Anda disini: M Jurnal » Insight » Yakin itu Toko Online Terpercaya ? Lihat 10 Ciri-Cirinya

Yakin itu Toko Online Terpercaya ? Lihat 10 Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Website Toko Online / Social Media terpercaya. Jangan Sampai tertipu!

Sekarang udah banyak juga orang-orang mulai terbiasa belanja online, entah itu melalui website toko online maupun melalui social media seperti Facebook dan Instagram. Tapi mesti hati-hati loh. Mesti tahu ciri-ciri Website atau Toko Online Terpercaya.

Jumlah Toko Online menggunakan social media udah banyak sekali. Di tambah lagi Toko Online Menggunakan Website Sendiri juga udah mulai bertambah.

Dari pada menyesal belakangan, mending hati-hati dari awal. Di artikel ini, saya akan berikan ciri-ciri toko online terpercaya berdasarkan 2 jenis. Yaitu, Toko Online menggunakan Website Sendiri dan menggunakan Social Media (Instagram dan Facebook)

Jika Bisnis Menggunakan Social Media

Facebook dan Instagram adalah Social media yang paling banyak kita temui penjual online nya. Di Facebook, ada 3 tempat paling umum di gunakan pebisnis untuk menawarkan produknya.

Pertama, di Marketplace Facebook. Disini tidak semua jenis produk boleh di tawarkan. Beberapa produk KW dari brand-brand besar tidak bisa di tawarkan di sini. Meskipun masih ada beberapa yang masih lolos.

Kedua, di grup-grup jual beli. Umumnya grup jual beli ini dibuat pengguna untuk menjangkau konsumen lokal. Biasanya transaksi terjadi secara Cash on Delivery (COD). Dan transaksi tidak di tanggung admin grup.

Ketiga, di Fans Page Facebook. Fitur ini sendiri juga di desain untuk mendukung pebisnis. Jika bisnis tersebut menjual barang fisik, Anda bisa menemukan Tab Produk seperti gambar berikut:

Ciri-Ciri Website Toko Online / Social Media terpercaya. Jangan Sampai tertipu!

Di tab produk, Anda juga bisa mengetahui informasi produk seperti harga, bahan, ukuran, dan detail lainnya.

Sedangkan di Instagram, Toko Online biasanya menggunakan profil bisnis (meskipun ada juga yang menggunakan profil private). Ini fitur yang di sediakan instagram untuk mendukung para pebisnis. Dan biasanya pemilik bisnis memposting foto produk secara berkala.

Kali ini pembahasan akan di fokuskan pada Toko Online menggunakan instagram. Tapi ciri-ciri yang akan di sampaikan juga bisa di alihkan ke toko online menggunakan Fans page Facebook. Di sesuaikan aja dengan perbedaan tampilan fans page.

10 Ciri-Ciri Toko Online Social Media Terpercaya

Online Shop Asli - Tidak menipu
  1. Memiliki Website Sendiri. Website menjadi ciri-ciri utama bisnis online terpercaya.
    Website menjadi sebuah identitas bisnis bahwa mereka itu benar-benar ada. Pastikan Website Mereka bukan Website Gratisan.
  2. Banyak Review Positif dari Pembeli. Agak sulit juga melihat review real dari toko online social media ini. Kebanyakan malahan review dari screenshoot chat WA.
    Salah satu cara menyiasatinya, lihatlah komentar di postingan mereka.
  3. Memiliki Follower Asli (Bukan Akun Fake). Follower bisa di beli. Nah, banyak juga akun instagram yang punya belasan ribu follower, tapi like + Koment cuma 2 atau 3. Ini patut di curigai. (Lihat Perhitungan Engagement Rate).
  4. Memiliki Engagement Rate Rata-Rata atau Lebih. Engegement rate itu (Total Like + Total Komentar) / Total Follower. Dan rata-rata Engagement Rate yang baik itu 1% – 3,5%.
    Jika lebih, itu semakin terpercaya. Contoh Engagement Rate Postingan Instagram @eigeradventure. Sesuai Rumus (48.616+256)/1.600.000 – 0,0305 atau 3,05%
  5. Customer Service Fast Respon. Kalau usahanya berjalan lancar, customer service pasti selalu ada. Karna bagi pebisnis, pembeli / calon pembeli adalah raja.
  6. Pastikan Customer Servicenya Fast Respon (Sesuai Jam Kerja Mereka).
  7. Bersedia Transaksi Menggunakan Rekber. Kalau belanja online di Toko Online Branded (Centang Biru), transaksi menggunakan rekber tidak wajib. Itu menyesuaikan apakah mereka menyediakan atau tidak.
    Tapi kalau belanja online di Toko Online biasa, mereka wajib menyediakan transaksi menggunakan rekber. Demi meningkatkan kepercayaan konsumen.
  8. Bisa Retur Jika Ada Kesalahan dari Pihak Pengirim. Tentunya ini wajib. Jika tidak bersedia retur, mendingan ga usah deh.
  9. Bisa COD. Tentu lebih aman jika transaksi bisa bayar di tempat. Terlebih lagi kalau belanja di toko online biasa. (Sebagian Toko Online Branded tidak menyediakan Fitur COD).
  10. Akun Tidak Private (Instagram). Terbuka terhadap konsumen itu menjadi salah satu ciri – ciri toko online terpercaya.
  11. Tersedia Alamat Toko Fisik (Bisa di cari di google map). Umumnya alamat toko fisik di tampilkan pada link bio. Bisa berbentuk link google map atau alamat lengkap.

Contoh Toko Online Social Media Terpercaya

Berikut ini beberapa toko online brand lokal yang menggunakan instagram:

  1. @eigeradventure Brand Lokal Indonesia Kualitas Ekspor dengan Website (www.eigeradventure.com)
  2. @bro.do Brand Lokal Indonesia dengan Website (www.bro.do).
  3. @orangrumah_id Berbagai Macam Brand Lokal dan International Tersedia dengan Website (www.orangrumah.id)
  4. @torch.id Brand Lokal Indonesia dengan Website (www.torch.id)

Nah gimana dengan Toko Online Social Media yang tidak memiliki website ? Apakah mereka tidak bisa dipercaya ?

Tunggu dulu. Bisa jadi mereka baru merintis bisnis mereka. Namanya saja baru merintis, tentu mereka tidak mendapatkan followers yang banyak, bahkan centang biru.

Tipsnya, Anda bisa menilai dari sebagian ciri-ciri toko online social media di atas. (Lewatkan bagian “Memiliki Website Sendiri”).

Nilailah Review Positif, Followers Asli, Engaement Rate di atas Rata-Rata, Customer Service Fast Respon, Bersedia Menggunakan Rekber, Bisa Retur, Bisa COD, Akun Tidak Private dan Tersedia Alamat Toko Fisik + Tambahan jika Anda udah mengenal (tahu) siapa pemilik bisnisnya.

Beberapa Toko Online Social Media yang Saya Tahu dan dapat dipercaya (beberapa ownernya teman saya):

  1. Instagram @chimrunkstore Brand Lokal “Merintis“. Pemiliknya @riskylesmana31
  2. Instagram @mamang_jam_jambi Online Shop Jam Tangan. Pemiliknya @rico_saputrawidjaya

Note: 2 Akun Instagram Bisnis di atas hanya contoh. Tidak menjadi rekomendasi.

Meskipun toko online social media memiliki website sendiri, belum tentu mereka dapat di percaya. Ada ciri-ciri khusus yang menandakan mereka dapat dipercaya. Silahkan simak penjelasan saya berikut:

Jika Bisnis Menggunakan Website

Website Toko Online Terpercaya

Toko online menggunakan website terdiri dari 2 kategori. Pertama, menggunakan Website Sendiri. Kedua, menggunakan situs Marketplace (seperti shopee / tokopedia).

Kali ini pembahasan lebih dikhususkan untuk Toko Online menggunakan Website Sendiri dan sedikit selingan untuk menggunakan marketplace.

10 Ciri-Ciri Toko Online Terpercaya Menggunakan Website

Ciri-Ciri Website toko online terpercaya. Jangan Sampai tertipu!
  1. Menggunakan Domain Berbayar (Bukan Gratisan). Cara gratis yang bisa di gunakan orang banyak, menunjukkan bisnis tersebut tidak serius. (Pelajari Tentang Domain disini).
    Ciri-ciri website gratisan paling gampang di temui pada alamat domainnya. Seperti ” namawebsite.blogspot.com ” atau ” namawebsite.wordpress.com “.
    Alamat website tersebut hanya numpang di blogspot dan wordpress.
  2. Website Terverifikasi Aman dengan Sertifikat SSL. Sertifikat SSL ini merupakan standar keamanan website. Cara mudah mengetahui nya, coba ketikkan di browser https:// sebelum nama domain.
    Misalnya https://mjurnal.com dan tekan enter. Lalu lihat di sebelah alamat website. Jika ada tanda gembok, maka website menggunakan sertifikat SSL.
  3. Hanya Orang yang Sudah Membeli Bisa Memberikan Review / Testimoni.
    Ada sistem website yang mengatur “hanya pembeli yang bisa memberikan review” atau “Siapapun bisa memberikan review”.
    Jangan Percaya jika website tersebut membebaskan siapapun memberikan review. Ini menjadi tanda tanya besar ?? Orang yang tidak beli pun bisa kasih review ? Kok dia tau kualitas nya ? Apa itu cuma settingan ? Itu loh maksud saya.
    Berbeda dengan situs terpercaya seperti Play Store, Tokopedia, dan sejenisnya. Mereka menggunakan sistem review tertutup khusus orang yang udah pernah menggunakan / membeli. Ini lebih jujur.
  4. Memiliki Review Positif dari Pelanggan. Menyambung point ke 3. Sekarang kita cek review nya. Banjir komentar negatif atau positif kah ?. Utamakan website toko online yang banyak review positif nya.
  5. Detail Produk Lengkap. Ini Wajib loh. Website harus menyediakan detail produk selengkap-lengkapnya, seperti ukuran, bahan, dll
  6. Ada Customer Service. Bisnis yang profesional menyediakan customer service untuk menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan.
  7. Tersedia Alamat Toko Fisik dan Akun Media Social. Ini sebagai bukti bahwa mereka ada untuk kita.
  8. Bisa Retur Jika Kesalahan Pengirim. Disini bisa Anda lihat seberapa bertanggung jawabnya bisnis tersebut.
  9. Bisa COD (Optional). Mungkin sebagian brand lokal tidak menggunakan layanan COD. Tapi, Website Toko Online yang memberikan fitur COD memiliki point plus.
  10. Ada Halaman Kebijakan pada Website. Lihat pada menu Websitenya.

Contoh Website Toko Online Terpercaya

Berikut ini beberapa contoh Website toko Online yang sudah punya nama di Indonesia (tapi bukan rekomendasi):

  1. Torch (www.torch.id). Kategori Bisnis Fashion.
  2. Brodo (www.bro.do). Kategori Bisnis Fashion.
  3. Orang Rumah Indonesia (www.orangrumah.id). Kategori Bisnis Fashion.
  4. Eiger (www.eigerindostore.com). Kategori Bisnis Fashion.
  5. Shopee (www.shopee.co.id). Kategori Bisnis Marketplace.
  6. Tokopedia (www.tokopedia.com). Kategori Bisnis Marketplace.

Sebenarnya masih banyak Website Toko Online Terpercaya lainnya. Nanti akan saya bahas lebih detail pada artikel terpisah.

Penting! Sulit ga membuat Website Toko Online itu ? Tidak Sulit. Saya sudah menyusun Tahap demi Tahap Cara membuat Website Toko Online (GRATIS). Selengkapnya silahkan Kunjungi Pusat Panduan Woocommerce M Jurnal.

Tips Agar Terhindar dari Penipuan Belanja Online

Ciri-ciri Toko Online Terpercaya baik Social Media maupun Website sudah kita bahas di atas. Tips ini lebih dikhususkan untuk Anda yang berbelanja online pada bisnis yang baru berkembang.

Mungkin ada Online Shop Social Media yang baru merintis bisnis mereka. Tentu saja beberapa ciri-ciri diatas belum sepenuhnya ada pada mereka. Seperti Review, Followers, dll..

Bukan berarti kalau mereka itu penipu. Kita pasti sama-sama tahu, membangun sesuatu dari nol itu sangat berat. Banyak tantangan yang pasti dihadapi sebelum bisnis mereka menjadi besar.

Saya berusaha tidak memihak kepada siapapun. Namun untuk mengurangi tindak kejahatan secara online, Anda bisa coba tips berikut:

  1. Pastikan Online Shop Tersebut Memiliki Identitas Bisnis seperti alamat atau owner nya jika perlu.
  2. Detail Produk Harus Jelas. Mintalah sedetail mungkin.
  3. Sistem Promo Harus Jelas (Jika mereka menerapkan promo). Minta informasi sejelas mungkin dan upayakan tidak ada miss communication.
  4. Cara Transaksi Harus Jelas dan Dimengerti. Umumnya penipuan selalu mengarahkan transaksi menggunakan sistem pembayaran baru dan jarang di ketahui orang banyak. Tujuan penipu cuma untuk mengelabui orang yang tidak tahu.
  5. Jangan mau jika mereka berusaha mengajari Anda untuk melakukan transaksi. Mintalah bantuan teman / kerabat yang lebih mengerti atau lakukan transaksi yang Anda mengerti saja.
  6. Jika perlu, upayakan video call. Karna belanja online tidak bertatap muka secara langsung. Video Call bisa jadi alternatif.
  7. Lebih jeli lagi melihat testimoni real yang mereka upload. Sebagian besar Online Shop terutama yang menggunakan social media memberikan bukti / testimoni dari screenshot chat whatsapp atau aplikasi chat lainnya. Ini Tidak Sepenuhnya salah juga Tidak Sepenuhnya Benar. Kenapa ? Karena yang begituan juga bisa di buat-buat. Tinggal chat sama no sendiri, lalu screenshoot. terus sebelum upload, sensor pada bagian nomornya. Dan Testimoni seperti ini lah yang Salah.

Kritik dan Saran sangat membantu Saya dalam menyusun artikel terbaik. Silahkan coret-coret di kolom komentar ya.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)