gambar di atas adalah contoh “link to previous” aktif.
  5. Pilih Page Number > Format Page Number.
  6. Pastikan Format Number adalah Desimal, lalu Pilih “Contiue From Previous Section”. Tujuannya untuk melanjutkan nomor halaman sebelumnya. Jika sudah, klik ok dan double klik pada isi halaman.

Posisi halaman ke dua pada BAB 1 sudah berubah menjadi Sudut Kanan Bawah. Sedangkan

Lalu gimana dengan BAB 3, 4, 5, dst ? Posisi halaman tetap berada di sudut kanan bawah. Caranya, ulangi langkah Mengubah Posisi Nomor Halaman Sesuai Format (Pada BAB 1,2, dst) di atas, mulai dari page break, sampai atur posisi halaman.

Perbedaannya hanya pada pilihan Page Number Format bagian Page Numbering. Pilih Continue From Previous untuk melanjutkan nomor dari halaman sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengatur Nomor Halaman Jika ada Halaman Landscape dan Portrait dalam 1 Dokumen

Dalam contoh kasus ini saya sertakan pengaturan halaman yang berbeda orientasinya (landscape dan portrait) dalam 1 dokumen.

Konten Terkait:
Cara Uji Asumsi Klasik Menggunakan SPSS
Cara Menentukan Variabel Paling Dominan

Misalnya, halaman ke 85 adalah satu-satunya halaman berorientasi landscape (Horizontal / Miring kertasnya), sedangkan halaman lain berorientasi Portrait (Vertikal / Tegak Seperti Biasa).

Sebelum atur format nomor halaman, kita harus atur orientasi halaman terlebih dahulu. Perhatikan gambar.

Cara menambah halaman landscape pada dokumen portrait
  1. Lakukan Page Break – Next Page di akhir huruf / karakter pada halaman portrait (seperti cara sebelumnya).
  2. Muncul Halaman Kosong, ubah orientasinya menjadi Landscape. Fokus pada Tab Page Layout, pilih Orientation > Landscape.

Halaman kosong akan berubah menjadi landscape. Selanjutnya silahkan isi halaman tersebut. Lalu kita akan atur format dan posisi halaman landscape tersebut.

Caranya sama saja dengan tahap Atur Posisi Halaman Ke Dua Pada BAB 1 di atas. Silahkan ulangi langkah tersebut. Jika berhasil, kurang lebih hasilnya akan seperti ini:

Cara menambahkan halaman landscape pada dokumen portrait word
Cara menambahkan halaman landscape pada dokumen portrait word

Inti Dari Cara Membuat Halaman Di Word

Untuk mengatur Format, Nomor dan Posisi Halaman di word kita selalu menggunakan “Page Break – Next Page”. Jadi kegunaan Page Break adalah untuk memutuskan format halaman saat ini sehingga halaman selanjutnya bisa menggunakan format yang berbeda.

Format yang berbeda bisa saja format untuk nomor halaman atau format orientasi halaman ataupun margin dan masih banyak yang lain. Dan penempatan untuk menggunakan page break jangan sampai salah. Perhatikan baik-baik contoh kasus di atas yaa..

Jika ada pertanyaan, request artikel ataupun kritik dan saran, Silahkan coret-coret di kolom komentar.

Pusat Panduan Word

List Artikel Terbaru

This Post Has One Comment

  1. spartanhost

    The server is very fast.

Tinggalkan Balasan