6 Cara Cek RAM Laptop / PC Windows Tercepat

  • by
  • PC
Cara Tercepat Cek RAM Laptop / PC

Akhirnya Tekno Insight sudah selesai merangkum 6 Cara Cek RAM Laptop / PC Windows Tercepat ini. Ya.. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Random Acces Memory (RAM) ini.

Sebagai salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah perangkat teknologi seperti PC / Mobile, RAM menjadi sebuah ukuran seberapa cepat kinerja komputer / laptop tersebut.

Ditambah lagi, saat ini jika Kamu mengikuti seleksi (test) online dari suatu lembaga, tak jarang mereka mensyaratkan minimum ukuran (size) RAM. Bahkan, untuk bermain game online berkualitas tinggi pun membutuhkan RAM yang cukup.

Pada konten kali ini, Tekno Insight akan membahas tentang cara cek Ukuran, Kapasitas dan Tipe RAM Laptop / Komputer / PC. Silahkan simak baik-baik yaa….

Sebagai sebuah perangkat keras (hardware), RAM terdapat pada motherboard (didalam komputer). Meskipun berada di dalam, Kamu tetap bisa cek ukuran, kapasitas maupun tipenya dari luar.

Ada 5 cara tercepat cek ukuran RAM Laptop seperti berikut:

#1 Melalui Windows Setting

Jika Laptop Kamu menggunakan Windows 7, 8 ataupun 10, silahkan buka Windows setting untuk cek RAM dengan cara berikut:

Cara Tercepat Cek Ukuran RAM Laptop / Komputer
  1. Klik Kanan Pada Start Menu
  2. Klik Setting
  3. Pada Windows Settings, klik System.
  4. Klik About. Kemudian Kamu akan melihat Spesifikasi Laptop seperti gambar berikut:
Cara melhat ukuran RAM Laptop

Lihat Installed RAM (terkadang dengan istilah lain). Disini jelas terlihat Ukuran (size) RAM Laptop Tekno Insight sebesar 6.00 GB.

Selain 4 tahap di atas, Kamu juga bisa membuka Windows Setting System – About dengan cepat. Caranya tekan tombol Windows dan Pause Break pada keyboard secara bersamaan.

#2 Melalui Dxdiag Tools

Dxdiag Tools atau DirectX Diagnostic Tools juga bisa Kamu gunakan untuk melihat ukuran RAM. Caranya cukup mudah, seperti tahap-tahap berikut:

Cara Cek Ukuran RAM dengan dxdiag tools Laptop
  1. Tekan tombol Windows dan R pada Keywboard secara bersamaan.
  2. Muncul Window Run, silahkan ketik dxdiag
  3. Klik Ok untuk melanjutkan.
Cara melihat ukuran RAM Laptop

Pada Tab System, Kamu akan melihat System Information. Disana tertera Memory: 6144MB RAM, artinya, ukuran RAM laptop Tekno Insight sebesar 6144MB atau setara dengan 6GB.

Note: Beberapa komputer / laptop mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuka Window DirectX Diagnostic Tool.

#3 Menggunakan Aplikasi Speccy

Jika Kamu hobi mengutak ngatik komputer atau hobi untuk mempelajari tentang komputer, cek ukuran RAM menggunakan Aplikasi Speccy menjadi salah satu alternatif terbaik.

Cek RAM dengan Aplikasi Speccy

Aplikasi Speccy tidak hanya berguna untuk melihat ukuran RAM saja. Tapi Kamu juga bisa melihat detail informasi lainnya terkait System yang digunakan.

Selain itu, Aplikasi ini juga berguna untuk mendeteksi apakah RAM yang Kamu gunakan masih bagus atau tidak. Jika ternyata RAM yang Kamu gunakan sudah rusak, Aplikasi ini tidak akan bisa mendeteksi RAM tersebut.

Untuk cara cek ukuran RAM Laptop menggunakan Aplikasi Speccy, Kamu perlu menginstal Aplikasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian buka Aplikasi tersebut.

Speccy akan menunjukkan Informasi detail tentang perangkat yang kamu gunakan termasuk RAM.

#4 Cek Dari Stiker

Sebagian Komputer / PC / Laptop akan menyertakan Ukuran RAM yang digunakan pada Stiker di bagian luar casing. Tapi, tidak semua perangkat menyertakan informasi tersebut.

Cek RAM dari Stiker casing

Stiker informasi ukuran RAM pada Laptop biasanya terdapat pada bagian atas (dekat keyboard) atau di bagian bawah laptop.

#5 Cek RAM dari Kemasan (Kardus)

Mungkin saja stiker informasi RAM tidak tersedia di casing laptop Kamu. Jika begitu, Kamu bisa melihat informasi Ukuran RAM pada Kemasan (kardus).

Namun, cara ini akan efektif jika Kamu ingin melihat Ukuran RAM pada Laptop baru (masih tersegel). Karena jika Kamu melihat pada Laptop second, ada kemungkinan RAM laptop tersebut sudah diganti dengan yang lain.

Namun jika Kamu benar-benar membeli Laptop beru, Kamu bisa melihat kardus kemasan untuk melihat informasi tentang Ukuran RAM Laptop dengan cepat.

#6 Cek RAM Untuk Laptop Rusak

Jika Laptop Kamu Rusak / tidak bisa hidup dan tidak tersedia kardus kemasan ataupun stiker informasi RAM di luar casing, Kamu masih bisa cek ukuran RAM dengan cara melihat langsung fisik RAM.

Cek RAM untuk Laptop Rusak

Cara ini mengharuskan Kamu untuk membuka Casing laptop kemudian lihat fisik RAM yang menempel pada Motherboard. Pada Fisik RAM, akan tersedia informasi Ukuran serta jenis RAM tersebut.

Tapii… cara ini akan lebih efektif jika kamu sudah terbiasa bongkar pasang casing laptop. Jika belum terbiasa, ada baiknya Kamu meminta bantuan teman yang ahli atau datang ke service komputer.

Ketika Kamu menggunakan Laptop, RAM secara otomatis akan terpakai. Semakin banyak aplikasi yang Kamu gunakan, maka semakin besar penggunaan RAM.

Tak jarang juga penggunaan aplikasi yang berlebihan akan membuat laptop Kamu menjadi lelet. Terlebih lagi jika Kamu menggunakan aplikasi-aplikasi besar yang membutuhkan penggunaan RAM tinggi seperti Aplikasi Editing Video (salah satunya).

Berikut cara cek kapasitas RAM Laptop yang terpakai dan tersisa:

Cek Kapasitas RAM yang terpakai dan tersisa
  1. Klik Kanan pada Task Bar
  2. Klik Task Manager
  3. Muncul Window Task Manager.
  4. Klik More Details. Berikut hasilnya:

Kamu juga bisa membuka Window Task Manager dengan cepat. Caranya tekan tombol CTRL, SHIFT, dan ESC pada Keyboard secara bersamaan.

Cek Kapasitas RAM Terpakai dan Tersisa

Gambar di atas adalah list aplikasi yang sedang berjalan saat ini yang diurutkan berdasarkan penggunaan RAM terbesar.

Kamu bisa lihat, Google Chrome menggunakan RAM terbesar saat ini. Jika Kamu merasa aplikasi tersebut tidak penting dan tidak ingin menggunakannya, silahkan klik kanan aplikasi tersebut kemudian klik End Task.

*Konten Terkait: Yakin itu Toko Online Terpercaya ? Lihat 10 Ciri-Cirinya…

Sementara itu, untuk melihat Kapasitas RAM yang terpakai dan tersisa, silahkan Klik Tab Performance dan pilih Memory pada Window Task Manager seperti gambar berikut:

Cek kapasitas RAM terpakai dan tersisa

Dibagian ini tertera history pemakaian RAM laptop Kamu. Semakin besar kebutuhan Aplikasi, maka semakin besar penggunaan RAM nya.

Dari gambar terlihat, dari total 6GB RAM laptop Tekno Insight sudah terpakai 4.1GB dan tersisa kurang lebih 1.8GB.

Demikianlah ulasan Tekno Ingisht tentang Cara Tercepat Cek RAM Laptop. Kamu bisa memilih salah satu dari 6 cara di atas sesuai kebutuhan.

Silahkan Coret-Coret Kolom Komentar: