Anda disini: M Jurnal » Wordpress » Cara Menggunakan WordPress (Pemula Silahkan Masuk)

Cara Menggunakan WordPress (Pemula Silahkan Masuk)

Sebetulnya cara menggunakan WordPress itu tidak sulit. Hanya 1 yang perlu Anda lakukan, yaitu Belajar dan Pahami kegunaan setiap fitur-fitur default yang ada.

Misalnya, untuk menulis artikel, membuat halaman, upload gambar / video dll. Semua fitur sudah tersedia dan siap digunakan. Agar bisa memaksimalkan penggunaan fitur-fitur tersebut, pahami dahulu setiap fungsinya.

Ads

Selain itu…

Note: Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda sesuaikan terlebih dahulu sebelum mempublikasikan artikel / halaman / upload gambar dll. Misalnya, kombinasi plugin, memilih dan mengatur theme, hingga belajar SEO.

Namun sebelum menyelesaikan pengaturan dasar WordPress, ketahui dulu bagaimana cara menggunakan fitur-fitur default WordPress itu.

Fitur – Fitur Default di WordPress

Penting! Sebelum melanjutkan, silahkan login ke dahsboard Admin WordPress Anda. Umumnya menggunakan URL https://namadomain.com/wp-admin atau melalui dashboard penyedia layanan hosting. Cara login ini sudah Saya bahas pada SUB-BAB Login Dashboard WordPress.

Jika sudah login, berikut tampilan default dashboard WordPress Admin:

Cara menggunakan fitur-fitur default WordPress

Terdapat beberapa menu dalam sidebar (kiri). Menu-menu ini memiliki kegunaan masing-masing seperti berikut:

Ads
MenuFitur
DasborRangkuman tentang website WordPress Anda serta informasi jika tersedia update terbaru.
PosFitur untuk membuat dan mengatur Postingan (artikel), kategori serta tag dalam website Anda.
MediaUntuk mengatur media (bisa berupa gambar, video dll) yang sudah Anda upload ke Website.
LamanUntuk mengatur Halaman Website. Perlu Anda ketahui, dalam WordPress, Laman dan Pos / Artikel itu tidak sama. Kegunaannya berbeda.
KomentarUntuk mengatur komentar pada website.
TampilanUntuk mengatur tema (tampilan) website Anda seperti mengatur Menu Utama, Widget, Warna Button hingga mengganti tema.
PluginUntuk mengatur Plugin dalam WordPress dan menambahkan fitur baru.
PenggunaUntuk mengatur Daftar Pengguna (member) di Website Anda. Misalnya menentukan pengguna mana saja yang bisa menulis artikel langsung di Website Anda dll.
PeralatanSebuah tools dasar WordPress untuk mengatur Website Anda. Misalnya jika Anda ingin Ekspor-Impor data dari website lama ke website baru. Atau untuk membuat Multisite.
PengaturanUntuk mengatur dasar Website WordPress Anda. Banyak hal yang perlu Anda atur pada menu ini agar Website semakin optimal.
Tabel: Fitur-Fitur Default WordPress

Note: Semua fitur ini akan kita pelajari secara bertahap. Untuk kemudahan, akan Saya susun dari yang paling penting dalam tahap pembuatan Website WordPress.

Dasbor: Ringkasan dan Pembaruan WordPress

Ini penting!… Supaya tetap aman dan up to date, maka gunakan versi terbaru, baik itu untuk core WordPress itu sendiri, plugin, ataupun tema yang Anda gunakan.

Jika ada pembaruan, Anda akan melihat angka (sebagai total) pada Sub-menu pembaruan.

Note: WordPress memisahkan setiap jenis pembaruan yaitu Versi Core WordPress, Plugin dan Theme. Untuk melakukan pembaruan, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara update WordPress Theme dan Plugin
  1. Klik Menu Dasbor > Pembaruan.
  2. Pilih Core WordPress / Plugin / Theme yang akan diperbarui. Anda hanya bisa melakukan 1 jenis pembaruan dalam sekali tahap. Misalnya, ingin memperbarui theme, centang semua theme yang akan diperbarui.
  3. Klik Perbarui dan tunggu proses sampai selesai. Proses ini tidak lama kok. Tergantung berapa banyak yang akan diperbarui.

Note: Selama proses pembaruan berjalan, Website Anda tidak akan bisa diakses. Jadi ada baiknya lakukan pembaruan pada saat pengunjung website Anda tidak terlalu ramai.

Pos & Laman : Membuat Artikel, Kategori, Tag dan Halaman

Dalam menu pos, Anda bisa membuat dan mengelola pos (artikel), Kategori dan Tag. Sementara menu Laman hanya untuk membuat dan mengelola Halaman saja.

diskon-hosting

Sebelum membuat artikel, ketahui dahulu bagaimana Kategori dan Tag bekerja.

Pada dasarnya, Kategori dan tag bertujuan untuk mengelompokkan postingan (artikel) dalam WordPress.

Misalnya, Anda membuat artikel tentang “Review iPhone XR” dan “Review Samsung A21”, maka Anda bisa menggunakan kategori “Review” atau “Gadget” untuk ke 2 postingan tersebut. Sementara untuk Tag, Anda bisa menggunakan “iPhone” dan “Samsung”.

Note: Tidak ada aturan pasti menggunakan kategori dan tag dalam WordPress. Namun, lebih baik hanya gunakan kategori dan tag jika Anda membutuhkannya.

Untuk membuat kategori dan tag, silahkan klik menu Pos > Kategori atau Tag. Masukkan nama kategori / tag, kemudian klik Tambah (kategori / tag) baru. Selain itu, Anda juga bisa manambahkan Kategori dan Tag ketika membuat artikel / pos.

Untuk membuat artikel, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

7 Tahap membuat postingan / halaman di WordPress
  1. Klik Menu Pos > Tambah Baru.
  2. Buat / Tambahkan Kategori (hanya tersedia untuk pos, bukan laman).
  3. Buat / Tambahkan Tag (hanya tersedia untuk pos, bukan laman).
  4. Masukkan Judul
  5. Tulis isi Artikel
  6. Tambahkan blok konten untuk variasi isi konten (Akan Saya jelaskan dibawah).
  7. Jika sudah selesai, klik Terbitkan untuk mempublikasikan artikel Anda.

Oh ya… Jangan ikuti mentah-mentah tahap-tahap diatas ya. Karena penjelasan diatas hanya penggunaan secara umum saja. Pada dasarnya, Anda harus memaksimalkan konten sebelum mempublikasikannya. Misalnya untuk variasi konten blok ini:

Berbagai jenis blok Gutenberg

Dalam menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan banyak sekali tipe blok sebagai variasi dari isi konten Anda. Seperti blok untuk Heading (H2, H3 dst..), Paragraf, List, Tabel, Kutipan, Video, Gambar dll.

Selain itu, pada sisi kanan gambar, Anda juga melihat menu Yoast SEO. Inilah salah satu kombinasi plugin yang akan Anda pelajari nanti.

Penting! Penggunaan Spesifik tentang Pos, laman, kategori dan tag akan Saya bahas dalam SUB-BAB berikutnya (lihat Pintasan Panduan).

Media: Mengelola Gambar, Video, File dll

Sebetulnya ketika membuat artikel (pos) atau Halaman khusus (Laman), Anda juga bisa mengupload gambar. Namun jika dibutuhkan, Anda juga mengupload gambar melalui menu Media > Tambah Baru.

Cara upload gambar (media) di WordPress

Cara menggunakannya juga gampang. Anda hanya perlu klik Pilih berkas, kemudian cari dan upload gambar.

Penting! Jangan sembarangan upload file ke Website WordPress Anda. Terutama untuk gambar… Ini akan mempengaruhi performa Website Anda. Pembahasan tentang image di WordPress tidak akan cukup dalam 1 artikel. Jadi, Anda akan mempelajari nya bertahap pada SUB-BAB Optimasi Gambar.

Tampilan: Mengubah Desain dan Tema WordPress

Ini dia salah satu fitur yang paling disukai dari WordPress Self-Hosted. Ada banyak sekali theme yang tersedia. Ada yang 100% free, Freemium, dan ada juga yang Premium.

Faktanya, Anda tidak wajib memahami coding untuk menganti tampilan website. Melainkan hanya perlu memilih satu dari sekian banyak theme yang tersedia. Kemudian setting beberapa bagian.

Untuk mengganti theme WordPress cukup mudah, klik menu Tampilan > Tema. Disini Anda akan melihat berbagai semua theme yang sudah terinstall (biasanya berisi theme default WordPress).

Sementara untuk menginstall Theme baru, silahkan klik Tambah Baru, kemudian cari theme yang Anda inginkan. Jika sudah ada yang cocok, silahkan klik Install seperti gambar berikut:

Cara mengubah desain theme WordPress

Setelah install selesai, klik aktifkan untuk menggunakan tema tersebut.

Penting! Dalam menu tampilan, Anda bisa menyesuaikan desain Website secara keseluruhan. Misalnya untuk membuat Menu Navigasi, mengatur Widget dll. Panduan Selengkapnya Saya bahas Pada SUB-BAB Theme WordPress.

Plugin: Menambahkan Fitur Baru dan Mengelola Plugin

Mungkin Anda sudah tahu bahwa WordPress memiliki segudang plugin untuk menambahkan fitur-fitur baru untuk Website Anda. Inilah salah satu kelebihan WordPress dibanding CMS lain.

Cara menambahkan dan menginstall plugin pun juga mudah. Anda hanya perlu klik menu Plugin > Tambah Baru. Kemudian cari plugin yang diinginkan.

Cara menambahkan fitur baru dan mengelola plugin WP

Meskipun menginstall plugin = menambahkan fitur baru, terkadang plugin juga bisa menjadi salah satu penyebab menurunya performa Website Anda.

Oleh karena itu, Saya menyusun materi khusus untuk mempelajari tentang plugin. Anda bisa mulai dari SUB-BAB Plugin WordPress.

Khusus Komentar, Pengguna, Peralatan dan Pengaturan

Ketika menggunakan WordPress, Anda juga bisa mengelola komentar, membuat pengguna baru dan mengatur kemampuannya, hingga mengubah bahasa dalam dashboard WordPress.

Beberapa pengaturan dasar ini sering diabaikan pemilik website yang baru.

Misalnya, lupa mengatur moderasi komentar. Sehingga banyak sekali komentar spam yang masuk. Atau halaman depan website menampilkan seluruh teks untuk setiap artikel.

Ini sudah pasti buruk dimata pengunjung dan search engine (seperti google).

Bahkan yang paling parah menggunakan permalink default yang cenderung tidak cocok untuk blog / website bisnis.

Sementara defaultnya, WordPress tidak mengatur setting-setting ini. Melainkan Anda harus menyesuaikannya sendiri.

Jadi, tips khusus moderasi komentar, pengguna, peralatan dan pengaturan dasar sudah Saya bahas dalam SUB-BAB Kombinasi Setting Dasar WordPress Terbaik.

Pintasan Panduan Belajar Menggunakan WordPress

SUB-BAB Sebelumnya: Optimasi Permalink.

  1. Cara Menggunakan WordPress: (Anda Disini).
  2. Post vs Page: Di WordPress, Post dan Page (halaman) itu jenis konten yang berbeda. Jadi jangan sampai salah. Pahami perbedaan dan kegunaannya.
  3. Membuat Post: Cara membuat postingan di website WordPress.
  4. Membuat Page: Tahap-tahap membuat halaman statis seperti privacy policy, kontak, terms dll.
  5. Categories & Tag: Membuat dan mengelola Kategori dan Tag di WordPress + Praktik terbaik dalam menggunakan kategori dan tag.
  6. Video dalam Post: Praktik terbaik menambahkan video dalam postingan WordPress.
  7. Link 1 Halaman: Membuat link 1 halaman (link ke bagian tertentu dalam halaman yang sama).
  8. Internal Link: Mengenal internal link, manfaatnya, serta cara membuatnya.
  9. External Link: Mengenal eksternal link, cara manfaatnya, serta cara membuatnya.

SUB-BAB Berikutnya: Mengganti Theme.

Apakah Panduan ini Membantu Menyelesaikan Permasalahan Anda ?

Rolan Mardani

Traktir Saya secangkir kopi supaya kuat begadang untuk membuat konten-konten Panduan yang berkualitas dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Bantu Orang Lain... Share Panduan ini:

Yakin Ga Mau Komen ?