Menghitung Dan Menjumlahkan Excel, COUNT & SUM

COUNT & SUM ( menghitung & menjumlahkan ) adalah pekerjaan yang paling sering digunakan pada Microsoft Excel.

Bukan hanya sekedar menghitung penjumlahan sederetan angka saja, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan kriteria (syarat) tertentu.

Misalnya, Anda memiliki 10 buah data yang terdiri dari angka 1 – 20 secara acak. Anda hanya ingin menjumlahkan angka yang lebih dari 10 saja. Maka akan lebih efektif menggunakan fungsi SUMIF. Anda hanya perlu memasukkan rumus 1x saja.

Note: Panduan ini hanya akan membahas penggunaan Fungsi COUNT & SUM dkk secara singkat. Silahkan kunjungi SUB-BAB masing-masing fungsi untuk mempelajari lebih lanjut. (Lihat Pintasan Panduan pada akhir halaman ini)

Contoh Soal COUNT & SUM Excel Online

Seperti biasa, Anda bisa download atau gunakan file Excel Online berikut sebagai bahan latihan COUNT & SUM Excel.

Note:
1. Silahkan klik Icon Full Screen Pada Sudut Kanan Bawah File Excel Online berikut untuk menggunakan fitur Excel Online.
2. Klik Icon Download (gambar selembar kertas dengan tanda panah kebawah) pada baris sudut kanan bawah File Excel Online berikut untuk download file.
3. Jika Link Download atau Excel Online Error, silahkan beritahu Saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Rumus COUNT Excel

Fungsi atau Rumus COUNT pada Excel berguna untuk menghitung banyak Cell yang berisi angka. Menghitung Bukan Menjumlahkan.

Jadi Excel akan menghitung berapa banyak Cell yang berisi angka. Sementara Excel akan mengabaikan Cell yang tidak berisi Angka.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheet COUNT pada Excel Online yang Saya berikan sebelumnya. Saya memiliki data campuran (Angka dan Bukan Angka) pada Range A1:A10.

Note: Jika Anda belum tahu apa itu Range, silahkan kunjungi Panduan Range, Cell, Column, dan Row M Jurnal

Kemudian, Saya akan menghitung berapa banyak Cell yang berisi Angka dan menampilkan hasilnya pada Cell A12. Untuk itu, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fungsi / rumus count untuk menhitung excel
  1. Pertama, masukkan Fungsi COUNT pada Cell A12 seperti berikut: =COUNT(
  2. Kedua, Blok range data A1:A10.
  3. Ketiga, ketik tanda tutup kurung ). Kemudian tekan enter. Berikut hasilnya:
Fungsi / rumus count untuk menhitung excel

Excel menghitung berapa banyak Cell yang berisi Angka dari Cell A1 sampai Cell A10 dan memberikan hasil 6. Hasil ini benar, karena 4 buah cell yaitu Cell A1, A4, A7 dan A9 berisi bukan angka. Sedikit Saya jelaskan makna dari Fungsi COUNT tersebut:

Tulis Rumus / Fungsi COUNT:
=
COUNT(A1:A10)

Artinya:
Hitung Berapa Banyak Cell Yang Berisi Angka
dari Cell A1 sampai Cell A10

Rumus COUNTIF Excel

Fungsi / rumus COUNTIF Excel berguna untuk menghitung jumlah Cell yang berisi Angka dengan 1 kriteria tertentu. Anda bisa membuat kriteria sendiri.

Sebagai contoh, silahkan buka sheet COUNTIF pada Excel Online yang Saya berikan sebelumnya. Saya ingin menghitung berapa banyak cell yang berisi Angka <10 pada range data A1:A10.

Jadi kriterianya adalah hanya menghitung berapa banyak cell yang berisi angka lebih kecil dari 10. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Menghitung menggunakan fungsi / rumus countif excel count
  1. Pertama, ketik Fungsi COUNTIF pada Cell A12 seperti berikut: =COUNTIF(
  2. Kedua, blog range data A1:A10.
  3. Ketiga, ketik operator pemisah rumus. Sesuaikan dengan pengaturan regional komputer Anda. Saya menggunakan tanda koma (,). Sehingga rumus menjadi =COUNTIF(A1:A10,
    Jika Anda belum tahu apa itu operator pemisah rumus, Silahkan kunjungi Panduan Union & Intersect M Jurnal
  4. Keempat, masukkan kriteria yang Anda inginkan. Dalam contoh ini Saya hanya ingin menghitung jumlah Cell yang berisi angka lebih kecil dari 10, maka ketik “<10”
  5. Terakhir, ketik tanda tutup kurung sehingga rumus menjadi =COUNTIF(A1:A10,“<10”) kemudian tekan enter. Berikut hasilnya:

Note: Tanda lebih kecil dari ( < ) adalah operator perbandingan logika. Silahkan kunjungi Panduan Operator Perbandingan Rumus dan Fungsi untuk contoh selengkapnya.

menghitung menggunakan fungsi / rumus countif excel count

Ya terciduk, Excel menemukan 4 buah cell yang berisi angka lebih kecil dari 10, yaitu Cell A1, A3, A5 dan A7. Sedikit Saya jelaskan tentang Fungsi COUNTIF tersebut:

Tulis Rumus / Fungsi COUNTIF:
=
COUNTIF(A1:A10,“<10”)

Artinya:
Hitung Berapa Banyak Cell yang Berisi Angka
dari Cell A1 Sampai Cell A10 yang Lebih Kecil dari 10

Contoh selengkapnya cara menggunakan Rumus / Fungsi COUNTIF, silahkan kunjungi SUB-BAB COUNTIF (lihat Pintasan Panduan di akhir halaman ini).

Rumus COUNTIFS Excel

Dengan menambahkan huruf S setelah fungsi COUNTIF menjadi COUNTIFS, Anda bisa menghitung berapa banyak cell yang berisi angka dengan 2 atau lebih kriteria. Tenang, kriterianya tetap bisa Anda tentukan sendiri.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheet COUNTIFS pada Excel Online. Saya memiliki data Warna pada Range E2:E7 dan Total pada Range F2:F7.

Dengan fungsi COUNTIFS, Saya ingin menghitung berapa banyak cell yang berisi Warna Merah dengan Total Lebih dari 10. Dengan kriteria ini, Anda bisa ikuti tahap-tahap berikut:

Menghitung menggunakan fungsi / rumus countifs rumus count excel
  1. Pertama, masukkan Fungsi COUNTIFS pada Cell F9 seperti berikut: =COUNTIFS(
  2. Kedua, blok Range data kriteria pertama. Dalam contoh ini, kriteria pertama berdasarkan warna, yaitu merah. Maka blog semua Range data pada kolom Warna yaitu E2:E7 kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; )
  3. Ketiga, ketik “Merah” (beserta tanda kutipnya ya) sebagai kriteria pertama. Kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; ) sehingga Fungsi COUNTIFS menjadi =COUNTIFS(E2:E7,”Merah”,
  4. Keempat, blok range data kriteria kedua. Blok Range F2:F7 kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; ). Prosesnya sama dengan tahap kedua.
  5. Terakhir, ketik “>10” sebagai kriteria kedua. Kemudian ketik tanda tutup kurung ) dan tekan enter. Berikut hasilnya:
Menghitung menggunakan fungsi / rumus countifs rumus count excel

Terciduklah bahwa terdapat 2 data yang sesuai kedua kriteria tersebut yaitu terdapat pada Row 2 dan 6. Sedikit Saya jelaskan tentang Fungsi COUNTIFS ini:

Tulis Rumus / Fungsi COUNTIFS:
=
COUNTIFS(E2:E7,“Merah”,F2:F7,“>10”)

Artinya:
Hitung Banyak Cell Jika pada Cell E2 Sampai Cell E7 merupakan Merah dan pada Cell F2 Sampai Cell F7 merupakan >10

Anda bisa menggunakan banyak kriteria sekaligus menggunakan Fungsi COUNTIFS ini. Cukup ringkas ketimbang Anda menggabungkan Fungsi COUNT dan IF.

Rumus SUM Excel

Jika Fungsi COUNT berguna untuk menghitung banyak data, maka Fungsi SUM berguna untuk menjumlahkan data (berupa angka).

Saya yakin Anda sudah paham cara menggunakan Fungsi sejuta umat ini. Jika Anda belum pernah mencobanya, berikut Saya berikan contoh menggunakan fungsi SUM.

Silahkan buka Sheet SUM pada Excel Online. Kemudian, Saya akan menjumlahkan data pada Range A1:A5 kemudian menampilkan hasilnya pada Cell A7. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Rumus / fungsi SUM Excel
  1. Pertama, masukkan fungsi SUM pada Cell A7 seperti berikut: =SUM(
  2. Kedua, blok Range data yang akan dijumlahkan yaitu A1:A5.
  3. Ketiga, ketik tanda tutup kurung ) kemudian tekan enter. Berikut hasilnya:
menjumlahkan menggunakan rumus / fungsi sum excel

Anda bisa lihat, Excel memberikan hasil 940 yaitu penjumlahan dari 230+420+290. Sementara cell yang tidak berisi angka akan diabaikan. Sedikit Saya jelaskan makna Fungsi SUM ini:

Tulis Rumus / Fungsi SUM:
=
SUM(A1:A5)

Artinya:
Hitung Jumlah
dari Cell A1 Sampai Cell A5

Silahkan kunjungi SUB-BAB SUM untuk contoh lebih lengkap seperti SUM beda sheet, AutoSUM, dll. (Lihat Pintasan Panduan di akhir halaman ini).

Rumus SUMIF Excel

Fungsi / rumus SUMIF bisa Anda gunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan 1 kriteria. Ya cara kerja nya mirip-mirip fungsi COUNTIF, bedanya SUMIF akan menjumlahkan data.

Sebagai contoh, silahkan buka Sheet SUMIF pada Excel Online. Silahkan Anda lihat Range A1:A10. Saya akan menghitung jumlah data yang lebih dari 10 pada range tersebut. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

menjumlahkan menggunakan fungsi / rumus SUMIF Excel
  1. Pertama, masukkan Fungsi SUMIF pada Cell A12 seperti berikut: =SUMIF(
  2. Kedua, blok Range data A1:A10, kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; )
  3. Terakhir, masukkan kriteria yaitu “<10” kemudian ketik tanda tutup kurung dan tekan enter. Berikut hasilnya:
menjumlahkan menggunakan fungsi / rumus SUMIF Excel

Anda bisa lihat, Excel hanya menjumlahkan data yang lebih kecil dari 10 yaitu 6+2+3+7 = 18. Sementara makna Fungsi SUMIF ini sebagai berikut:

Tulis Rumus / Fungsi SUMIF:
=
SUMIF(A1:A10,“<10”)

Artinya:
Jumlahkan Jika
pada Cell A1 sampai Cell A10 yang Lebih Kecil Dari 10

Rumus SUMIFS Excel

Jangan Sampai Anda Terjebak ! meskipun sekilas fungsi SUMIFS menyerupai fungsi COUNTIFS, namun aturan penulisan kedua rumus ini berbeda.

Sebelumnya kita menggunakan fungsi COUNTIFS seperti berikut =COUNTIFS(E2:E7,”Merah”,F2:F7,”>10″). Jika Anda berencana hanya merubah COUNTIFS menjadi SUMIFS, Anda tidak akan mendapatkan hasilnya. Karena pada dasarnya aturan penulisan kedua rumus ini berbeda.

Untuk itu, silahkan buka Sheet SUMIFS pada Excel Online. Saya memiliki data pada Kolom E untuk Nama, F untuk Warna, dan G untuk Total. Saya akan menghitung jumlah Buku yang berwarna Merah. Ya, 2 kriteria sudah kita ketahui, selanjutnya masukkan rumus SUMIFS dengan cara berikut:

Menjumlahkan berdasarkan kriteria menggunakan fungsi / rumus SUMIFS Excel
  1. Pertama, masukkan rumus SUMIFS pada Cell G9 seperti berikut: =SUMIFS(
  2. Kedua, blok Range data yang ingin Anda jumlahkan. Dalam contoh ini range data adalah total yaitu G2:G7. Kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; )
  3. Ketiga, blok Range Kriteria pertama yaitu E2:E7 karena kriteria pertama kita adalah berdasarkan kolom ATK. Kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; ) sehingga fungsi menjadi =SUMIFS(G2:G7,E2:E7,
  4. Keempat, masukkan kriteria pertama yaitu “Buku” (beserta tanda kutipnya ya). Kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; )
  5. Kelima, blok range kriteria kedua yaitu F2:F7 kemudian ketik operator pemisah rumus ( , atau ; )
  6. Terakhir, masukkan kriteria kedua yaitu “Merah” kemudian ketik tanda tutup kurung ) dan tekan Enter. Berikut hasilnya:
Menjumlahkan berdasarkan kriteria menggunakan fungsi / rumus SUMIFS Excel

Excel memberikan hasil 19 yaitu penjumlahan dari G2 + G4 atau 11+8= 19 sesuai dengan kriteria yang kita inginkan yaitu Buku berwarna merah. Sedikit Saya jelaskan makna dari Fungsi SUMIFS ini:

Tulis Rumus / Fungsi SUMIFS:
=
SUMIFS(G2:G7,E2:E7,“Buku”,F2:F7,“Merah”)

Artinya:
Jumlahkan data pada Cell G2 sampai Cell G7 dengan kriteria data pada Cell E2 sampai Cell E7 merupakan Buku dan Cell F2 sampai Cell F7 merupakan Merah

Pintasan Panduan COUNT & SUM Excel

  1. COUNT and SUM: (Anda Disini)
  2. COUNT Blank/Non-Blank Cells: Fungsi untuk menghitung jumlah Cell kosong dan yang berisi.
  3. COUNTIF: Contoh Lengkap cara menggunakan rumus COUNTIF (Kriteria berdasarkan angka, teks, menghitung error, dll)
  4. COUNTIFS: Cara menggunakan Fungsi COUNTIFS untuk menghitung banyak data dengan 2 atau lebih kriteria.
  5. COUNT Characters: Cara menghitung jumlah karakter dalam Cell atau Range dan cara menghitung berapa kali karakter tertentu muncul dalam Cell atau Range.
  6. COUNT Cells with Text: Fungsi untuk menghitung jumlah Cell yang berisi huruf
  7. SUM: Fungsi SUM Lengkap (seperti menjumlahkan Range tertentu, semua kolom, cell yang berjauhan, angka besar, menjumlahkan otomatis, menjumlahkan setiap baris ke-n, dll)
  8. Running Total: Menjumlahkan total berjalan (Total berjalan akan berubah setiap nilai baru di tambahkan)
  9. SUMIF: Cara menggunakan Fungsi SUMIF untuk menjumlahkan dengan syarat (Lengkap)
  10. SUMIFS: Cara Menggunakan Fungsi SUMIFS untuk menjumlahkan data dengan banyak Syarat / kriteria.
  11. SUMPRODUCT: Cara menjumlahkan yang lebih kompleks (pahami setiap contohnya)

R_Mardani

"Write based on Experience"

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)