Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » Mengenal Operator Perbandingan Rumus Logika Excel (=, >,

Mengenal Operator Perbandingan Rumus Logika Excel (=, >, <, dll)

Dalam menggunakan Rumus / Fungsi Excel, Anda akan akrab dengan operator perbandingan. Dalam uji logika seperti menggunakan Fungsi IF, Anda wajib mengetahui Operator Perbandingan Rumus.

Pada Panduan ini, Saya akan bahas semua Operator Perbandingan Rumus Excel yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan hasil olah data menggunakan Excel.

Setidaknya ada 6 Operator Perbandingan Rumus yang Wajib Anda ketahui, sebagai berikut:

  1. Sama Dengan (=)
  2. Lebih Besar Dari (>)
  3. Lebih Kecil Dari (<)
  4. Tidak Sama Dengan (<>)
  5. Lebih Besar Dari atau Sama Dengan (>=)
  6. Lebih Kecil Dari atau Sama Dengan (<=)

Apa itu Operator Perbandingan Rumus

Operator Perbandingan Rumus Excel adalah tanda baca yang digunakan untuk membandingkan dua nilai / cell / range. Dalam uji logika (seperti rumus IF), Operator Perbandingan berguna untuk membandingkan nilai.

Dengan kata lain, Operator Perbandingan Rumus Excel berguna sebagai salah satu kriteria pengujian dalam Rumus.

Untuk Apa Operator Perbandingan Rumus ?

Operator Perbandingan tidak hanya digunakan pada Rumus IF saja. Anda bisa menggunakannya tanpa fungsi sekalipun.

Sejatinya, tujuan penggunaan Operator Perbandingan Rumus ini untuk membandingkan dua nilai. Saya yakin Anda akan lebih paham jika menyimak contoh-contoh berikut:

Contoh Sederhana Operator Perbandingan Rumus Excel

Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa download atau gunakan file Excel Online berikut sebagai bahan latihan. Setiap Sheet akan menjelaskan penggunaan 1 operator perbandingan.

Sama Dengan (=)

Secara defautl, Excel akan memberikan hasil “TRUE” jika dua nilai yang Anda bandingkan memiliki kesamaan persis.

Sebagai contoh, silahkan lihat Sheet “Sama Dengan“. Saya memiliki data pada Range F1:G6. Jika Anda belum tahu apa itu Range, Cell, Kolom dan Rows, silahkan kunjungi Panduan Range Excel M Jurnal.

Saya akan membandingkan nilai Cell F2 dan G2, F3 dan G3 dst… Apakah kedua cell tersebut memiliki kesamaan nilai atau tidak. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Operator Perbandingan Rumus Sama Dengan =
  1. Pertama, ketik tanda sama dengan (=) pada Cell H2. Tanda sama dengan ini bukan operator perbandingan.
  2. Kedua, klik Cell F2. Kemudian ketik operator perbandingan (tanda sama dengan).
  3. Ketiga, klik Cell G2 kemudian tekan Enter. Berikut hasilnya:
Operator Perbandingan Rumus Sama Dengan =

Excel akan memberikan hasil TRUE jika kedua cell tersebut memiliki nilai sama persis. Untuk menghitung Hasil perbandingan F3 dan G3, F4 dan G4 dan seterusnya, silahkan gunakan fitur AutoFill Excel untuk menghitung secara otomatis.

Jika Anda ingin menunjukkan hasil selain TRUE atau FALSE, Anda bisa menggunakan Rumus IF. Silahkan ketik =IF(F2=G2,”YES”,”NO”) pada Cell I2. Berikut hasilnya.

Operator Perbandingan Rumus Sama Dengan =

Jika Anda belum tahu cara menggunakan Rumus IF, Silahkan kunjungi SUB-BAB sebelumnya. Saya sudah bahas lengkap tentang Rumus IF disana. .

Lebih Besar Dari (>)

Pada Operator Lebih besar dari (>), Secara default Excel akan memberikan hasil “TRUE jika nilai pertama lebih besar daripada nilai kedua. Sebaliknya akan memberikan nilai “FALSE” jika nilai pertama lebih kecil atau sama dengan nilai kedua.

Sebagai contoh, silahkan buka sheet Lebih Besar Dari pada Excel Online. Kemudian ikuti tahap-tahap berikut:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Besar Dari >
  1. Pertama, ketik tanda sama dengan (=) pada Cell H2.
  2. Kedua, klik Cell F2. Kemudian ketik tanda lebih besar dari (>).
  3. Ketiga, klik Cell G2 kemudian tekan Enter. Berikut hasilnya:
Operator Perbandingan Rumus Lebih Besar Dari >

Nilai pada Cell F2 lebih besar daripada Cell G2, maka Excel memberikan hasil TRUE. Sementara, nilai pada Cell F4 lebih kecil daripada cell G4, maka Excel memberikan hasil FALSE.

Saya berikan contoh lain menggunakan Fungsi AND untuk menguji apakah nilai pada kolom Nilai 1 dan Kolom Nilai 2 lebih besar dari 50. Silahkan ketik Fungsi AND berikut =AND(F2>50,G2>50) pada Cell I2. Berikut hasilnya:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Besar Dari >

Jika kedua cell pada kolom yang diuji sama-sama memiliki nilai lebih dari 50, maka Excel memberikan hasil TRUE. Jika salah salah satu nilai atau keduanya tidak lebih dari 50, maka Excel memberikan hasil FALSE.

Seperti contoh diatas, nilai pada Cell F2 lebih besar dari 50 tapi nilai pada Cell G2 lebih kecil dari 50, maka Excel memberikan hasil FALSE. Sementara, nilai pada Cell F3 dan G3 lebih besar dari 50, maka Excel memberikan hasil TRUE.

Lebih Kecil Dari (<)

Kebalikan dari lebih besar dari, operator perbandingan rumus lebih kecil dari (<) akan memberikan hasil TRUE jika nilai pertama lebih kecil dari nilai kedua. Sebaliknya akan memberikan hasil FALSE.

Sebagai contoh, silahkan buka sheets Lebih Kecil Dari pada Excel Online di atas. Kemudian ikuti tahap-tahap berikut:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Kecil Dari
  1. Pertama, ketik tanda sama dengan (=) pada Cell H2.
  2. Kedua, klik Cell F2. Kemudian ketik tanda lebih kecil dari (<).
  3. Ketiga, klik Cell G2 kemudian tekan Enter. Berikut hasilnya:
Operator Perbandingan Rumus Lebih Kecil Dari

Anda bisa lihat hasilnya, cell F4 < G4 dan F5 < G5. Berikutnya saya berikan contoh menggunakan Fungsi OR untuk mengetahui minimal salah satu cell memiliki nilai lebih kecil dari 50. Silahkan ketik Fungsi OR berikut =OR(F2<50,G2<50) pada Cell I2 berikut hasilnya.

Operator Perbandingan Rumus Lebih Kecil Dari

Terlihat dari semua pengujian, hanya cell F4 dan F5 yang memiliki nilai lebih kecil dari 50. Maka Excel memberikan hasil TRUE. Selain itu, Excel memberikan nilai FALSE.

Lebih Besar Dari atau Sama Dengan (>=)

Operator perbandingan lebih besar dari atau sama dengan akan memberikan hasil TRUE jika nilai pertama lebih besar atau sama dengan nilai kedua.

Silahkan lihat Sheets Lebih Besar atau Sama Dengan. Kemudian gunakan cara yang sama dengan diatas. Anda hanya perlu mengubah operator pembanding menjadi tanda lebih besar dari dan sama dengan (>=). Berikut hasilnya.

Operator Perbandingan Rumus Lebih Besar atau Sama dengan >=

Terlihat Cell F2 memiliki nilai lebih besar dari Cell G2. Selanjutnya nilai Cell F6 sama dengan nilai cell G6. Maka excel memberikan hasil TRUE pada kriteria ini.

Berikut contoh operator perbandingan lebih besar dari atau sama dengan menggunakan Fungsi COUNTIF. Silahkan ketik Rumus COUNTIF berikut =COUNTIF(F2:F6,”>=50″) pada Cell F7. Berikut hasilnya:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Besar atau Sama dengan >=

Dengan Rumus COUNTIF tersebut, Excel akan menghitung berapa banyak data (cell) yang memiliki nilai lebih dari atau sama dengan 50. Ternyata pada kolom Nilai 1, ada 3 cell yang memiliki nilai lebih dari 50 yaitu 76, 100, dan 75.

Penting! Pelajari Semua Tentang Fungsi COUNTIF di Panduan Fungsi COUNTIF Lengkap M Jurnal

Lebih Kecil Dari atau Sama Dengan (<=)

Kebalikan dari sebelumnya, Lebih kecil dari atau sama dengan akan memberkan hasil TRUE jika nilai pertama lebih kecil atau sama dengan nilai kedua.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheets Lebih Kecil atau Sama Dengan pada Excel online. Kemudian gunakan cara yang sama dengan sebelumnya. Ubah tanda >= menjadi <=. Berikut hasilnya:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Kecil atau Sama dengan

Anda bisa lihat, Cell F4 < G4 dan Cell F5 < G5 serta Cell F6 = G6, maka Excel memberikan nilai TRUE. Selain dari itu Excel memberikan nilai FALSE.

Selanjutnya Saya berikan contoh operator perbandingan lebih kecil dari atau sama dengan (<=) menggunakan Fungsi SUMIF untuk menghitung jumlah nilai dengan kriteria <= 50.

Silahkan ketik Fungsi SUMIF berikut =SUMIF(F2:F6,”<=50″) pada Cell F7. Berikut hasilnya:

Operator Perbandingan Rumus Lebih Kecil atau Sama dengan

Dengan Fungsi SUMIF ini, Excel akan menghitung jumlah data yang lebih kecil dari atau sama dengan 50. Pada kolom Nilai 1, Cell F4 dan F5 memiliki nilai lebih kecil dari 50, yaitu 49 dan 10. Maka Excel memberikan hasil 49+10 = 59.

Penting! Jika Anda belum mengetahui cara menggunakan Fungsi SUMIF, silahkan kunjungi Panduan SUMIF Untuk Menjumlahkan dengan Kriteria.

Tidak Sama Dengan (<>)

Operator perbandingan rumus Tidak Sama Dengan akan memberikan hasil TRUE jika kedua nilai tidak memiliki persamaan persis.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheets Tidak Sama Dengan pada Excel Online. Kemudian gunakan cara yang sama seperti sebelumnya. Ubah operator perbandingan rumus menjadi tanda kecil dari dan besar dari (<>). Berikut hasilnya:

Operator Perbandingan Tidak Sama Dengan

Cell F2 memiliki nilai yang sama dengan Cell G2 serta Cell F6 juga memiliki kesamaan nilai dengan cell G6. Maka Excel memberikan hasil FALSE. Sementara cell lainnya tidak memiliki kesamaan persis.

Contoh menggunakan Fungsi IF. Silahkan ketik Rumus IF berikut =IF(F2<>G2,”YES”,”NO”) pada Cell I2. Kemudian lihat hasil berikut:

Operator Perbandingan Tidak Sama Dengan

Ya, Saya yakin Anda sudah jauh lebih paham dari sebelumnya. Namun jika ada pertanyaan, silahkan coret-coret pada kolom komentar atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari semuat tentang Excel.

Pintasan Panduan Logical Function Excel

  1. Logical: Jenis-jenis Fungsi logika (IF, AND, OR, NOT) dan cara menggunakannya (Level dasar).
  2. Comparison Operators: (Anda Disini).
  3. IF Function: Aturan Penulisan Rumus IF, Cara menggunakannya untuk uji logika (bersyarat). Contohnya Jika A1 > 70, maka B2 = “Lulus”. (IF Tunggal, Bertingkat: Gabungan 2 atau lebih Rumus IF dengan “And” + “Or” Kriteria dll).
  4. IF Bertingkat 3 Kondisi (Atau Lebih): Cara menggunakan rumus IF dengan 3 kondisi (kriteria) + Alternatif Penggunaan Terbaik.
  5. Kombinasi IF + AND: Cara menggabungkan Rumus IF + Rumus AND (Tunggal dan Bertingkat). Dapatkan pemahaman mendalam.
  6. OR: Contoh menggunakan Fungsi OR (Lengkap). Gabungan IF + OR, AND + OR, OR + WEEKDAY, dan XOR.
  7. IFs: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan Fungsi ini sama dengan Fungsi IF Bertumpuk.
  8. Contains Specific Text: Bertujuan untuk memeriksa apakah cell berisi teks tertentu.
  9. SWITCH: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan fungsi ini hampir menyerupai fungsi IFs.
  10. IF Cell is Blank: Gabungan Fungsi IF + NOT + ISBLANK untuk cek cell kosong atau tidak. Lalu menggunakan Rumus Perkalian dsb.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.