Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » Rumus COUNTA Excel: Menghitung Cell Yang Berisi Data

Rumus COUNTA Excel: Menghitung Cell Yang Berisi Data

Rumus COUNTA pada Excel berguna untuk menghitung berapa banyak cell yang berisi data dan mengabaikan cell kosong. Fungsi COUNTA akan menghitung semua jenis data baik menggunakan format Teks, Number (angka), Tanggal hingga Fraction.

Ada beberapa keadaan dimana Anda sangat membutuhkan Fungsi COUNTA untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya untuk membuat Dropdown List Auto Update, Mengacak Nama / Angka, membuat Dynamic Named Range dan masih banyak yang lainnya.

Namun sebelum menggunakan Rumus COUNTA untuk tujuan-tujuan rumit tersebut, ada baiknya pahami terlebih dahulu dasar dari Fungsi COUNTA ini. Saya akan mulai dari Aturan Penulisan Rumus kemudian kita lanjutkan ke contoh-contoh penggunaannya. Sudah siap ? Mari kita mulai…

Aturan Penulisan Rumus COUNTA Excel

Penting! Sebelum Saya lanjutkan, perlu Saya tekankan bahwa setiap argument dalam Rumus / Fungsi Excel menggunakan operator pemisah (tanda koma , untuk format english dan titik koma ; untuk format Indonesia). Jika belum tahu Software Excel Anda menggunakan format apa atau ingin mengubah format English ke Indonesia dan sebaliknya, silahkan kunjungi Panduan Format English VS Indonesia. FYI, Software Excel Saya menggunakan Format English (tanda koma , )

Dalam Excel, setiap Rumus / Fungsi memiliki aturan penulisan masing-masing. Begitu juga dengan Rumus COUNTA yang secara default tertulis seperti berikut:

Tulis Fungsi / Rumus COUNTA:
=COUNTA(value1,[value2],)

Sama seperti Rumus COUNT, SUM ataupun AVERAGE, Rumus COUNTA juga terdiri dari 3 argument yang mana ada yang bersifat wajib dan ada juga yang bersifat optional seperti berikut:

  1. value1 (wajib) bisa berisi sebuah cell / range / rumus Excel lainnya baik yang berada dalam 1 sheet yang sama maupun sheet yang berbeda.
  2. [value2] (optional) juga bisa berisi sebuah cell / range / rumus Excel lainnya yang seharusnya tidak boleh sama dengan argument value1
  3.  (optional) bisa disebut “dan seterusnya”. Jadi jika cell atau range data yang akan Anda uji dalam rumus tidak berdekatan (baik dalam 1 sheet ataupun beda sheet), maka argument bisa dianggap sebagai [value3]. Jika ada Cell / Range Data yang lain, Anda bisa menambahkan argument [value4] dan begitu seterusnya.

Penting! Jika Anda belum tahu apa itu Range dan Cell, silahkan pelajari pada Panduan Range Excel M Jurnal

Untuk memahami bagaimana argument rumus COUNTA bekerja, Saya berikan contoh bagaimana cara menggunakan Rumus COUNTA yang benar.

#1 Contoh Rumus COUNTA 1 Argument

1 argument artinya pada contoh ini Saya hanya menggunakan argument value1. Sebagai contoh, Saya akan menghitung berapa banyak cell yang berisi data pada Range C2:C15. Untuk tujuan tersebut, silahkan masukkan fungsi COUNTA berikut: =COUNTA(C2:C15) dan lihat hasilnya:

Rumus COUNTA Excel 1 Argument

Excel memberikan hasil 12. Seperti yang Anda lihat, Cell yang berwarna kuning adalah cell kosong. Sementara cell berwarna merah adalah cell yang berisi 1x spasi. Dan Cell lainnya berisi data dengan berbagai format (date, time, hingga error dan currency).

Dengan kata lain, Rumus COUNTA Excel benar-benar menghitung semua cell yang berisi data, meskipun cell tersebut hanya berisi 1x spasi.

#2 Contoh Rumus COUNTA 2 Argument atau Lebih

Seperti yang telah Saya jelaskan pada bagian Aturan Penulisan Rumus COUNTA, Fungsi ini bisa memiliki 2 atau lebih argument dan akan tergantung seperti apa data Anda. Apakah menggunakan 1 range data atau lebih.

Jika Anda ingin menghitung berapa banyak cell yang berisi data dari Range data yang berbeda (terpisah / berjauhan), Anda bisa mengisi range / cell data ke dua pada argument [value2]. Misalnya seperti contoh berikut:

Rumus COUNTA Excel 2 argument atau lebih

Rumus pada Cell F2 hanya menggunakan 1 argument yaitu =COUNTA(A2:C4) dan Excel memberikan hasil 7. Dari Range A2:C4, terdapat 9 buah cell yang mana terdapat 2 cell kosong yaitu Cell B3 dan C2. Begitu juga dengan rumus COUNTA pada Cell F3 juga menggunakan 1 argument =COUNTA(A7:C9).

Sementara jika Saya ingin menghitung berapa banyak Cell yang tidak kosong (berisi data) pada Tabel Kelas A dan Kelas B menggunakan 1 rumus, maka lebih baik menggunakan Rumus COUNTA dengan 2 argument seperti Cell F4 yaitu =COUNTA(A2:C4,A7:C9). Dengan demikian Excel memberikan hasil 12.

Note: Untuk memisahkan antara argument 1 dan 2 (value1 dan [value2]), silahkan gunakan operator pemisah rumus sesuai setting-an Software Excel Anda ( , atau ; )

Anda juga bisa menambahkan argument yang ketiga [value3] jika Range data berada pada cell yang berjauhan dari range data lainnya.

Apa Makna dari Fungsi COUNTA tersebut?

Tulis Fungsi / Rumus COUNTA:
=COUNTA(A2:C4,A7:C9)

Artinya:
Hitung Banyak Cell yang tidak kosong dari Cell A2 sampai Cell C4 dan Cell A7 sampai Cell C9

#3 Contoh Rumus COUNTA Beda Sheet

Konsepnya sama saja dengan Rumus COUNTA dengan 2 argument atau lebih. Karena jika Anda ingin menghitung berapa banyak cell yang tidak kosong (berisi) dari Range data yang berjauhan, Anda bisa menambahkan argument kedua [value2] atau ketiga dan seterusnya. Karena beda sheet juga termasuk Range data berjauhan (terpisah).

Namun, mungkin Anda menemukan perbedaan yang mana pada Rumus COUNTA Beda Sheet akan menyertakan nama Sheet ke dalam argument rumus (ini juga berlaku untuk rumus Excel lainnya). Misalnya seperti contoh berikut:

Penting! Agar mudah memasukkan Rumus untuk Beda Sheet, saran Saya gunakan fitur Multiple View Excel. Silahkan kunjungi Panduan Cara Melihat Banyak Sheet dalam 1 File Excel Secara Bersamaan

Rumus COUNTA Excel Beda Sheet

Seperti yang Anda lihat, dengan menggunakan data yang sama (hanya beda sheet), Rumus COUNTA =COUNTA(A2:C4,Sheet2!A7:C9) juga memberikan hasil yang sama yaitu 12. Perbedaannya untuk argument [value2], Excel juga menyertakan nama Sheet dari Range Data A7:C9 yaitu Sheet2.

Secara garis besar, makna Fungsi COUNTA beda Sheet tersebut seperti berikut:

Tulis Fungsi / Rumus COUNTA Beda Sheet:
=COUNTA(A2:C4,Sheet2!A7:C9)

Artinya:
Hitung Banyak Cell yang tidak kosong dari Cell A2 sampai Cell C4 dan Sheet2 dari Cell A7 sampai Cell C9

Berhubung nama Sheet pada contoh ini terdiri dari 1 kata tanpa spasi yaitu Sheet2, maka nama sheet dalam argument rumus tidak diapit kutip satu ‘ ‘.

Jika Nama Sheet Anda terdiri dari 2 kata atau lebih dan menggunakan spasi, maka Excel akan mengapitnya dengan kutip satu. Misalnya seperti Sheet 2, maka dalam argument rumus seperti berikut Sheet 2!A7:C9

Penting! Selengkapnya tentang dasar-dasar Rumus Beda Sheet, Silahkan kunjungi Panduan 3D Reference Excel

Bonus: Rumus COUNTA Para Master

Rumus COUNTA sangat jarang digunakan secara mandiri. Namun, Fungsi ini sangat berguna jika Anda menggabungkannya dengan fungsi lain ataupun fitur lain seperti dropdown list dan lain sebagainya.

Sebelumnya Saya sudah menulis beberapa panduan terkait menggabungkan fungsi COUNTA dengan fungsi lain serta fitur Excel lainnya. Misalnya seperti 3 contoh berikut:

Contoh Mengacak Nama / Angka

Anda bisa menggunakan gabungan Rumus INDEX, RANDBETWEEN dan COUNTA untuk mengacak nama. Misalnya, Anda bisa membuat undian acak hanya dengan menggabungkan fungsi tersebut. Kurang lebih, hasil acak nama seperti berikut:

Cara mengacak undian nama pemenang

Penting! Selengkapnya tentang cara acak nama menggunakan kombinasi Fungsi INDEX, RANDBETWEEN dan COUNTA, silahkan kunjungi Panduan Acak Nama + Membuat Undian Acak

Contoh Dynamic Named Range

Pada dasarnya ketika terjadi perubahaan data (penambahan / pengurangan) pada Named Range, maka Excel tidak meng-update data tersebut secara otomatis. Untuk mengatasi kekurangan ini, Anda bisa menggunakan gabungan Fungsi OFFSET dan COUNTA untuk membuat Dynamic Named Range (Named Range Auto Update).

Saya juga sudah menulis Panduan ini. Kurang lebih Anda bisa menggabungkan Fungsi OFFSET dan COUNTA pada Form Refers to Named Range seperti berikut:

Dynamic Named Range update otomatis

Penting! Selengkapnya tentang cara menggunakan Rumus COUNTA dan OFFSET untuk membuat dynamic named range yang otomatis terupdate, silahkan kunjungi Panduan Cara Membuat Dynamic Named Range

Hampir Sama dengan Dynamic Named Range, Anda juga bisa menggunakan gabungan Fungsi OFFSET, COUNTA dan Named Range untuk membuat Drop Down List Auto Update. Saya juga sudah menulis panduan ini. Kurang lebih kombinasi rumus dan fitur tersebut pada Data Valitation tampak seperti berikut:

Drop down list auto update

Penting! Jika Anda belum tahu cara menggunakan Fungsi OFFSET + COUNTA + Named Range untuk membuat Drop Down List Auto Update, silahkan kunjungi Panduan Membuat Drop Down List M Jurnal

Saya yakin ada banyak sekali keadaan berbeda dalam menggunakan Fungsi dan Rumus COUNT ataupun SUM pada Excel. Untuk menambah skill Anda, silahkan pelajari beberapa SUB BAB berikut. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal.

Pintasan Panduan COUNT & SUM Excel

  1. COUNT & SUM: Jenis-jenis dan cara menggunakan Fungsi Count dan SUM di Excel (COUNT, COUNTIF, COUNTIFS, SUM, SUMIF, SUMIFS)
  2. COUNT: Cara menggunakan Fungsi COUNT untuk menghitung banyak cell yang berisi data numeric (angka, tanggal, waktu, persen, pecahan).
  3. COUNTA: (Anda Disini)
  4. COUNTBLANK: Cara menggunakan Fungsi COUNTBLANK untuk menghitung banyak Cell kosong dari Range Data dengan cepat.
  5. COUNTIF: Contoh Lengkap cara menggunakan rumus COUNTIF (Kriteria berdasarkan angka, teks, menghitung error, dll)
  6. COUNTIFS: Cara menggunakan Fungsi COUNTIFS untuk menghitung banyak data dengan 2 atau lebih kriteria.
  7. SUM: Fungsi SUM Lengkap (seperti menjumlahkan Range tertentu, semua kolom, cell yang berjauhan, angka besar, menjumlahkan otomatis, menjumlahkan setiap baris ke-n, dll)
  8. SUMIF: Cara menggunakan Fungsi SUMIF untuk menjumlahkan dengan syarat (Lengkap)
  9. SUMIFS: Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk menjumlahkan data dengan banyak Syarat / kriteria.
  10. SUBTOTAL: Contoh cara menghitung SUBTOTAL Excel Lengkap (aturan penulisan + perbedaan function num 1-11 dan 101-111 untuk AutoFilter dan Hidden cell manual).
  11. Running Total: Menjumlahkan total berjalan (Total berjalan akan berubah setiap nilai baru di tambahkan)
  12. SUMPRODUCT: Cara menjumlahkan yang lebih kompleks (pahami setiap contohnya)
  13. Count Characters: Cara menghitung jumlah karakter dalam Cell atau Range dan cara menghitung berapa kali karakter tertentu muncul dalam Cell atau Range. [Bonus] Kombinasi Fungsi SUM, LEN, SUBSTITUTE dan LOWER.
  14. Count Cells with Text: Alternatif Fungsi COUNTIF. Trik menghitung jumlah Cell yang berisi huruf dengan kombinasi Fungsi SUM, IF, ISTEXT, SUMPRODUCT, ISLOGICAL dan COUNTIFS.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.