Anda disini: M Jurnal » Rumus Excel » Mengenal Rumus dan Fungsi Logika Pada Excel Lengkap

Mengenal Rumus dan Fungsi Logika Pada Excel Lengkap

Pada SUB BAB ini, Anda akan belajar mengenal fungsi logika pada Excel seperti Fungsi IF, AND, OR, dan NOT.

Panduan ini akan menjelaskan dasar penggunaan rumus / fungsi logika. Jika Anda ingin mendalami pemahaman tentang masing-masing fungsi (IF, AND, OR, NOT) silahkan kunjungi halaman terkait. Lihat pintasan panduan pada akhir halaman ini.

Pengertian Logical Function Excel

Fungsi Logika pada Excel berguna untuk menguji apakah data memenuhi kriteria atau tidak. Anda bisa menentukan kriteria sendiri dalam pengujian.

Pada Rumus / Fungsi IF, Anda bisa menentukan hasil yang diinginkan. Sementara pada Fungsi AND, OR, dan NOT, Excel hanya akan menghasilkan True atau False dari hasil pengujian kriteria.

Agar lebih mudah dipahami, Silahkan gunakan Excel Online berikut untuk latihan Fungsi Logika Excel:

Note:
1. Silahkan klik Icon Full Screen Pada Sudut Kanan File Excel Online di bawah untuk menggunakan fitur Excel Online.
2. Klik Icon Download (gambar selembar kertas dengan tanda panah kebawah) Di baris sudut kanan File Excel Online di bawah untuk download file.
3. Jika Link Download atau Excel Online Error, silahkan beritahu Saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Fungsi IF Untuk Uji Logika Excel

Fungsi IF adalah Fungsi yang berguna untuk menguji apakah suatu kondisi (kriteria) terpenuhi kemudian menghasilkan suatu nilai jika benar dan nilai lainnya jika salah.

Sebagai contoh, Saya ingin mengetahui siapa saja dari kelima mahasiswa berikut yang lulus ujian.

Uji Logika Excel

Syarat yang saya gunakan sebagai berikut:

  • Nilai lebih besar atau sama dengan 75, maka Lulus.
  • Nilai Kurang dari 75, maka Gagal

Untuk menguji logika menggunakan Fungsi IF, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fungsi IF untuk uji logika Excel
  1. Pertama, ketik Fungsi IF pada Cell C2 sebagai berikut: =IF(B2>=75,”Lulus”,”Gagal”). Kemudian tekan Enter.
  2. Kedua, untuk menguji nilai Putri, Budi, Dedek dan Adhe, silahkan gunakan Fitur AutoFill Excel untuk menyalin rumus / fungsi secara otomatis. (Pelajari AutoFill Excel). Hasilnya bisa Anda lihat pada gambar berikut:
Fungsi IF

Pada hasil tersebut, Anda sudah mengetahui Siapa saja yang lulus ujian dan tidak. Berikut Saya jelaskan maksud dari Fungsi IF yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus IF:
=IF(B2>=75,“LULUS”,“GAGAL”)

Artinya:
Jika Nilai pada sel B2>=75 Maka LULUS Selain Dari Itu GAGAL

Selengkapnya tentang Cara menggunakan Fungsi IF seperti Fungsi IF berganda, beda Sheet dll, silahkan kunjungi SUB-BAB IF Function. Lihat Pintasan Panduan pada akhir artikel ini.

Fungsi AND Untuk Uji Logika Excel

Fungsi AND dapat berguna untuk menguji apakah 2 atau lebih cell memenuhi syarat atau tidak. Jika Anda belum tahu apa itu Column, Row, Cell dan Range, silahkan kunjungi BAB Panduan Range Excel.

Dalam penggunaannya, Fungsi AND hanya menghasilkan nilai “TRUE” dan “FALSE”, bukan kata / nilai yang dapat Anda tentukan sendiri. Sebagai contoh, memiliki daftar hasil ujian MID dan UAS mahasiswa seperti gambar berikut:

Fungsi AND Excel

Saya ingin mengetahui mahasiswa mana saja yang lulus ujian menggunakan kriteria, Jika nilai MID lebih besar atau sama dengan 75 dan nilai UAS lebih besar atau sama dengan 70, Maka “LULUS” kurang dari itu, Maka GAGAL. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fungsi AND untuk uji logika Excel
  1. Pertama, Ketik Fungsi AND pada Cell D2 seperti berikut: =AND(B2>=75,C2>=70)
  2. Kedua, lakukan AutoFill Excel (Klik-Tahan-Tarik) seperti cara sebelumnya untuk menguji hasil ujian mahasiswa lainnya. Hasilnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:
Fungsi AND

Anda bisa lihat, hanya Putri yang memiliki Nilai MID lebih besar atau sama dengan 75 dan Nilai UAS lebih besar atau sama dengan 70. Maka Excel memberikan nilai True. Sementara mahasiswa lain tidak memenuhi kriteria.

Rolan memiliki nilai MID lebih kecil dari 75 (tidak lulus kriteria) dan nilai UAS lebih kecil dari 70 (tidak lulus kriteria. Maka Excel memberikan nilai False.

Budi dan Dedek memiliki nilai UAS lebih besar dari 70 (lulus kriteria) namun nilai MID lebih kecil dari 75 (tidak lulus kriteria). Maka Excel memberikan nilai False.

Sementara Adhe memiliki nilai MID lebih besar dari 75 (lulus kriteria), namun nilai UAS lebih kecil dari 70 (tidak lulus kriteria). Maka Excel memberikan nilai False.

Berikut Saya jelaskan maksud dari Fungsi AND yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus AND:
=AND(B2>=75,C2>=70)

Artinya:
Isi TRUE Jika Nilai pada sel B2>=75 dan Nilai pada sel C2>=70 Selain dari itu False

Fungsi OR Untuk Uji Logika Excel

Fungsi OR dapat berguna untuk menguji apakah salah satu kriteria terpenuhi atau tidak sama sekali.

Dalam penggunaannya, Fungsi OR akan menghasilkan nilai “TRUE” jika Salah Satu Kriteria Terpenuhi dan menghasilkan nilai “FALSE” jika Semua Kriteria Tidak Terpenuhi.

Saya menggunakan contoh yang sama dengan fungsi AND. Perbedaanya terdapat pada kriteria yaitu, Jika Salah satu kriteria atau lebih Terpenuhi, maka Lulus. Jika semua kriteria tidak terpenuhi, maka Gagal. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fungsi OR untuk uji logika Excel
  1. Pertama, Ketik Fungsi OR pada Cell D2 seperti berikut: =OR(B2>=75,C2>=70)
  2. Kedua, lakukan AutoFill Excel (Klik-Tahan-Tarik) seperti cara sebelumnya. Hasilnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:
Fungsi OR

Anda bisa lihat, hanya Rolan yang memiliki Nilai MID lebih kecil dari 75 dan Nilai UAS lebih kecil dari 70. Kedua kriteria tidak terpenuhi, maka Excel menghasilkan nilai False.

Nilai ujian Putri memenuhi kedua kriteria, maka Excel memberikan nilai True.

Sementara salah satu nilai ujian Budi, Dedek dan Adhe memenuhi kriteria, maka Excel memberikan nilai True.

Berikut Saya jelaskan maksud dari Fungsi OR yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR:
=AND(B2>=75,C2>=70)

Artinya:
Isi TRUE Jika Minimal Salah Satu Nilai pada sel B2>=75 dan Nilai pada sel C2>=70 Selain dari itu False

Fungsi NOT – Uji Logika Excel

Rumus / Fungsi NOT berguna untuk membalikkan fakta. Misalnya, Saya ingin mengetahui apakah nilai MID mahasiswa lebih besar atau sama dengan 75.

Jika lebih besar atau sama dengan 75, maka True, selain dari itu False. Perhatikan tahap-tahap berikut:

Fungsi NOT untuk uji logika Excel
  1. Pertama, Ketik Fungsi NOT pada Cell D2 seperti berikut: =OR(B2>=75)
  2. Kedua, lakukan AutoFill Excel (Klik-Tahan-Tarik) seperti cara sebelumnya. Hasilnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:
Fungsi NOT

Anda bisa lihat, hanya Putri dan Adhe yang memiliki Nilai MID lebih besar dari 75. Sementara mahasiswa lain memiliki nilai MID lebih kecil dari 75.

Berikut Saya jelaskan maksud dari Fungsi NOT yang digunakan:

Tulis Fungsi / Rumus OR:
=NOT(B2<=75)

Artinya:
Isi TRUE jika tidak terpenuhi: Nilai pada sel B2<=75

Saya memberikan tanda <= untuk mendapatkan hasil yang Saya inginkan. Mungkin fungsi NOT terlihat tidak berguna. Tapi Saya yakin Anda dapat menemukan inspirasi lain untuk menjadikan Fungsi NOT sangat bermanfaat. Silahkan gunakan pintasan panduan untuk menemukan inspirasi Anda.

Pintasan Panduan Logical Function Excel

BAB sebelumnya: COUNT and SUM

  1. Logical: (Anda Disini).
  2. Comparison Operators: Operator Pembanding untuk Fungsi Logical (seperti sama dengan “=”, lebih besar dari “>”, lebih kecil dari “<“, tidak sama dengan “<>”, dll).
  3. IF Function: Aturan Penulisan Rumus IF, Cara menggunakannya untuk uji logika (bersyarat). Contohnya Jika A1 > 70, maka B2 = “Lulus”. (IF Tunggal, Bertingkat: Gabungan 2 atau lebih Rumus IF dengan “And” + “Or” Kriteria dll).
  4. IF Bertingkat 3 Kondisi (Atau Lebih): Cara menggunakan rumus IF dengan 3 kondisi (kriteria) + Alternatif Penggunaan Terbaik.
  5. Kombinasi IF + AND: Cara menggabungkan Rumus IF + Rumus AND (Tunggal dan Bertingkat). Dapatkan pemahaman mendalam.
  6. OR: Contoh menggunakan Fungsi OR (Lengkap). Gabungan IF + OR, AND + OR, OR + WEEKDAY, dan XOR.
  7. IFs: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan Fungsi ini sama dengan Fungsi IF Bertumpuk.
  8. Contains Specific Text: Bertujuan untuk memeriksa apakah cell berisi teks tertentu.
  9. SWITCH: Hanya bisa digunakan pada Excel versi 2016 atau lebih baru. Kegunaan fungsi ini hampir menyerupai fungsi IFs.
  10. IF Cell is Blank: Gabungan Fungsi IF + NOT + ISBLANK untuk cek cell kosong atau tidak. Lalu menggunakan Rumus Perkalian dsb.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.