Anda disini: M Jurnal » Woocommerce » 5 Plugin Penting Untuk Woocommerce Indonesia

5 Plugin Penting Untuk Woocommerce Indonesia

Note: Menurut Saya, saat ini fitur bawaan WooCommerce belum betul-betul cocok untuk konsumen Indonesia.

Kenapa demikian ? Karena sebagian masyarakat Indonesia belum familiar dengan metode pembayaran default dari Woocommerce seperti Paypal.

Woocommerce juga belum mendukung sistem pengiriman Indonesia seperti JNE, J&T dll.

Tapi, Saya berikan sedikit tips untuk memaksimalkan kinerja dasar Woocommerce untuk Website toko online Indonesia. Yaitu menggunakan beberapa plugin yang menurut Saya sangat membantu.

5 list plugin ini merupakan hasil riset Saya dalam membangun Website Woocommerce untuk pangsa pasar Indonesia. Silahkan simak satu per satu.

Plugin Jetpack untuk Woocommerce Indonesia

Jetpack ini apasih sebenarnya ? Sekilas aja Saya bahas, Jetpack ini plugin untuk menyambungkan Website Toko Online Anda dengan akun WordPress resmi. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan lainnya untuk Toko Online, Anda bisa mengatur Web Store dengan Aplikasi Woocommerce yang ada pada Play Store Android. Tujuannya ya untuk mempermudah proses pemesanan dll untuk kedepannya.

Setting Plugin JetPack untuk Woocommerce Indonesia

Setelah instal plugin jetpack, akan muncul pemberitahuan untuk menyelesaikan pengaturan plugin jetpack kurang lebih seperti gambar berikut:

Setting Plugin Jetpack untuk woocommerce
Setting Plugin Jetpack untuk woocommerce

Klik siapkan akun untuk melanjutkan. Jika halaman ini tidak muncul, silahkan lihat menu plugin > plugin terpasang > jetpack. Lalu klik jetpack pada plugin jetpack.

Selanjutnya akan muncul halaman login. Anda bisa menggunakan akun wordpress atau Google. Saya sarankan menggunakan akun wordpress aja. Karena ini layanan milik wordpress. Jika belum punya akun wordpress, pilih aja Lanjutkan dengan WordPress.com.

Insight: Moving Average (MA) Untuk Menentukan Arah Trend Saham

Akan muncul window baru untuk login atau membuat akun wordpress. Ikuti aja petunjuknya sampai selesai.

Selanjutnya, jetpack akan menawarkan paket-paket berbayar mereka. Untuk saat ini, kita belum membutuhkan paket-paket itu, jadi scroll aja ke bawah, pilih Mulai Gratis atau yang ada tulisan Gratis-gratis nya deh hahah.

Dan sudah selesai. Jika Anda ingin download aplikasi wordpress dan woocommerce, silahkan cek aja pada play store atau app store. Dan login pakai akun wordpress Anda.

Plugin Woongkir Ongkos Kirim Otomatis Woocommerce Indonesia

Kalau Anda ingin menjual produk ke seluruh Indonesia atau bahkan keluar negeri menggunakan woocommerce, pilihlah plugin ongkos kirim terbaik yang bisa integrasikan biaya ongkos kirim secara real time.

Plugin Ongkos Kirim Woocommerce juga harus support beberapa Ekspedisi Indonesia seperti JNE dan J&T.

Plugin Ongkos Kirim Indonesia yang support woocommerce itu banyak. Namun sampai terakhir kali artikel ini Saya update, plugin ongkir terbaik sepengalaman saya adalah Woongkir.

Sama seperti sebagian plugin wordpress, Woongkir adalah plugin Freemium yang mana fitur dasarnya Gratis. Namun ada fitur premium yang hanya bisa Anda gunakan setelah membeli lisensinya.

Fitur Gratis Woongkir:

  1. Support 21 Kurir Domestik seperti JNE, J&T, TIKI, Pos Indonesia, Si Cepat, JET Express, Logistik Indah dll.
  2. Support 5 Kurir Internasional seperti POS Indonesia, TIKI, JNE, Solusi Ekspres, dan Expedito.
  3. Tersedia fitur menghitung ongkir berdasarkan dimensi ataupun berat.
  4. Bebas memilih kurir apa saja yang akan Anda gunakan.
  5. Bisa mengkonversi volumetrik menjadi berat secara otomatis.
  6. Anda Bisa memilih prioritas kurir pengiriman.
  7. Bisa buat berat dasar produk secara otomatis jika kita lupa input berat produk.
  8. Tersedia fitur menampilkan atau menyembunyikan estimasi lama pengiriman paket.
  9. Perhitungan Ongkir cuma sebatas kota / kabupaten.
  10. Hanya bisa menggunakan maksimal 3 kurir dalam 1 waktu.

Fitur Premium:

  1. Support perhitungan ongkir hingga tingkat kecamatan (semakin akurat).
  2. Tidak ada batasan maksimal menggunakan kurir dalam 1 waktu.

Jika Anda memerlukan fitur plugin Woongir, Silahkan Instal plugin ini seperti menginstal plugin lainnya.

Plugin Yoast SEO [ Support SEO Woocommerce Bahasa Indonesia ]

SEO (search engine optimization) sangat penting untuk mengembangkan website apapun. Tujuan utamanya agar website kita bisa muncul pada halaman pertama search engine seperti Goolge, Bing, Yahoo dll.

WordPress tersedia banyak plugin SEO. Tapi penggunaan yang cukup mudah dan powerfull menurut Saya Yoast SEO. Fitur yang tersedia cukup lengkap. Jadi Anda bisa lihat di directory plugin wordpress resmi.

Lakukan instal dan aktifkan. Selanjutnya, setting awal plugin Yoast SEO dengan cara klik Mulai Memproses dan Percepat Situs Anda Sekarang seperti gambar berikut:

plugin yoast seo untuk website toko online
Plugin Yoast SEO untuk website toko online

Note: Ini hanya proses konfigurasi awal. Untuk setting lanjutan akan saya bahas pada Tahap Optimasi Website Toko Online.

Plugin YITH Woocommerce Brand Add-on

Kegunaan Plugin YITH Woocommerce Brand Add-on adalah untuk menambahkan kolom brand produk pada website. Kolom brand ini fungsinya menyerupai kategori produk.

Tapi bagi google, website toko online yang menjual produk fisik wajib menyertakan kolom brand.

Misalnya, Anda menjual produk fashion. Produk fashion ini kan banyak brand nya, seperti Adidas, Nike, Eiger dll. Jadi Anda bisa menyertakan informasi tersebut pada kolom brand nantinya.

Langsung aja instal dan aktifkan seperti biasa. Plugin ini tidak perlu setting-an lebih lanjut. Karna secara otomatis kolom produk sudah di tambahkan pada website. Contohnya seperti gambar berikut:

Website Online Shop WordPress Woocommerce

Instal Plugin Cache

Plugin Cache ini sangat penting untuk website. Tujuan utamanya agar loading website semakin cepat ketika pengguna membuka website kita.

Berhubung dari awal kita menyewa hosting dari rumahweb, jadi plugin Cache nya menyesuaikan dengan yang mereka rekomendasikan yaitu Litespeed Cache. Silahkan instal dan aktifkan.

Lalu Apa Selanjutnya ? silahkan gunakan Pintasan Panduan berikut untuk mempelajari SUB-BAB selanjutnya. Atau kunjungi Pusat Panduan Woocommerce M Jurnal untuk mempelajari semua tentang Woocommerce.

Pintasan Panduan Instal WooCommerce

  1. Woocommerce: Mengenal apa itu Woocommerce.
  2. Web and Hosting: Pilih Domain, Instal WordPress pada Hosting sebagai persiapan awal Website E Commerce.
  3. Instal Woo: Cara Instal Woocommerce pada WordPress
  4. Basic Plugin: (Anda Disini)
  5. Set Woo: Setting dasar-dasar Woocommerce Anda seperti Pengiriman, Pembayaran, Akun dll.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)