Rumus Perkalian Excel, Tanda (*) dan Fungsi PRODUCT

Jangan gunakan tanda / huruf x dalam rumus untuk menyelesaikan perkalian pada Excel. Karena Excel tidak menganggap huruf x sebagai perintah untuk mengali data.

Untuk menyelesaikan perkalian pada Excel, Anda bisa menggunakan rumus / fungsi PRODUCT atau bisa juga menggunakan tanda bintang ( * ) seperti ini =10*20.

Mana lebih bagus menggunakan fungsi PRODUCT atau tanda bintang ? Ini tergantung data yang Anda miliki. Dalam suatu kondisi, fungsi PRODUCT dapat lebih efektif daripada tanda bintang. Begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, Saya akan berikan contoh-contoh cara perkalian menggunakan tanda bintang maupun fungsi PRODUCT.

Sebagai bahan latihan kali ini, Silahkan download atau gunakan file Excel Online berikut:

Note:
1. Silahkan klik Icon Full Screen Pada Sudut Kanan Bawah File Excel Online berikut untuk menggunakan fitur Excel Online.
2. Klik Icon Download (gambar selembar kertas dengan tanda panah kebawah) pada baris sudut kanan bawah File Excel Online berikut untuk download file.
3. Jika Link Download atau Excel Online Error, silahkan beritahu Saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Rumus Perkalian Manual Pada Excel

Sama seperti rumus pengurangan pada panduan sebelumnya, Anda juga bisa melakukan perkalian manual. Maksud dari manual ini adalah data yang akan Anda kalikan diketik manual (tidak terdapat pada file Excel).

Sebagai contoh, silahkan buka Sheet Tanda Bintang pada Excel Online di atas. Saya ingin mengalikan data berikut 10 x 20 x 2. Hasilnya akan Saya tampilkan pada Cell A1.

Silahkan ketik rumus perkalian berikut pada Cell A1 =10*20*2 kemudian tekan enter. Excel memberikan hasil 400 seperti gambar berikut:

Rumus Perkalian Antar Cell Excel

Note: Tanda bintang ( * ) bisa Anda temukan pada angka 8 di keyboard. Untuk mengetik tanda bintang, silahkan tekan tombol Shift dan angka 8 secara bersamaan.

Rumus Perkalian Antar Cell Excel

Ga beda jauh dengan Rumus pengurangan, rumus perkalian juga bisa menghitung perkalian antar Cell.

Masih pada sheet yang sama ( Tanda Bintang ), lihat kolom C. Terdapat 4 buah data pada baris 1, 2, 3, dan 4. Saya ingin mengalikan data tersebut dengan cara berikut: C1 x C2 x C3 – C4

Ingat! C1, C2 dan C3 adalah perkalian, sementara C4 adalah pengurangan. Seperti yang sudah Saya bahas pada SUB-BAB Rumus VS Fungsi bagian Rumus Prioritas, metode perhitungan pada Excel mengikuti matematika yaitu mendahulukan perkalian ketimbang pengurangan.

Oleh karene itu untuk menyelesaikan kasus ini, Anda bisa mengetikkan rumus berikut pada Cell C5: =C1*C2*C3-C4 sehingga Excel akan memberikan hasil seperti gambar berikut:

Cara Rumus Perkalian di Excel Lengkap Menggunakan tanda bintang ( * )

Excel memberikan hasil 200 yaitu hasil dari 10*20*2-200 = 400-200 = 200.

Perkalian Dengan Fungsi PRODUCT

Kurang lebih cara kerja fungsi PRODUCT sama dengan fungsi SUM. Jika Fungsi SUM menjumlahkan semua data yang terdapat pada argument rumus, maka Fungsi PRODUCT akan mengalikan semua data.

Secara default, penulisan Fungsi PRODUCT seperti berikut:

Tulis Rumus / Fungsi:
=
PRODUCT(number1,[number2], )

Artinya:
Hitung Perkalian
dari number1 dan [number2] dan seterusnya

  1. number1, merupakan nilai / cell / range dalam file excel yang sama atau pun berbeda yang akan dihitung perkaliannya. Argument ini wajib Anda isi.
  2. [number2], merupakan nilai / cell / range dalam file excel yang sama atau pun berbeda yang akan dihitung perkaliannya. Argument ini bersifat optional jika Anda memiliki data terpisah.
  3. , merupakan argument optional jika Anda masih memiliki data lainnya yang akan dihitung perkaliannya.

Mungkin penjelasan diatas belum cukup menjelaskan bagaimana cara kerja Fungsi PRODUCT ini. Untuk itu, Saya berikan beberapa contoh kasus berbeda yang dapat Anda pelajari dengan mudah sebagai berikut:

Fungsi PRODUCT untuk 1 Range

Saya seperti kebanyakan fungsi Excel, Fungsi PRODUCT juga dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan perkalian data dalam 1 range sekaligus.

Note: Jika Anda belum tahu apa itu Range, silahkan kunjungi Panduan Range, Cell, Column dan Row M Jurnal.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheet FUNGSI PRODUCT pada Excel Online yang Saya berikan sebelumnya.

Saya ingin menghitung perkalian pada Range C1:C10. Hasilnya akan Saya tampilkan pada Cell C11. Untuk contoh ini, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fungsi PRODUCT untuk Rumus Perkalian Excel
  1. Pertama, klik Cell C11 kemudian masukkan Fungsi PRODUCT seperti berikut: =PRODUCT(
  2. Kedua, blok Range data C1:C10 sehingga Fungsi menjadi =PRODUCT(C1:C10
  3. Ketiga, ketik tanda tutup kurung kemudian tekan enter. Berikut hasilnya:
Fungsi PRODUK untuk mengalikan data

Anda bisa lihat, Excel memberikan hasil 3.628.800 yaitu hasil dari 8 x 1 x 10 x 7 x 4 x 9 x 3 x 6 x 5 x 2. Sedikit Saya jelaskan makna dari Fungsi PRODUCT tersebut:

Tulis Rumus / Fungsi:
=
PRODUCT(C1:C10)

Artinya:
Hitung Perkalian
dari Cell C1 Sampai Cell C10

Note: Rumus ini hanya menggunakan 1 argument yaitu number1. Seperti yang telah Saya jelaskan sebelumnya, Fungsi PRODUCT bisa di isi dengan banyak argument misalnya seperti contoh berikut:

Fungsi PRODUCT 2 Range atau Lebih

Masih pada Sheet yang sama (FUNGSI PRODUCT), Saya ingin menghitung perkalian data dari Range C1:C10, Range E1:E5, Cell F1, dan mengalinya dengan 20.

Jika Anda menggunakan tanda bintang, tentu rumus perkalian menjadi seperti berikut: =C1*C2*C3*C4*C5*C6*C7*C8*C9*C10*E1*E2*E3*E4*E5*F1*20 tentu sangat panjang kan ?

Nah dengan fungsi PRODUCT, rumus perkalian itu bisa Anda persingkat. Caranya perhatikan langkah-langkah berikut:

Fungsi PRODUCT untuk Rumus Perkalian di Excel Lengkap
  1. Pertama, ketik Fungsi PRODUCT pada Cell E8 (sebagai output perhitungan) seperti cara sebelumnya: =PRODUCT(
  2. Kedua, blok Range data pertama C1:C10
  3. Ketiga, ketik operator pemisah rumus yaitu tanda koma (,) atau titik koma (;). Sesuaikan dengan format regional komputer Anda. Komputer Saya menggunakan tanda koma. Sehingga Fungsi menjadi =PRODUCT(C1:C10,
    Jika Anda belum tahu apa itu operator pemisah rumus, silahkan kunjungi Panduan Union & Intersect
  4. Keempat, blok Range data kedua E1:E5 kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; ).
  5. Kelima, klik cell F1 sehingga Fungsi menjadi =PRODUCT(C1:C10,E1:E5,F1
  6. Keenam, ketik tanda bintang * dan angka 20 karena data angka 20 tidak terdapat pada file Excel ini. Sehingga rumus menjadi =PRODUCT(C1:C10,E1:E5,F1*20
  7. Terakhir, ketik tanda tutup kurung ) kemudian tekan Enter. Berikut hasilnya:
Cara menggunakan Fungsi PRODUCT untuk mengalikan data

Excel mengalikan semua angka secara berurutan dari cell C1, C2, C3 dan seterusnya kemudian memberikan hasil 34.836.480.000. Sedikit Saya jelaskan tentang Fungsi tersebut:

Tulis Rumus / Fungsi:
=
PRODUCT(C1:C10,E1:E5,F1*20)

Artinya:
Hitung Perkalian
nilai pada Cell C1 Sampai C10 dan Cell E1 sapai E5 dan Cell F1 dan 20

Bukan hanya sampai disini, Saya masih punya contoh menarik lainnya seperti menggunakan nilai absolute berikut:

Rumus Perkalian + Absolute Reference

Seperti Panduan Rumus Kurang yang udah Saya bahas sebelumnya, nilai Absolute atau Referensi Absolute berguna untuk mengunci referensi data pada argument rumus. Absolute Reference dilambangkan dengan icon dollar $.

Jika Anda pernah melihat rumus / fungsi Excel yang terdapat icon dollar seperti berikut =$A$1*(B1-C1). Rumus ini menggunakan reference absolut.

Semua tentang Absolute Reference bisa Anda pelajari di Panduan Cell Reference Excel M Jurnal. Atau kunjungi Panduan Rumus Kurang Excel (lihat pintasan panduan di akhir artikel ini).

Lanjut, untuk contoh rumus perkalian + absolute reference ini, silahkan buka Sheet Absolute pada File Excel Online sebelumnya.

Saya ingin mengalikan setiap cell pada range A1:A10 dengan cell A12. Sehingga setiap cell akan dikali seperti berikut: A1 x A12, A2 x A12, A3 x A12 dan seterusnya. Hasilnya akan Saya tampilkan pada Cell B1 sampai B10

Anda tidak perlu repot-repot memasukkan rumus ke semua cell, cukup masukkan 1 rumus pada Cell B1 saja. Ketik rumus seperti berikut:

Rumus Perkalian Excel tidak berubah ketika di copy paste atau autofill
  1. Pertama, ketik tanda sama dengan pada Cell B1
  2. Kedua, klik Cell A1 kemudian ketik tanda bintang *
  3. Ketiga, klik Cell A12 kemudian tekan tombol F4 pada keyboard sebanyak 2 kali sehingga lambang dollar tersisip antara nama kolom dan row seperti berikut: A$12. Kemudian tekan enter hasil perkalian untuk Cell B1 sudah Anda dapatkan.
  4. Terakhir, lakukan Autofill Excel atau Copy-Paste Rumus pada Cell B1 ke cell B2 sampai B10. Hasilnya akan sama persis gambar berikut:
Autofill dengan Absolute Reference

Silahkan cek cell B2 sampai B10. Perubahaan rumus hanya terjadi pada referensi kolom A yaitu =A1*A$12 menjadi =A2*A$12, menjadi =A3*A$12 dan seterusnya.

Sesuai kebutuhan bukan ? Ada lagi nih, Trik Perkalian pada Excel tanpa menggunakan Rumus. Anda bisa menggunakan Paste Special seperti contoh berikut:

Rumus Perkalian Dengan Paste Special

Contoh ini juga sudah Saya jelaskan pada Panduan rumus kurang Excel. Tapi kali ini Saya coba jelaskan kembali dengan menggunakan perkalian.

Silahkan buka Sheet Paste Special pada Excel Online yang sudah Saya berikan. Saya memiliki data pada Cell A2 sampai cell A11. Masing-masing cell akan Saya kali dengan Angka pada Cell C2. Kemudian hasilnya akan langsung Saya timpa ke Cell A2 sampai Cell A11.

Sebetulnya ini trik sederhana untuk mengubah Angka yang udah ada dengan perkalian. Caranya, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Perkalian Excel tanpa Rumus tapi menggunakan Copy - Paste Special - Trik Excel
  1. Pertama, klik kanan pada Cell C2 kemudian pilih Copy. Atau Anda juga bisa menekan Tombol CTRL dan C pada keyboard secara bersamaan.
  2. Kedua, blok range data awal yaitu A2:A11 Kemudian klik kanan range tersebut dan pilih paste special
  3. Ketiga, pada Window Paste Special, lihat bagian Operation. Kemudian pilih Multiply dan klik Ok. Berikut hasilnya:
Copy Paste Special

Tentu Anda sudah bisa lihat, Excel mengalikan data awal pada Range A2:A11 dengan data pada Cell C2. Hasilnya langsung menimpa Range data Awal.

Lalu apa cuma sampai disini panduan ini ? Tentu Tidak. Silahkan gunakan pintasan panduan Rumus VS Fungsi Excel berikut untuk mempelajari dasar-dasar Rumus dan Fungsi Excel.

Atau, Anda bisa mengunjungi Pusat Panduan Excel untuk mempelajari Semua BAB Panduan Microsoft Excel. Good Luck, jika ada pertanyaan, silahkan coret-coret kolom komentar 🙂

Pintasan Panduan Rumus VS Fungsi Excel

  1. Rumus VS Fungsi: Perbedaan rumus dan fungsi serta contoh-contoh rumus (seperti perkalian, pembagian, pangkat dll)
  2. Subtract: Rumus Pengurangan pada Excel
  3. Multiply: (Anda Disini)
  4. Divide: Rumus Pembagian pada Excel
  5. Square Root: Rumus Pangkat pada Excel
  6. Percentage: Rumus Persentase pada Excel
  7. Named Range: Cara membuat Range bernama agar rumus lebih mudah di pahami
  8. Dynamic Named Range: Range bernama dinamis dapat meluas secara otomatis ketika Anda menambahkan Cell baru dalam Named Range.
  9. Paste Options: Beberapa pilihan Paste (berguna jika Anda menyalin cell yang menggunakan rumus)
  10. Not Equal To: Contoh menggunakan rumus “Tidak sama dengan <>”.
  11. Cm to Inches: Cara mengubah satuan centimeter ke inchi
  12. Discount: Rumus menghitung persentase diskon, harga diskon, dan harga asli di Excel.

R_Mardani

"Write based on Experience"

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)