WordPress Org VS WordPress Com: Mana yang Terbaik ?

Penting! WordPress Org (Self Hosted) dan WordPress Com (Hosted) itu beda, maka Anda tidak bisa sembarangan memilih. Anda harus menyesuaikannya dengan tujuan Anda dalam membuat Website menggunakan WordPress.

Panduan ini Saya susun sebagai tahap awal dalam membuat Website WordPress Org (Self Hosted) Anda sendiri. Jadi pastikan Anda tidak melewati setiap tahap pembuatan website dengan WordPress.

Apa itu WordPress ?

Sebelum membandingkan WordPress Org dan WordPress Com, Anda harus tahu dahulu apa itu WordPress ? WordPress adalah salah satu Platform yang berguna untuk membuat sebuah Website.

WordPress (WP) didirikan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. WP mulai terkenal sebagai platform blogging setelah berakhirnya masa Platform blogging b2/cafeblog.

WP 1.0 rilis pada tahun 2004 dengan memodifikasi fungsi dasar platform blogging milik b2/cafeblog. Tahun ini lah dimulai perjalanan WP hingga saat ini menjadi salah satu Platform / CMS terpopuler di seluruh dunia.

Dengan menggunakan sistem open source, siapapun dapat menggunakan WordPress secara GRATIS serta dapat memodifikasi nya. Menarik juga kan ?

Selain itu, WP juga menyediakan berbagai macam plugin dan theme / template gratis maupun berbayar. Plugin dan Theme ini bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur dan mempercantik tampilan Website Anda.

Lalu Apa kelebihan WordPress ?

WordPress sangat fleksibel. Artinya dengan WordPres, Anda bisa membuat berbagai macam jenis Website.

FYI, Website itu banyak jenis nya. Ada Web Personal / Portofolio, Blog, Komunitas (Forum), Toko Online (E-Commerce) dll. Dengan WordPress, Anda bisa membuat jenis-jenis web tersebut.

Bahkan saat ini 35% Website diseluruh dunia menggunakan WordPress sebagai CMS mereka. Sehingga WP menjadi CMS terpopuler no #1 (saat ini).

Dengan membawa sistem open source serta memiliki banyak pengguna dan pengembang, tentu akan memudahkan Anda dalam membuat Website berbasis WordPress.

Sebagai contoh, Website milik pemerintah Indonesia juga menggunakan WP sebagai CMS mereka. Yaitu dpr.go.id. Selain itu, MJurnal.com pun juga menggunakan WordPress.

Tentu Anda sudah terbanyang banyak fitur yang bermanfaat tersedia pada WordPress. Namun perlu Anda ketahui, WordPress itu ada 2 jenis yaitu WordPress Com (Hosted) 100% GRATIS dan WordPress Org (Self Hosted) Tidak Gratis.

Sebelum membuat Website menggunakan WordPress, silahkan Anda pahami terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan WordPress Org dan WordPress Com. Karena harus sesuai dengan tujuan Anda.

WordPress Com / WordPress Hosted

Kelebihan dan kekurangan WordPress Com hosted / gratis

WordPress Com dibuat oleh Matt Mullenweg sebagai CMS blogging yang 100% Gratis untuk siapapun. Karena gratis, maka memiliki batasan-batasan tertentu.

Namun, gratis bukan berarti Anda bisa sesuka hati. Karena memang harga menentukan apa yang Anda dapatkan.

WordPress Com memberikan fitur-fitur tambahan dengan membayar sejumlah uang tertentu. Setidaknya tersedia 6 Plan pada WordPress Com sebagai berikut:

  1. Free yaitu Gratis Tapi Terbatas
  2. Personal yaitu berbayar $36 per tahun.
  3. Premium yaitu berbayar $99 per tahun.
  4. Business yaitu berbayar $299 per tahun.
  5. E-Commerce yaitu $540 per tahun
  6. VIP yaitu berbayar mulai dari $5000 per bulan.

Coba kita telusuri lebih dalam apa kelebihan dan kekurangan WordPress Com ini.

3 Kelebihan WordPress Com

WordPress Com adalah CMS (Platform) pembuat Website gratis yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi blogging atau hanya untuk belajar membuat blog website untuk memenuhi tugas sekolah.

Setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa Anda dapatkan menggunakan WordPress Com sebagai berikut:

  1. Sangat ramah pemula dan mudah digunakan.
  2. Gratis memori penyimpanan (hosting) sebesar 3GB. Memori penyimpanan ini berguna untuk menyimpan semua data Website Anda (Foto, Video, Artikel, Database dll).
  3. Tersedia fitur backup otomatis secara gratis.

Jika Anda ingin memori penyimpanan dengan kapasitas yang lebih tinggi, tentu Anda harus membayar sejumlah tertentu sesuai plan yang telah mereka tentukan.

Saya pikir ini cukup merepotkan dan tidak recomended jika Anda berencana untuk menghasilkan uang dari Website.

11 Kekurangan WordPress Com

Seperti yang Saya sebutkan sebelumnya, WordPress Com memang gratis tapi memiliki keterbatasan. Berikut Saya rangkum 11 kekurangan WordPress Com yang perlu Anda ketahui:

  1. Harga untuk upgrade plan cenderung lebih mahal.
  2. Mereka (WordPress Com) mendapatkan 100% keuntungan dari setiap iklan yang tayang pada Website Anda. Dan iklan ini tidak bisa Anda hilangkan kecuali dengan cara upgrade plan. Tentu bayar lagi doong.
  3. Anda tidak bisa monetisasi Website (seperti Google Adsense, MGID dll). Tentu sangat membatasi dan Anda tidak bisa menghasilkan apa-apa.
  4. Jika Anda upgrade plan dan menggunakan jaringan iklan mereka (namanya WordAds), Anda hanya mendapatkan bagi hasil.
  5. Anda tidak bisa upload plugin custom. Selain itu, plugin gratis yang tersedia juga terbatas.
  6. Anda tidak bisa upload theme custom namun hanya bisa menggunakan theme gratis yang jumlahnya pun tidak sebanyak theme gratis WordPress Org.
  7. WordPress Com membatasi penyesuaikan tampilan (desain) website Anda seperti pembatasan penggunaan CSS custom dll.
  8. Anda tidak bisa menggunakan tools pelacakan Website seperti Goolge Analytic. Menurut Saya ini sangat tidak recomended jika Anda ingin mengambangkan Website.
  9. Menggunakan Subdomain, artinya Website Anda membawa merek WordPress. Misalnya mjurnal.wordpress.com. Selain itu mereka juga menyisipkan link “diberdayakan oleh WordPress.com” menuju Website mereka. Tidak recomended jika Anda ingin membangun Brand jangka panjang.
  10. Jika menurut mereka Website Anda melanggar kebijakan layanan mereka, maka Website Anda bisa saja dihapus.
  11. Tidak bisa membangun Website Toko Online (E-Commerce) ataupun Website Membership.

Menurut Saya WordPress Com wajar memiliki kekurangan-kekurangan tersebut karena mereka adalah sebuah bisnis dan mendapatkan keuntungan dari user yang melakukan upgrade plan.

Jika Anda ingin menggunakan lebih banyak fitur, tentu harus upgrade plan terlebih dahulu. Dan harganya pun cenderung tidak murah.

Jika Anda baru mulai belajar membuat Website, entah itu Blog, Personal, Toko Online, dll Saya lebih merekomendasikan menggunakan WordPress Org. Kenapa ? coba Anda simak ulasan berikut:

WordPress Org / WordPress Self Hosted

Kelebihan dan kekurangan WordPress Org Self Hosted

WordPress Org adalah sebuah CMS (platform) pembuat website dengan sistem open source dan 100% gratis. Nah loh, tadi WordPress Com gratis, sedangkan WordPress Org juga gratis, lalu apa beda nya ?

Baik Saya luruskan bagian ini dahulu. Anda ingat pada bagian Apa itu WordPress sebelumnya ? Saya menjelaskan bahwa WordPress ini adalah CMS (Platform) pembuat website yang 100% gratis.

Jadi yang gratis itu adalah CMS nya, karena ada beberapa CMS lain yang tidak gratis alias berbayar. Ya ini juga sebuah kelebihan dari WordPress.

Balik lagi ke WordPress Org. Satu-satunya yang paling Anda butuhkan dan berbayar adalah Domain dan Hosting. Hal ini pula lah alasan kenapa WordPress Org sering disebut dengan WordPress Self Hosted.

Tapi tenang, harga domain dan hosting tidak pula mahal. Kurang lebih harga domain .com antara Rp 100.000 – Rp 200.000 pertahun. Sementara harga hosting kurang lebih mulai dari Rp 25.000 per bulan.

Jadi akumulasinya kurang lebih Rp 35.000 – Rp 45.000 per bulan. Menurut Saya pribadi ini cukup murah karena kita hanya perlu menyisihkan uang 1.000 – 1.500 per hari.

Note:
Saya tidak menjual domain dan hosting ya. Jadi Saya tidak menggunakan bahasa promosi apapun dalam artikel ini. Artikel ini murni berdasarkan pengalaman Saya.

Terus dimana bisa beli domain dan hosting ? Banyak kok penyedia layanan host local yang bagus. Saya sendiri pernah membeli Domain dan Hosting di RumahWeb, Exabytes, Niagahoster, DewaWeb dan MasterWeb. Dan masih banyak penyedia layanan lainnya. Anda bisa cari di google.

Note:
Jika Anda ingin diskusi tentang pembuatan Web menggunakan WordPress, silahkan gunakan Forum WordPress M Jurnal.

Balik lagi ke pokok bahasan. Dengan biaya menyewa domain dan hosting apa saja sih kelebihan WordPress Org ini ? Untuk itu jangan lewatkan ulasan berikut:

9 Kelebihan WordPress Org

Jika Anda menggunakan WordPress Org untuk membangun Website, Anda memiliki kendali penuh dan bebas melakukan apapun sesuai kebutuhan Anda.

Setidaknya ada beberapa keuntungan menggunakan WordPress.Org untuk membangun website Anda:

  1. WordPress Org 100% gratis, Open Source, mudah digunakan sehingga Anda tidak memerlukan kemampuan teknis dalam mengelola Website.
  2. Anda bisa membangun Nama Brand Sendiri karena tidak menggunakan Subdomain seperti mjurnal.wordpress.com melainkan menjadi mjurnal.com
  3. Lebih dipercaya pengguna karena sebagian Website dengan subdomain (namadomain.wordpress.com) sebagian besar digunakan untuk penipuan karena gratis.
  4. Anda bisa mengelola semua data Website dengan mudah serta tidak terikat dengan aturan apapun dari pihak ke tiga selama isi Website Anda tidak ilegal.
  5. Bebas sebebas burung berkicau, Anda bisa menambahkan sebanyak apapun plugin baik itu gratis, berbayar maupun buatan (custom) ke Website Anda.
  6. Anda juga bisa menyesuaikan desain (tampilan) Website sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Tersedia banyak theme gratis maupun berbayar. Anda juga bisa menggunakan theme custom jika perlu.
  7. Bisa menghasilkan uang sendiri tanpa bagi hasil dengan pihak lain. Termasuk juga menjalankan periklanan seperti Google Adsense, MGID, serta iklan personal.
  8. Dapat menggunakan tools tracking data untuk melacak data Website dan mengembangkan Website Anda. Contohnya: Goolge Analytic.
  9. Anda bisa membuat berbagai macam jenis Website seperti Toko Online baik untuk menjual produk fisik maupun digital. Fitur yang tersedia sangat lengkap.

FAQ WordPress Com VS WordPress Org

Banyak pemula yang sering bertanya-tanya tentang perbedaan WordPress Com dan WordPress Org. Oleh karena itu, Saya rangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan berikut khusus untuk Anda:

Bagus mana WordPress Com atau WordPress Org ?

Tergantung tujuan Anda. Jika Anda membuat Website hanya untuk menyalurkan hobi (misal. blogging) dan tidak berencana menghasilkan uang, maka WordPress Com yang terbaik karena gratis.
Namun jika Anda bertujuan untuk menghasilkan uang, maka lebih baik gunakan WordPress Org.
Kenapa ? meskipun Anda bisa menghasilkan menggunakan WordPress Com dengan cara Upgrade Plan, hasil yang Anda dapatkan tidak sebanding dengan biaya sewa plan. Sementara dengan WordPress Org, Anda bisa mendapatkan lebih banyak dengan biaya yang lebih rendah.

Kenapa WordPress Org lebih baik untuk menghasilkan uang ?

Karena sepengalaman Saya, banyak blogger-blogger profesional yang menggunakan WordPress Org untuk situs mereka. Tidak hanya seorang blogger, banyak juga situs ternama yang menggunakan WordPress Org seperti Website DPR RI, Disney, dll.

Bagaimana cara membuat Website dengan WordPress Org ?

Silahkan lihat Panduan membuat Website untuk Blog, Personal atau Bisnis pada Pintasan Panduan WordPress

Bagaimana cara membuat Website Toko Online ?

Anda bisa menggunakan bantuan Plugin Woocommerce yang hanya tersedia pada paket E-Commerce WordPress Com dan WordPress Org saja. Silahkan lihat Panduan Woocommerce M Jurnal

Bisakah Saya Menggunakan Google Adsense untuk WordPress Com ?

Tidak. WordPress Com tidak mengizinkan Anda untuk monetisasi situs baik itu menggunakan Google Adsense, MGID atau yang lainnya.

Teman Saya bisa menghasilkan uang dari WordPress Com, itu bagaimana ?

Menghasilkan uang dari Website tidak hanya dari iklan Google Adsense, MGID atau yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan Link Affiliasi. Dan di WordPress Com bisa. Namun, penghasilan dari affiliasi tidak semudah dan sebesar dari monetisasi iklan.

Saya terlanjur menggunakan WordPress Com, apa bisa Saya pindah ke WordPress Org ?

Bisa. Ada prosesnya. Namun jika belum terlanjur, lebih baik menggunakan WordPress Org dari awal.

Hanya Anda yang bisa memutuskan apakah akan menggunakan WordPress Com atau WordPress Org. Pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin diskusi tentang WordPress, silahkan kunjungi Forum WordPress M Jurnal.

Pintasan Panduan Instal WordPress

  1. WordPress: (Anda Disini)
  2. Instal WordPress: Cara instal WordPress untuk Hosting dan Domain Anda.
  3. DashBoard WordPress: Rekomendasi Setting Dasar-Dasar WordPress
  4. Template: Cara Instal dan Contoh Customize Theme WordPress
  5. Plugin: Mengenal Plugin, Cara instal dan list plugin yang harus ada di Website WordPress.

Pusat Panduan WordPress

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan