Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » Rumus OR Excel Untuk Uji Logika Lengkap

Rumus OR Excel Untuk Uji Logika Lengkap

Pernahkan Anda mendengar Rumus OR pada Excel ? Rumus OR termasuk kedalam Kategori Fungsi Logika pada Excel. Kegunaan Rumus OR hampir sama dengan Rumus IF. Anda bisa menguji logika dengan kriteria tertentu.

Misalnya, Anda ingin menguji apakah Cell A1 memiliki nilai > 70 dan Cell B2 memiliki nilai < 60. Namun secara default, Excel akan memberikan hasil True jika minimal salah satu kriteria terpenuhi dan False jika tidak ada satupun kriteria yang terpenuhi.

Pada panduan kali ini, Anda akan belajar cara menggunakan Fungsi OR lengkap baik dalam 1 sheet yang sama, sheet berbeda, maupun gabungan Fungsi OR dan IF dll..

Silahkan download atau gunakan Excel Online berikut sebagai bahan latihan kali ini.

Rumus OR Excel Dalam 1 Sheets

Silahkan buka Sheet Dalam 1 Sheet pada Excel Online. Saya akan mencari tahu apakah Kolom “Nilai 1” memiliki nilai >=70 atau kolom “Nilai 2” memiliki nilai = 100. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara menggunakan Rumus OR Excel Dalam 1 Sheets
  1. Pertama, ketik Rumus OR pada Cell D2 yaitu =OR(
  2. Kedua, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria pertama yaitu >=70
  3. Ketiga, Ketik tanda pemisah rumus. Tergantung pengaturan komputer Anda. Saya menggunakan tanda koma (,). Anda bisa menggunakan tanda titik koma (;) jika tidak bisa menggunakan koma.
  4. Keempat, klik Cell C2 kemudian masukkan kriteria kedua yaitu =100
  5. Terakhir, tutup rumus dengan tanda tutup kurung ). Berikut hasilnya:

Penting! Jika Anda belum paham cara menggunakan Operator Perbandingan Rumus (=, >, <, >=, <=, <>) silahkan kembali ke SUB-BAB Comparison Operators. Lihat Pintasan Panduan pada akhir halaman ini.

Cara menggunakan Rumus OR Excel Dalam 1 Sheets

Saya jelaskan tentang Rumus yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR:
=OR(B2>=70,C2=100)

Artinya:
Isi TRUE Jika Minimal Salah Satu Nilai pada sel B2>=70 dan Nilai pada sel C2=100 Selain dari itu False

Untuk menghitung nilai lainnya (untuk nama Rolan, Ade, Putri dan Masayu) silahkan gunakan Fitur AutoFill untuk menghitung secara otomatis pada Excel.

Dari hasil tersebut Anda sudah dapat mengetahui bahwa Nilai 1 pada Dedek >70, sementera Nilai 2 tidak sama dengan 100. Maka Excel memberikan hasil TRUE.

Sementara Nilai 1 Putri < 70, tetapi Nilai 2 = 100. Satu kriteria terpenuhi, maka Excel memberikan hasil TRUE.

Untuk Masayu, semua kriteria terpenuhi yaitu Nilai 1 > 70 dan Nilai 2 = 100. Sementera Nilai 1 dan 2 dari Rolan dan Ade tidak ada yang memenuhi kriteria, Maka Excel memberikan hasil FALSE.

Rumus OR Dalam 1 Range

Sebelumnya kita menggunakan Rumus OR untuk setiap cell. Yaitu menguji apakah Cell B2 memiliki nilai lebih dari 70. Sedangkan pada contoh ini, Anda akan belajar cara menggunakan Fungsi OR dalam 1 Range data.

Penting! Jika Anda belum tahu apa itu Range, Silahkan Kunjungi Panduan Range, Cell, Row, dan Column M Jurnal.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheets Dalam 1 Range. Saya memiliki data angka acak pada Range A1:E5. Tujuan Saya ingin mengetahui apakah terdapat nilai lebih dari atau sama dengan (>=) 90 pada Range data tersebut. Untuk itu, silahkan gunakan tahap-tahap berikut:

Cara menggunakan Rumus OR Excel untuk 1 Range
  1. Pertama, ketik Fungsi OR pada Cell G2 yaitu =OR(
  2. Kedua, blok Range data dari A1 sampai dengan E5 sehingga Rumus tertulis menjadi =OR(A1:E5
  3. Ketiga, masukkan kriteria yaitu >=90 kemudian ketik tutup kurung )
  4. Terakhir, tekan tombol Ctrl, Shift dan Enter pada Keyboard secara bersamaan. Berikut hasilnya:
Cara menggunakan Rumus OR Excel untuk 1 Range

Silahkan lihat Formula Bar, Excel secara otomatis menyisipkan Kurung Kurawal {} sebelum dan sesudah rumu. Saya jelaskan tentang rumus yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR:
{=OR(A1:E5>=90}

Artinya:
Isi TRUE Jika Minimal Salah Satu Nilai pada Range A1 Sampai E5 Lebih Besar atau Sama Dengan 90 Selain dari itu False

Note: Anda tidak perlu ketik kurung kurawal {} secara manual. Biarkan Excel melakukannya secara otomatis.

Dari hasil tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa terdapat nilai lebih dari 90 pada Range data yaitu terdapat pada Cell E3 sebesar 99 dan E5 sebesar 100.

Rumus OR Excel Dalam Sheet Berbeda

Untuk menggunakan Rumus OR dalam 2 atau lebih sheet berbeda, silahkan gunakan Sheet “Sheet Berbeda (1)” dan “Sheet Berbeda (2)” pada Excel Online.

Sheet Berbeda (1) berisi data hasil ujian MID mahasiswa. Sedangkan Sheet Berbeda (2) berisi data hasil ujian UAS. Untuk lulus semester ini, mahasiswa harus memiliki nilai MID minimal 60 atau Nilai UAS 100. Jika minimal salah satu kriteria terpenuhi, maka Excel memberikan hasil TRUE.

Berhubung table terdapat pada 2 sheet berbeda, maka silahkan gunakan tahap-tahap berikut untuk menggunakan Rumus OR pada Sheet berbeda:

Cara menggunakan Rumus OR Excel Untuk Beda Sheets
  1. Pertama, ketik Rumus OR pada Cell E2 yaitu =OR(
  2. Kedua, klik Cell B2 pada Sheet Berbeda (1). Kemudian masukkan kriteria pertama yaitu >=60
  3. Ketiga, ketik tanda pemisah rumus (saya menggunakan tanda koma)
  4. Keempat, klik Sheet Berbeda (2), kemudian klik Cell B2. Excel akan menampilkan nama Sheet Berbeda (2) pada rumus OR
  5. Kelima, masukan kriteria kedua yaitu =100. Kemudian tutup kurung dan tekan enter untuk melanjutkan. Berikut hasilnya:
Cara menggunakan Rumus OR Excel Untuk Beda Sheets

Penting! Setidaknya Anda juga harus paham cara menggunakan Rumus untuk data dalam sheet berbeda. Silahkan kunjungi Panduan 3D Reference Excel untuk mempelajari dasar-dasar Rumus Beda Sheet.

Terlihat hanya Rolan yang tidak memenuhi kriteria yaitu nilai MID >=60 atau Nilai UAS = 100. Maka Excel memberikan hasil FALSE. Berikut Saya jelaskan tentang Rumus OR beda sheets.

Kombinasi Rumus OR dan IF

Jika Anda ingin memberikan hasil selain TRUE dan FALSE, silahkan kombinasikan Rumus OR dan IF. Dengan gabungan kedua Fungsi ini, Anda bisa memberikan hasil sesuai keinginan. Silahkan buka Sheet OR + IF pada Excel Online.

Sebagai contoh, Saya menggunakan kriteria yang sama dengan Rumus OR beda Sheet diatas yaitu Nilai MID >= 60 atau Nilai UAS = 100, maka “LULUS”, selain dari itu “GAGAL”. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Gabungan Rumus OR dan IF
  1. Pertama, ketik Rumus IF Cell D2 seperti =IF(. Tanda buka kurung artinya kita akan memulai menggunakan Rumus IF.
  2. Kedua, ketik Rumus OR tanpa diawali sama dengan seperti OR(. Artinya, Rumus OR akan menjadi Logical_Test dari Rumus IF. Jika Anda belum paham kaidah penulisan rumus IF, silahkan kembali ke SUB-BAB IF Function.
  3. Ketiga, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria pertama pada Rumus OR yaitu >=60
  4. Keempat, ketik tanda pemisah rumus (tanda koma atau titik koma)
  5. Kelima, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria kedua rumus OR yaitu =100
  6. Keenam, ketik tanda tutup kurung ). Tujuannya untuk mengakhiri argument rumus OR. Kemudian ketik tanda koma atau titik koma untuk melanjutkan argument rumus IF.
  7. Ketujuh, ketik hasil pengganti TRUE dari rumus OR yaitu “LULUS”. Ketik bersama dengan tanda kutip dua ” ” (seperti gambar)
  8. Terakhir, ketik tanda koma atau titik koma, ketik hasil pengganti FALSE dari rumus OR yaitu “GAGAL”. Kemudian ketik tutup kurung untuk menutup rumus IF. Kemudian enter dan berikut hasilnya:
Gabungan Rumus OR dan IF

Hasilnya sama dengan Rumus OR beda sheet diatas karena kita menggunakan kriteria yang sama. Perbedaan hanya pada TRUE – FALSE dan LULU – GAGAL saja. Berikut saya jelaskan makna Gabungan Rumus IF dan OR tersebut:

Tulis Fungsi / Rumus IF + OR:
=IF(OR(B2>=60,E2=100),“LULUS”,“GAGAL”)

Artinya:
Jika Minimal Salah Satu Dari Nilai sel B2>=60 dan Nilai sel E2=100 Maka LULUS Selain Dari Itu GAGAL)

Kombinasi Rumus OR dan AND

Silahkan buka Sheet OR + AND Excel Online sebagai bahan latihan. Sebagai contoh, Saya ingin mengetahui baris mana saja yang merupakan data Tablet berwarna Hijau atau Biru. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut:

Gabungan Rumus AND dan OR Excel
  1. Pertama, Ketik Rumus AND pada Cell C2 seperti berikut =AND(
  2. Kedua, klik Cell A2 kemudian masukkan kriteria pertama yaitu =”Tablet”.
  3. Ketiga, ketik tanda koma atau titik koma sebagai pemisah rumus. Kemudian ketik Rumus OR seperti OR(. Rumus OR akan menjadi kriteria kedua pada Rumus AND.
  4. Keempat, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria pertama pada Rumus OR yaitu =”Hijau”.
  5. Kelima, ketik tanda koma atau titik koma.
  6. Keenam, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria kedua pada Rumus OR yaitu =”Biru”
  7. Terakhir, ketik tanda tutup kurung 2x untuk menutup buka kurung pada Rumus OR dan AND. Kemudian tekan Enter untuk melanjutkan. Berikut hasilnya:
Gabungan Rumus AND dan OR Excel

Anda bisa lihat hasilnya, Excel akan memberikan hasil TRUE jika Kolom Barang berisi Tablet dan Kolom Warna berisi Hijau ataupun Biru. Berikut saya jelaskan tentang gabungan Rumus AND dan OR tersebut.

Tulis Fungsi / Rumus AND + OR:
=AND(A2=”Tablet”,OR(B2=”Hijau”,B2=”Biru”))

Artinya:
Isi TRUE Jika Nilai sel A2 = Tablet Dan Minimal Salah Satu Dari Nilai sel B2= Hijau atau Nilai sel E2= Biru Selain Dari Itu False

Dalam Rumus AND, kedua kriteria harus terpenuhi maka Excel memberikan hasil TRUE. Coba lihat pada Rumus diatas, kriteria pertama Rumus AND adalah A2 = Tablet. Sementara kriteria kedua adalah Rumus OR.

Kriteria kedua pada Rumus AND akan disaring menggunakan Rumus OR yaitu B2 = Hijau atau B2 = Biru. Karena sifat rumus OR adalah minimal salah satu kriteria terpenuhi. Jika salah satu kriteria pada rumus OR tidak terpenuhi, maka Excel akan memberikan hasil FALSE.

Kombinasi Rumus OR dan WEEKDAY

Anda juga bisa menggunakan Rumus OR untuk mengetahui apakah tanggal pada cell tertentu merupakan akhir pekan atau tidak. Silahkan buka sheet OR + WEEKDAY.

Sebagai contoh, Saya memiliki data tanggal dari 5 Oktober – 12 Oktober 2020. Dari data tersebut Saya ingin tahu hari Sabtu dan Minggu jatuh pada Tanggal berapa saja ? Mari ikuti tahap-tahap berikut:

Gabungan Fungsi OR dan WEEKDAY
  1. Pertama, ketik Rumus OR pada Cell B2 seperti berikut: =OR(
  2. Kedua, ketik Rumus WEEKDAY seperti berikut: WEEKDAY(
  3. Ketiga, klik Cell A2 kemudian tutup kurung.
  4. Keempat, ketik kriteria pertama Rumus OR yaitu =1. Dalam rumus WEEKDAY, hari pertama adalah Minggu. Maka 1 adalah kriteria pertama untuk hari minggu.
  5. Kelima, ketik tanda koma atau titik koma. Kemudian ketik kriteria kedua Rumus OR. Dalam contoh ini kita menggunakan Rumus WEEKDAY. Maka ketik WEEKDAY(
  6. Keenam, klik Cell A2 kemudian tutup kurung.
  7. Terakhir, masukkan kriteria kedua yaitu =7 untuk hari Sabtu. Berikut hasilnya:
Gabungan Fungsi OR dan WEEKDAY

Kita sudah dapat bahwa tanggal 10 Oktober dan 11 Oktober 2020 adalah hari Sabtu dan Minggu. Berikut saya jelaskan tentang gabungan fungsi OR dan WEEKDAY yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR + WEEKDAY:
=OR(WEEKDAY(A2)=1,WEEKDAY(A2)=7)

Artinya:
Isi TRUE Jika Minimal Salah Satu Terpenuhi Dari Sel A2 adalah Minggu Atau Sel A2 adalah Sabtu Selain dari itu FALSE

Fungsi XOR Sebagai Alternative

Dengan Fungsi XOR, Anda bisa melakukan uji logika dengan Satu Syarat / Kriteria terpenuhi. Jika semua kriteria tidak terpenuhi, Excel memberikan hasil False. Jika semua kriteria terpenuhi, Excel juga akan memberikan hasil false.

Langsung masuk ke contoh, silahkan buka Sheet XOR pada Excel Online. Saya akan menguji apakah kolom MID memiliki nilai > 70 atau Kolom UAS memiliki nilai = 100. Ingat! hanya 1 kriteria yang harus terpenuhi untuk mendapatkan hasil TRUE. Perhatikan tahap-tahap berikut:

Cara Menggunakan Fungsi XOR Excel
  1. Pertama, ketik Fungsi XOR pada Cell D2 seperti berikut: =XOR(
  2. Kedua, klik Cell B2 kemudian masukkan kriteria pertama yaitu >70
  3. Ketiga, ketik tanda koma atau titik koma.
  4. Keempat, klik Cell C2 kemudian masukkan kriteria kedua yaitu =100.
  5. Terakhir, tutup kurung rumus dan tekan enter untuk melanjutkan. Berikut hasilnya:
Cara Menggunakan Fungsi XOR Excel

Terlihat, nilai MID Dedek memenuhi kriteria, sedangkan nilai UAS tidak memenuhi kriteria. Maka Excel memberikan hasil TRUE. Begitu juga dengan nilai Putri pada Baris 5.

Sementara semua kriteria tidak terpenuhi pada Nilai MID dan UAS Rolan dan Ade. Terkahir Masayu memenuhi semua kriteria, maka Excel memberikan hasil FALSE. Berikut Saya jelaskan tentang Rumus XOR yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR:
=XOR(B2>=70,C2=100)

Artinya:
Isi TRUE Jika Minimal Salah Satu Nilai pada sel B2>70 dan Nilai pada sel C2=100 Selain dari itu False

Masih banyak hal-hal menarik yang bisa Anda pelajari tentang Excel. Silahkan gunakan pintasan panduan berikut untuk mempelajari semua tentang Fungsi Logical Excel atau Kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari Semua Tentang Microsoft Excel.

Pintasan Panduan Logical Function Excel

  1. Logical: Jenis-jenis Fungsi logika (IF, AND, OR, NOT) dan cara menggunakannya (Level dasar).
  2. Comparison Operators: Operator Pembanding untuk Fungsi Logical (seperti sama dengan “=”, lebih besar dari “>”, lebih kecil dari “<“, tidak sama dengan “<>”, dll).
  3. IF Function: Aturan Penulisan Rumus IF, Cara menggunakannya untuk uji logika (bersyarat). Contohnya Jika A1 > 70, maka B2 = “Lulus”. (IF Tunggal, Bertingkat: Gabungan 2 atau lebih Rumus IF dengan “And” + “Or” Kriteria dll).
  4. IF Bertingkat 3 Kondisi (Atau Lebih): Cara menggunakan rumus IF dengan 3 kondisi (kriteria) + Alternatif Penggunaan Terbaik.
  5. Kombinasi IF + AND: Cara menggabungkan Rumus IF + Rumus AND (Tunggal dan Bertingkat). Dapatkan pemahaman mendalam.
  6. OR: (Anda Disini).
  7. IFs: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan Fungsi ini sama dengan Fungsi IF Bertumpuk.
  8. Contains Specific Text: Bertujuan untuk memeriksa apakah cell berisi teks tertentu.
  9. SWITCH: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan fungsi ini hampir menyerupai fungsi IFs.
  10. IF Cell is Blank: Gabungan Fungsi IF + NOT + ISBLANK untuk cek cell kosong atau tidak. Lalu menggunakan Rumus Perkalian dsb.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.