Anda disini: M Jurnal » Insight » 18 Urutan Versi Android Dari Awal Sampai Sekarang

18 Urutan Versi Android Dari Awal Sampai Sekarang

Artikel tentang Urutan Versi Android ini Saya susun mulai dari versi Android Pertama hingga versi tertinggi saat ini.

Informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui. Karena semakin rendah versi Android Anda, maka semakin besar kemungkinan Anda tidak bisa mengoptimalkan penggunaan smartphone tersebut.

Kenapa begitu ? Jawabannya sederhana, karena teknologi itu selalu berkembang. Ketika teknologi terbaru muncul, maka teknologi lama (lawas) cenderung tidak mendapatkan pemeliharaan terjadwal lagi oleh developer.

Selain itu, semakin tinggi (terbaru) versi Andorid Anda, maka semakin banyak jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Bagi Anda penggna setia Android, maka wajib mengetahui 18 urutan tingkat versi Android berikut:

#1 Android Versi 1.0 (Alpha)

Android Versi 1.0 (Alpha) pertama kali rilis pada bulan September tahun 2008. Pada mulanya, Android versi pertama ini bukan untuk kegiatan komersial.

Meskipun demikian, versi Android pertama ini bahkan sudah tersedia fitur canggih (saat itu) seperti dapat mengakses browser, memutar media (Video / Audio), streaming youtube dan bahkan juga dapat mengakses google map.

#2 Android Versi 1.1 (Beta)

5 bulan kemudian tepatnya tanggal 9 Februari 2009, Google resmi merilis Android versi 1.1 (Beta). Namun, versi beta pun juga bukan untuk kegiatan komersial.

Dalam versi beta ini, Google masih memperbaiki beberapa bugs serta meningkatkan fitur dari versi Alpha seperti menyempurnakan fitur rincial lokasi untuk Google Maps serta menambahkan fitur hide dan unhide tombol call.

#3 Android Versi 1.5 (Cupcake)

Nah, selang 3 bulan kemudian tepatnya tanggal 30 April 2009, Google memperkenalkan Android Versi 1.5 (Cupcake) yang sudah bisa digunakan untuk tujuan komersial dan publik.

Dari versi Cupcake (1.5) inilah sejarah perjalanan Android mulai digunakan masyarakat umum.

Dan uniknya, mulai dari versi 1.5 (Cupcake) ini, Android mulai menggunakan nama-nama makanan manis untuk setiap urutan versi berikutnya.

FYI, pada versi Android 1.5 ini, Google telah menyematkan fitur tambahan seperti rotasi layar yang bisa otomatis, widget, serta terdapat keyboard virtual.

#4 Android Versi 1.6 (Donut)

Di urutan keempat, Android mulai merilis versi 1.6 yang di beri nama Donut.

Versi 1.6 lahir tepatnya pada tanggal 15 September 2009. Dari versi inilah Android mulai memberikan fitur persentase sisa baterai, gestur, hingga fitur pencarian pada Play Store.

#5 Android Versi 2.0 (Eclair)

Pada tanggal 26 Oktober 2009, Versi Android Terbaru pun muncul yaitu versi 2.0 (Eclair). Google sudah memperbaiki beberapa bug yang ada pada versi sebelumnya.

Menariknya, pada Versi Eclair ini Android baru tersedia fitur multi-touch, live wallpaper, serta pembaruan UI hingga peningkatan dukungan pada browser untuk HTML5.

#6 Android Versi 2.2 (Froyo)

Urutan ke enam, Android Versi 2.2 (Froyo) mulai hadir. Versi ini hadir pada tanggal 20 Mei 2010.

Nah, mulai versi 2.2 (Froyo) inilah Android mulai berkembang dengan pesat hingga mulai banyak pabrikan ponsel yang ingin menggunakan OS Android.

Salah satu perkembangan fitur pada Versi Froyo ini adalah terdapat fitur Zoom gambar melalui galeri hanya menggunakan gestur (sentuhan tangan) hingga Android juga sudah mendukung animasi berformat GIF pada Web Browser.

Selain itu ada juga fitur yang menjadi andalan yaitu USB tethering hingga tersedianya Hotspot WIFI. Fitur-fitur inilah yang menjadi andalan Android Versi 2.2 sebagai versi tertinggi saat itu.

#7 Android Versi 2.3 (Gingerbread)

Kepopuleran Android mulai tampak pada Versi 2.3 (Gingerbread) ini. Dengan resmi rilis pada tanggal 6 Desember 2010, Android 2.3 mulai banyak terdapat pada OS perangkat mobile.

Bahkan Android berhasil bekerja sama dengan salah satu pabrikan besar perangkat mobile yaitu Samsung.

Pada versi inilah Android mulai resmi bertengger pada produk Samsung Galaxy Series.

Sementara apa sih kelebihan Android versi 2.3 ini ? Saat itu, Google sudah memberikan dukungan copy – paste kata yang terdapat pada layar hanya dengan menekan layar hingga menambahkan beberapa dukungan sensor.

#8 Android Versi 3.0 (Honeycomb)

Tepat tanggal 22 Februari 2011, Android merilis versi terbaru yaitu 3.0 (Honeycomb) yang menjadi versi tertinggi saat itu. Uniknya, versi ini lebih khusus untuk perangkat tablet dan PC.

Versi Android 3.0 membawa fitur komputasi bisnis yang didukung dengan prosesor multi-core.

Bahkan prosesor ini mampu mempercepat perpindahan antar aplikasi yang sedang digunakan (berjalan) saat itu. Dari sini perkembangan multitasking recent apps Android mulai tampak.

#9 Android Versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Dari namanya memang manis, tapi gimana dengan fitur nya ? Ternyata pada versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ini, Google mulai meningkatkan performat ponsel agar mampu melakukan multitasking yang berat.

Salah satunya adalah membawa fitur yang dimiliki versi 3.0 (Honeycomb) agar bisa digunakan pada ponsel hingga mengembangkan UI serta custumize widget.

Ohya, Android Versi 4.0 ini resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011.

#10 Android Versi 4.1 (Jelly Bean)

Selang waktu 8 bulan kemudian atau tepatnya pada tanggal 27 Juni 2012, Android Versi 4.1 (Jelly Bean) hadir sebagai versi Android tertinggi saat itu.

Pada versi ini, Google lebih fokus untuk meningkatkan performa OS Android dari sisi antar muka.

Salah satu fitur yang terbaru adalah pengguna bisa membuat desain kustom untuk keyboard hingga tersedianya fitur gestur pada keyboard.

Selain itu juga tersedia dukungan tampilan nirkabel dan pengguna juga bisa menyesuaikan ukuran widget.

#11 Android Versi 4.4 (KitKat)

Versi Jelly Bean cukup lama berada di pasaran. Hingga 16 bulan kemudian yaitu pada 31 Oktober 2013 Google baru merilis Versi 4.4 (KitKat).

Salah satu fitur yang cukup baik pada versi ini adalah dukungan WebView menggunakan Chromium, sensor batching hingga step detector.

Selain itu, Versi 4.4 mampu mengoptimalkan kinerja perangkat yang memiliki spesifikasi rendah.

#12 Android Versi 5.0 (Lollipop)

8 bulan kemudian (25 Juni 2014), Google merilis Android Versi 5.0 (Lollipop). Versi ini merupakan pengembangan yang luar biasa.

Karena versi Lollipop tidak hanya diperuntukkan untuk smartphone saja. Melainkan juga bisa berjalan pada perangkat mobile lainnya seperti Android TV hingga Google Fit.

Dengan hadir nya versi terbaru ini, Google memberikan fitur User Interface yang mengadopsi material design Google.

Selain itu, tersedia pula fitur Factory Reset Protection. Fitur ini sangat berguna jika Anda kehilangan perangkat. Karena perangkat Anda tidak akan bisa direset ulang orang lain tanpa membuka proteksi yang Anda buat.

#13 Android Versi 6.0 (Marshmallow)

Tepat pada tanggal 5 Mei 2015, Android Versi 6.0 (Marshmallow) mulai hadir.

Dari versi 6.0 inilah Anda mulai kenal dengan Finger Print yaitu fitur Sensor Sidik jari untuk bisa mengakses perangkat.

Selain itu, fitur multi window yang semula hanya ada pada perangkat PC juga bisa Anda gunakan pada Android 6.0. Apa itu multi window ? Yaitu fitur membuka lebih dari 1 aplikasi yang dimuat dalam 1 layar.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot beralih antar aplikasi.

Fyi, ada lagi nih fitur menarik lainnya. Android 6.0 sudah mendukung platform virtual reality serta tersedia mode data saver yang mampu mengurangi pemakaian bandwidth perangkat.

#14 Android Versi 7.0 (Nougat)

Lagi Android mampu memanjakan pengguna. Pada versi 7.0 (Nougat) ini, Google meningkatkan performa user interface.

Dengan peningkatan inilah Anda bisa menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan dengan jumlah yang lebih banyak pada fitur Multi Window.

Selain itu, pada versi 7.0 ini juga tersedia mode malam (night mode) hingga dukungan panggilan multi-endpoint.

Fyi, Androdi 7.0 (Nougat) resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2016.

#15 Android Versi 8.0 (Oreo)

Bulan Agustus 2017, Android 8.0 (Oreo) resmi dirilis. Kembali lagi Google meningkatkan kemampuan OS Android untuk pengguna agar bisa dengan mudah mengakses aplikasi.

Pembaruan yang di bawa pada versi 8.0 ini adalah fitur Autofill hingga meningkatkan kecepatan booting.

#16 Android Versi 9.0 (Pie)

Setahun kemudian yaitu bulan Agustus 2018, Android Versi 9.0 (Pie) sudah resmi dirilis. Goolge meningkatkan kemampuan AI (Kecerdasan Buatan) untuk memanjakan Anda dalam penggunaan Smartphone.

Fitur AI ini mampu mengenali pola Anda dalam memakai perangkat. Selanjutnya, fitur AI memberikan rekomendasi terbaik agar sesuai kebiasaan Anda dalam menggunakan perangkat.

Selain itu, Android Pie juga sudah terdapat fitur Adaptive Brightness yaitu fitur pencerahan layar secara otomatis hingga fitur ponsel Bezel Less.

#17 Android Versi 10 (Android Q)

Jika sebelumnya Android menggunakan nama-nama makanan manis, berbeda dengan versi 10. Pada versi ini, Goolge hanya memberikan nama Android Q saja tanpa nama makanan manis.

Informasi yang Saya dapatkan, Nama Android 10 ini bertujuan untuk memperingati 10 tahun Android. Tidak terasa sudah 10 tahun berjalan.

Lalu apa yang menarik dari Android Versi 10 ini ? Google lebih fokus untuk mengoptimalkan night mode hingga meningkatkan fitur Sound Amplifier untuk mengatur kualitas suara dari speaker perangkat.

#18 Android 11

Nah ini dia Versi Terbaru Android sekarang. Goolge mengkalim bahwa Android 11 merupakan OS yang mampu mengoptimalkan cara menggunakan ponsel, mengelola komunikasi, memudahkan aktivitas hingga kontrol privasi.

Android 11 bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis, mengoptimalkan performa dalam bermain game, streaming 5G, bahkan google juga memberikan Asisten Google baru pada versi ini.

Demikian artikel tentang 18 Urutan Versi Android dari Awal Sampai Sekarang.

Anda juga bisa mengetahui versi Android Terbaru / Tertinggi sekarang di website Resmi Android milik Google.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)