Anda disini: M Jurnal » WordPress » Cara Membuat Link Download di WordPress + Alternatif Terbaik

Cara Membuat Link Download di WordPress + Alternatif Terbaik

Selain membuat link menuju ke artikel lainnya, Anda juga bisa membuat link download file di WordPress (baik menggunakan teks, gambar, maupun button).

Link download bisa mempermudah pengunjung untuk mendapatkan salinan dari sebuah file penting, seperti PDF Invoice, Tutorial belajar WordPress, hingga file-file Excel dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, ada banyak cara membuat link download file di WordPress. Anda bisa menggunakan cara manual, bantuan plugin hingga menggunakan layanan cloud storage gratis sekalipun.

Jadi, mari kita mulai dahulu dari cara yang pertama:

Berikut cara membuat link download file di WordPress:

  1. Upload File yang bisa di download ke Media Library WordPress. Caranya, klik menu Media > Add New > Select Files. Kemudian cari dan upload file Anda.
    Upload file download ke media library WordPress
  2. Setelah proses upload file selesai, silahkan salin link file dengan cara klik copy URL to clipboard. Link ini sudah bisa digunakan untuk mengunduh file tersebut.
    Copy URL FIle
    Cukup paste link ke address bar browser, maka secara otomatis akan mendownload file. Tapi… jauh lebih baik menyisipkan link download ke dalam post / page / sidebar. Caranya, silahkan lanjut ke tahap 3.
  3. Buat baru atau edit post / page WordPress yang akan disisipkan link Download file.
    Cara membuat halaman baru di WordPress
  4. Ketik kata pengantar dan anchor text. Kemudian blok anchor text yang akan disisipkan link download.
    Buat Anchor text untuk link download
  5. Klik icon insert link (seperti rantai) pada top toolbar. Kemudian Paste Link pada form input URL dan tekan enter untuk melanjutkan.
    paste link file yang bisa di download
  6. Publikasikan post dan uji coba link download Anda.
    Uji coba link download
    Setelah klik link, secara otomatis browser akan mendownload file tersebut.

Bagaimana, mudah bukan ?

Penting! Jika ukuran file terlalu besar atau Anda ingin fitur download yang lebih kompleks, coba gunakan cara alternatif.

Percantik Link Download Menggunakan Button

Selain menggunakan anchor teks, Anda juga bisa menyisipkan link download ke dalam button (tombol). Caranya cukup mudah. Silahkan tambahkan blok button pada editor gutenberg seperti gambar berikut:

Tambahkan blok Button di Gutenberg

Silahkan ubah Teks Tombol, misalnya “Download”. Kemudian klik area tombol dan klik icon insert link dalam top toolbar. Silahkan paste link download dan tekan enter.

Ubah Teks Tombol dan tambahkan link Download

Anda juga bisa menyesuaikan desain tombol download dengan cara klik icon pengaturan > blok. Ada banyak setting yang bisa disesuaikan mulai dari gaya, typografi, warna dll. Silahkan setting sesuai selera Anda.

Namun, untuk membuat tombol rata tengah, silahkan klik area kosong disamping tombol. Kemudian klik icon align item dan ubah jadi rata tengah seperti berikut:

Ubah desain button

Selesai…

Alternatif Membuat Link Download di WordPress Dengan Fitur Khusus

Cara pertama diatas memang mudah diterapkan namun tidak selalu cocok untuk kebutuhan tertentu. Tak jarang beberapa pemilik website WordPress membutuhkan fitur download yang lebih kompleks, seperti:

  • Ingin membagikan file besar tapi disk space hosting terbatas.
  • Membuat link download untuk berbagai jenis file.
  • Mengizinkan download hanya untuk member premium.

Ketiga tujuan rumit ini cukup sering menjadi kendala pemilik website WordPress. Oleh karena itu, mari kita cari tahu solusi terbaik dari kondisi tersebut.

diskon-hosting

#1 Jika Ukuran File Terlalu Besar

Terlepas dari bagaimana cara Anda membagikan file download (gratis maupun berbayar), perlu Anda ketahui bahwa setiap file yang Anda upload ke media library WordPress akan menggunakan disk space hosting. Tentu saja file besar beresiko menggunakan banyak disk space.

Jika disk space hosting Anda kecil, lebih baik gunakan cloud storage seperti Goolge Drive atau OneDrive dll. Cloud storage gratis ini akan membantu menghemat disk space hosting Anda hingga beberapa gigabyte.

Namun jika disk space hosting Anda besar dan Anda ingin menggunakan hosting sendiri sebagai tempat penyimpanan, lebih baik upload file melalui panel hosting (biasanya cPanel / Plesk Panel).

Kenapa ?

Karena secara default WordPress membatasi ukuran upload file maksimal: biasanya 1-2MB. Anda bisa melihatnya ketika ingin mengupload file seperti berikut:

Ukuran maksimal upload file WordPress

Jika Anda tidak ingin mengupload file melalui cPanel, Anda juga bisa meningkatkan setting max upload size agar bisa mengupload file besar melalui dashboard Admin WordPress.

Untuk membuat sebuah link download, Anda harus mengetahui bahwa WordPress akan membuat URL unik (khusus) untuk setiap file yang di upload ke Media Library.

Jika browser bisa membuka file tersebut, maka browser tidak akan mendownload file. Sebaliknya, jika browser tidak bisa membukanya, maka file tersebut akan di download ke komputer pengguna.

Misalnya seperti gambar dan video. Browser pada umumnya bisa membuka jenis file ini. Jika Anda membuat link download menggunakan cara pertama diatas, maka browser akan membukanya dan tidak mendownloadnya.

Jadi jika Anda ingin membuat link download dari file-file yang bisa dibuka browser, lebih baik gunakan bantuan plugin seperti WordPress Download Manager.

Ada banyak fitur yang tersedia sangat banyak sekali. Dan tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola file-file unduhan.

Saya pikir ini tujuan yang lebih rumit dan tentunya tidak bisa menggunakan beberapa cara sebelumnya. Jadi Anda membutuhkan plugin dengan fitur yang lebih lengkap.

Dalam beberapa keadaan, Anda bisa menggunakan plugin WooCommerce untuk mengelola file unduhan. Plugin ini bisa membatasi unduhan, sehingga hanya pengguna yang sudah membayar saja yang bisa mendapatkan link download khusus.

Namun, WooCommerce merupakan plugin besar dan cenderung berat.

Jika Anda hanya ingin menggunakan beberapa fitur saja, coba pertimbangkan plugin Easy Digital Downloads atau WordPress Download Manager.

Plugin ini jauh lebih kecil dan ramping. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan plugin ini untuk membatasi unduhan khusus member premium saja.

Pintasan Panduan Belajar Menggunakan WordPress

SUB-BAB Sebelumnya: Optimasi Permalink.

  1. Cara Menggunakan WordPress: Cara menggunakan semua fitur dan menu yang ada dalam dashboard Admin WordPress.
  2. Post vs Page: Di WordPress, Post dan Page (halaman) itu jenis konten yang berbeda. Jadi jangan sampai salah. Pahami perbedaan dan kegunaannya.
  3. Membuat Post: Cara membuat postingan di website WordPress terbaru (gutenberg).
  4. Membuat Page: Cara membuat halaman (page) baru di WordPress.
  5. Categories: Mengenal dan cara membuat kategori dan sub kategori WordPress.
  6. Tag: Mengenal manfaat tag dan cara membuat tag di WordPress.
  7. Menambahkan Gambar: Cara upload dan mengelola gambar di WordPress (tahap demi tahap lengkap).
  8. Menambahkan Video: Cara menambahkan video di dalam post dan page WordPress, Embed Video YouTube dan Hubungan Video dengan SEO website.
  9. Link Teks: Membuat link dari sebuah teks dalam post, page dan widget.
  10. Link Gambar: Membuat link dari sebuah gambar.
  11. Download Link: (Anda Disini).
  12. Link Satu Halaman: Membuat link 1 halaman (link ke bagian tertentu dalam halaman yang sama).

SUB-BAB Berikutnya: Mengganti Theme.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.