Cara Membuat Website Online Shop Gratis Menggunakan Woocommerce
Cara Membuat Website Online Shop Gratis

Tutorial Cara Membuat Website Online Shop Gratis Menggunakan Woocommerce ini adalah seri lanjutan dari tutorial sebelumnya

Saya sarankan, Anda pahami terlebih dahulu tahap sebelumnya, sebelum melanjutkan tahap ini.

Review hasil kita sebelumnya, kita udah sampai ke tahap Masuk Dashboard Website. Untuk bisa mengaktifkan fitur Toko Online pada WordPress, Anda membutuhkan Plugin utama yaitu Woocommerce.

Sebetulnya banyak plugin lain yang tersedia, tapi plugin Woocommerce ini lebih powerfull dan Banyak Developernya.

Namun perlu Anda ingat, website itu seperti sebuah smartphone. Dan plugin adalah aplikasi. Semakin banyak Anda menggunakan aplikasi, maka smartphone semakin berat. Begitu juga dengan website woocommerce.

Namun Woocommerce tanpa plugin, seperti sebuah smartphone mahal hanya dengan aplikasi bawaan. Semuanya ada plus minus, tapi tetap bisa kita Optimalkan.

Instal Plugin Woo

Masuk ke dahsboard website, lalu pilih menu Plugin > Tambah Baru. Lalu pada kolom pencarian, ketik woocommerce seperti gambar berikut:

Cara Membuat Website Online Shop Gratis Menggunakan Woocommerce
Instal Plugin Woocommerce untuk Toko Online

Setelah ketemu pluginnya, Klik Pasang Sekarang. Lalu tunggu proses sampai selesai. Setelah selesai, klik Aktifkan. Lalu halaman setting Woocommerce akan terbuka.

Cara setting woocommerce yang benar untuk membuat website online shop Anda menarik dan membuat konsumen tertarik untuk belanja.

Jika ada pesan selamat datang dari woocommerce, klik saja lanjutkan atau ya. Selanjutnya, ada 5 tahap penting yang wajib Anda isi. Tahap ini merupakan identitas / detil toko Anda seperti, Store Details, industry, Product Types, Business Details, dan Themes.

Tahap ini harus dilakukan sekarang sebelum Anda lanjut ke tahap selanjutnya. Tidak perlu takut salah mengisi, karena bagian ini bisa Anda ubah ketika selesai.

Settting Detil Toko Pada Woocommerce

Cara Setting Woocommerce untuk membuat website online shop menarik
Cara Setting Detil Toko Pada Woocommerce

Isi data-data alamat toko fisik Anda. Jika Anda menggunakan sistem dropship, cara nya setting alamat toko online menggunakan alamat supplier.

Cara ini bertujuan untuk membuat ongkos kirim otomatis update dari kurir (JNE, J&T dll) tersedia pada Website Online Shop Anda.

Konten Terkait:
1. Buat Website Toko Online Wajib Punya Hosting dan Domain Sendiri ?
2. Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal

Pada point 5 (lihat gambar), Anda tidak perlu centang bagian ini jika Anda membuat website online shop untuk diri sendiri. Selanjutnya, klik lanjutkan.

Setting Kategori Bisnis Pada Woocommerce

Pada bagian ini, pilih kategori bisnis Anda. Misalnya, produk yang Anda jual seputar kesehatan dan kecantikan, centang kategori kesehatan dan kecantikan. Jika tidak ada pada list, maka pilih lainnya.

Cara Setting Woocommerce untuk membuat website Online Shop menarik.
Cara Setting Kategori Bisnis Pada Woocommerce Online Shop

Pada contoh ini, Saya pilih Mode, Pakaian dan Aksesoris. Selanjutnya, klik Lanjutkan.

Setting Tipe Produk Pada Woocommerce

Pada bagian ini, silahkan pilih tipe produk yang Anda jual. Kurang lebih seperti gambar berikut:

cara setting tipe produk woocommerce
cara setting tipe produk woocommerce

Pada tahap ini, pilih sesuai kebutuhan Anda. Penting untuk di ketahui pada bagian nomor 2 merupakan layanan berbayar, harganya udah di cantumkan.

Jika Anda hanya menjual produk fisik (seperti baju, tas dll), maka centang bagian 1 saja (Produk Fisik). Lalu klik Lanjutkan.

Setting Detil Bisnis Pada Woocommerce

Pada bagian ini, isi detil mengenai bisnis Anda, seperti berapa jumlah produk, dimana Anda pernah menjual produk dll. Tahap ini berguna untuk mengoptimasi website toko online Anda kedepannya.

Cara Setting Detil Bisnis Pada Woocommerce
Cara Setting Detil Bisnis Pada Woocommerce
  1. Berapa estimasi jumlah produk yang akan ditampilkan pada website Anda nantinya. Ini hanya bersifat estimasi dan bisa diubah nantinya.
  2. Dimana Anda menjual produk sebelumnya. Pada contoh ini, Saya memilih menjual pada toko fisik karena memiliki toko fisik.
  3. Berapa Omzet Perbulan Pada Bisnis Anda. Sesuaikan dengan realita. Karna akan berguna untuk optimasi Website Toko Online kedepannya.
  4. Bagian ini adalah fitur optimasi awal. Saran Saya, lewatkan saja terlebih dahulu. Biar kita fokus pada setting Woocommerce pada tahap awal ini.
  5. Klik Lanjutkan.

Pilih Tema Woocommerce ( StoreFront )

Tema ini berguna untuk mendesain tampilan Website Toko Online Anda. Pada wordpress, udah banyak sekali tema yang tersedia. Ada yang berbayar, ada juga yang gratisan.

Pilih Tema Woocommerce
Pilih Tema Woocommerce

Tema Twenty Twenty adalah tema yang kita gunakan saat ini. Sedangkan Tema StoreFront yang di lingkari sebelah kanan, itu adalah tema standar yang di buat oleh developer woocommerce. Tema StoreFront ini gratis digunakan. Dan 100% Cocok dengan plugin woocommerce menurut developer nya.

Saat ini, kita pilih StoreFront aja. Nanti, Anda juga bisa pilih tema lain jika perlu. Jadi klik choose dan tunggu proses selesai.

Lalu apa selanjutnya ? Silahkan gunakan pintasan panduan berikut untuk mempelajari SUB-BAB selanjutnya. Atau kunjungi Pusat Panduan Woocommerce

Pintasan Panduan Instal Woocommerce

  1. Woocommerce: Mengenal apa itu Woocommerce.
  2. Web and Hosting: Pilih Domain, Instal WordPress pada Hosting sebagai persiapan awal Website E Commerce.
  3. Instal Woo: (Anda Disini)
  4. Basic Plugin: Recomendasi Plugin untuk menunjang kinerja bawaan Woocommerce (seperti JetPack, Woongkir, Yoast SEO, YITH Woocommerce Brands, dan Cache)
  5. Set Woo: Setting dasar-dasar Woocommerce Anda seperti Pengiriman, Pembayaran, Akun dll.

Pusat Panduan Woocommerce

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan