Anda disini: M Jurnal » Insight » Buat Website Toko Online Wajib Punya Hosting dan Domain !

Buat Website Toko Online Wajib Punya Hosting dan Domain !

Punya Website Toko Online sendiri untuk jualan memang mengasyikkan. Terlebih lagi jika Anda ingin meningkatkan image brand yang sedang dibangun. Nah kali ini, Saya akan bahas kenapa Buat Website Toko Online Wajib Punya Hosting dan Domain sendiri.

Ada baiknya kita kenalan dulu sama Hosting dan Domain ini. Apa sih sebenarnya Hosting dan Domain ini ? dan apa perbedaan ke duanya.

Apa itu Hosting ?

Hosting adalah suatu layanan virtual yang berfungsi untuk menyimpan file-file Website (semuanya). Kita sederhanakan aja. Hosting itu bisa di katakan memory penyimpanan seperti handphone pribadi Anda. Jadi fungsinya adalah untuk menyimpan semua data website termasuk website itu sendiri.

Hosting ini punya juga ada size nya. Dan satuan ukuran nya pun sama dengan memory handphone, seperti 500MB, 1GB, 2GB dst. Nah, dalam hosting, Anda bisa menyimpan lebih dari 1 website sekaligus (sesuai size hosting nya).

Jadi kita udah tahu nih, Hosting itu ibarat memory penyimpanan handphone, sedangkan website ibaratkan aplikasi serta data-data yang disimpan dalam memori handphone.

Apa itu Domain ?

Domain adalah nama website atau biasa juga disebut alamat website. Misalnya, di handphone Anda terdapat aplikasi bernama kalkulator, kalender, dan kamera. Nah, nama-nama aplikasi tersebut sebagai identitas dari aplikasi itu sendiri. Begitu juga dengan website, mesti ada domain-nya.

Contoh domain itu seperti mjurnal.com. mjurnal adalah nama unik domain, sedangkan .com adalah ekstensi domain itu. Coba Anda cek di google, dapat di pastikan hanya ada 1 website yang menggunakan domain mjurnal.com.

Contoh lainnya, yaitu website toko online TORCH dengan Domain torch.id. Web Store TORCH menggunakan ekstensi domain .id. Dan hanya ada 1 website yang menggunakan domain beserta ekstensi tersebut.

Apa Keuntungan Hosting Buat Website Toko Online Sendiri ?

Memiliki hosting sendiri sangat penting untuk buat website toko online ( E Commerce ) sendiri. Meskipun Anda bisa menggunakan hosting gratis untuk domain sendiri, tapi opsi ini sangat sangat tidak di sarankan untuk sebuah bisnis.

Kenapa begitu ? Karena hosting gratis memiliki keterbatasan yang sangat memperlambat perkembangan Website Toko Online. Perkembangan yang Saya maksud itu seperti membuat design website sesuai keinginan sendiri, optimasi website agar mudah di temukan konsumen, hingga proses-proses pengembangan lainnya.

Tenaang, harga sewa hosting itu sendiri murah kok. Sekitar 25.000/bulan pun ada. Semakin besar size yang Anda butuhkan, tentu biayanya akan lebih besar lagi.

Sepengalaman Saya, hosting size 1GB pun juga udah cukup untuk membangun website toko online. Dan beberapa penyedia layanan hosting pun memberikan kebebasan untuk bisa upgrade size hosting kapan pun. Jadi jika size hosting saat ini dirasa tidak cukup, Anda bisa lakukan upgrade ke layanan yang lebih gede.

Apa Keuntungan Domain Buat Website Toko Online Sendiri ?

Namanya juga sebuah identitas, tentu domain sendiri sangat penting bagi sebuah bisnis. Setidaknya ada 3 Keuntungan Terpenting Memiliki domain sendiri.

  1. Branding. Anda bisa meningkatkan image brand yang sedang dibangun dengan sebuah domain. Karena domain sendiri merupakan identitas tunggal yang Anda miliki. Berbeda dengan domain gratisan (seperti namatoko.wordpress.com atau namatoko.blogsopt.com).
    Ini sering di sebut subdomain. Dan coba perhatikan adanya nama pemilik domain (wordpress dan blogspot) pada alamat website gratisan.
  2. Profesional. Domain sendiripun bisa memberikan kesan profesional untuk toko online Anda. Bahkan juga bisa menjadi unique selling proposition business yang kemudian bisa meningkatkan daya saing bisnis Anda.
  3. Memanjakan Konsumen. Dengan adanya domain, konsumen bisa mengingat nama brand Anda dan memudahkan mereka dalam mencari brand Anda di internet. Contohnya, mereka hanya mengetikkan nama brand Anda, maka akan muncul website Anda di posisi No. 1.

Penting! Sulit ga membuat Website Toko Online itu ? Tidak Sulit. Saya sudah menyusun Tahap demi Tahap Cara membuat Website Toko Online (GRATIS). Selengkapnya silahkan Kunjungi Pusat Panduan Woocommerce M Jurnal.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)