Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » COUNTBLANK Excel: Rumus Menghitung Banyak Cell Kosong

COUNTBLANK Excel: Rumus Menghitung Banyak Cell Kosong

Rumus COUNTBLANK Excel berguna untuk menghitung berapa banyak cell kosong dari Range data. Meskipun terlihat sebagai kebalikan dari Rumus COUNTA, COUNTBLANK justru memiliki aturan penulisan rumus yang berbeda. Biar lebih jelas, mari kita pelajari lebih dalam.

Aturan Penulisan Rumus COUNTBLANK Excel

Penting! Saya harap Anda sudah memahami perbedaan operator pemisah rumus Excel untuk Format English (tanda koma , ) dan untuk Format Indonesia (tanda titik koma ; ). Jika belum, silahkan pelajari Panduan Format English VS Indonesia. FYI, Software Excel Saya menggunakan Format English (tanda koma , )

Secara default, Rumus COUNTBLANK Excel memiliki argument seperti berikut:

Tulis Fungsi / Rumus COUNTBLANK:
=COUNTBLANK(range)

Artinya:
Hitung Berapa Banyak Cell Kosong dari range data

Seperti yang Anda lihat, Fungsi COUNTBLANK hanya memiliki 1 argument yaitu range. Berbeda dengan fungsi COUNT maupun COUNTA yang mana bisa memiliki lebih dari 1 argument.

Argument Range pada Fungsi COUNTBLANK dapat berupa cell / rentang data / rumus baik dalam sheet yang sama maupun berbeda. Biar semakin paham tentang Rumus COUNTBLANK ini, silahkan perhatikan beberapa contoh berikut:

Penting! Jika Anda belum tahu apa itu Range pada Excel, silahkan pelajari Panduan Range Excel

#1 Rumus COUNTBLANK Tunggal

Secara default, jika menggunakan Rumus COUNTBLANK tunggal, Anda hanya bisa menghitung berapa banyak Cell kosong dari 1 range data. Karena dalam fungsi COUNTBLANK hanya tersedia 1 argument.

Cara menghitung berapa banyak cell kosong dari range data menggunakan Rumus / Fungsi COUNTBLANK Excel

Seperti yang Anda lihat, Saya menghitung berapa banyak cell kosong dari Range C2:C15 dengan Rumus =COUNTBLANK(C2:C15). Kemudian Excel memberikan hasil 2. Hal ini benar, karena hanya ada 2 Cell kosong yaitu cell C5 dan C15.

Note: Cell C7 berisi data berupa 1x spasi. Artinya, Rumus COUNTBLANK Excel benar-benar menghitung berapa banyak cell kosong dari range data.

#2 Rumus COUNTBLANK Ganda

Meskipun mudah digunakan, namun Rumus COUNTBLANK tidak bisa Anda perlakukan seperti rumus COUNTA. Pada Rumus COUNTA, Anda bisa menghitung berapa banyak cell yang tidak kosong dari 2 range data yang tidak berdekatan ataupun beda sheet. Sementara Fungsi COUNTBLANK tidak bisa melakukan hal tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan 2 atau lebih Rumus COUNTBLANK seperti berikut:

Rumus COUNTBLANK + COUNTBLANK Excel

Cell E5 menggunakan Rumus =COUNTBLANK(A2:C4)+COUNTBLANK(A7:C9) yang menghitung berapa banyak cell kosong dari 2 range data yaitu Kelas A (A2:C4) dan Kelas B (A7:C9). Rumus tersebut memiliki arti sebagai berikut:

Tulis Fungsi / Rumus COUNTBLANK + COUNTBLANK:
=COUNTBLANK(A2:C4)+COUNTBLANK(A7:C9)

Artinya:
Hitung Berapa Banyak Cell Kosong dari Cell A2 sampai Cell C4 ditambah dengan hasil Hitung Berapa Banyak Cell Kosong dari Cell A7 sampai Cell C9

Dengan kata lain, Rumus COUNTBLANK pertama =COUNTBLANK(A2:C4) memberikan hasil 2. Sedangkan Rumus COUNTBLANK kedua COUNTBLANK(A7:C9) memberikan hasil 4. Kemudian Excel akan menjumlahkan hasil rumus tersebut yaitu 2+4=6

Keterbatasan Rumus COUNTBLANK Excel

Rumus COUNTBLANK cukup sering digunakan. Namun, ada tujuan lain yang tidak bisa diselesaikan menggunakan Rumus ini. Misalnya, jika Anda ingin copy – paste Cell yang berisi data saja seperti gambar berikut:

Copy Paste kecuali cell kosong

Penting! untuk tujuan tersebut, bisa Anda selesaikan menggunakan Fitur Skip Blank dari Paste Special. Selengkapnya kunjungi Panduan Skip Blank Paste Special

Selain itu, secara default Rumus COUNTBLANK tidak bisa menghapus Cell kosong secara massal. Misalnya seperti gambar berikut:

Cara hapus cell kosong secara massal dengan Go To Special

Penting! untuk tujuan tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan fitur Go to Special. Selengkapnya silahkan kunjungi Panduan Hapus Banyak Cell Kosong Dengan Go To Special

Bagaimana, apakah sejauh ini Anda mengalami kesulitan ? Mudah-mudahan tidak ya…

Next… pada SUB-BAB berikutnya, Kita akan belajar cara menggunakan Rumus COUNTIF. Silahkan gunakan pintasan Panduan COUNT & SUM berikut atau Kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal.

Pintasan Panduan COUNT & SUM Excel

  1. COUNT & SUM: Jenis-jenis dan cara menggunakan Fungsi Count dan SUM di Excel (COUNT, COUNTIF, COUNTIFS, SUM, SUMIF, SUMIFS)
  2. COUNT: Cara menggunakan Fungsi COUNT untuk menghitung banyak cell yang berisi data numeric (angka, tanggal, waktu, persen, pecahan).
  3. COUNTA: Cara menggunakan Fungsi COUNTA untuk menghitung banyak cell yang berisi saja (tidak kosong).
  4. COUNTBLANK: (Anda Disini).
  5. COUNTIF: Contoh Lengkap cara menggunakan rumus COUNTIF (Kriteria berdasarkan angka, teks, menghitung error, dll)
  6. COUNTIFS: Cara menggunakan Fungsi COUNTIFS untuk menghitung banyak data dengan 2 atau lebih kriteria.
  7. SUM: Fungsi SUM Lengkap (seperti menjumlahkan Range tertentu, semua kolom, cell yang berjauhan, angka besar, menjumlahkan otomatis, menjumlahkan setiap baris ke-n, dll)
  8. SUMIF: Cara menggunakan Fungsi SUMIF untuk menjumlahkan dengan syarat (Lengkap)
  9. SUMIFS: Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk menjumlahkan data dengan banyak Syarat / kriteria.
  10. SUBTOTAL: Contoh cara menghitung SUBTOTAL Excel Lengkap (aturan penulisan + perbedaan function num 1-11 dan 101-111 untuk AutoFilter dan Hidden cell manual).
  11. Running Total: Menjumlahkan total berjalan (Total berjalan akan berubah setiap nilai baru di tambahkan)
  12. SUMPRODUCT: Cara menjumlahkan yang lebih kompleks (pahami setiap contohnya)
  13. Count Characters: Cara menghitung jumlah karakter dalam Cell atau Range dan cara menghitung berapa kali karakter tertentu muncul dalam Cell atau Range. [Bonus] Kombinasi Fungsi SUM, LEN, SUBSTITUTE dan LOWER.
  14. Count Cells with Text: Alternatif Fungsi COUNTIF. Trik menghitung jumlah Cell yang berisi huruf dengan kombinasi Fungsi SUM, IF, ISTEXT, SUMPRODUCT, ISLOGICAL dan COUNTIFS.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.