Anda disini: M Jurnal » Insight » Apa itu CMS Website ? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Apa itu CMS Website ? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

Ketika Anda sudah mengetahui tentang apa itu CMS website ? Saya yakin Anda bisa berkata: Ooh ini software yang Saya butuhkan dalam mengelola website.

Namun masih ada beberapa orang yang masih belum tahu apa itu CMS, untuk apa kegunaannya, apakah aman, dan bagaimana cara kerjanya.

Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam, kenapa CMS itu penting, mari simak beberapa penjelasan berikut:

Apa itu CMS ?

CMS atau singkatan dari Content Management System adalah sebuah software yang berguna untuk membuat, mengubah dan mengelola berbagai jenis konten website seperti:

  • Menampilkan tulisan atau artikel.
  • Membuat portal berita.
  • Membuat dan mengelola produk (termasuk foto, harga hingga proses transaksi).
  • Mengupload dan menampilkan gambar maupun video.
  • Membuat dan mengelola postingan forum.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Jadi dengan CMS, Anda bisa membuat berbagai macam jenis website seperti Profil Perusahaan, Blog, Forum Online, website sekolah, hingga E-Commerce tanpa melakukan coding sedikit pun.

Selain itu, proses membuat website menggunakan CMS pun juga mudah – hanya perlu beberapa klik saja. Anda juga bisa menggunakan banyak pilihan template dan fitur tambahan siap pakai.

Content Management System adalah software yang memudahkan dalam membuat, mengubah dan mengelola konten Website

Sementara jika tidak menggunakan CMS, maka Anda harus memahami bahasa premrograman seperti HTML, CSS, PHP dan lain sebagainya.

Anda harus menyusun baris-baris kode yang sebetulnya tidak akan Anda sentuh sedikit pun jika menggunakan Content Management System.

Nah, semoga penjelasan diatas sudah menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu CMS ?.

Dari pengertiannya terlihat jelas bahwa CMS dapat mempermudah pekerjaan. Namun, timbul pertanyaan: Aman ga ?

Apakah CMS Aman ?

Tergantung… Tergantung dari diri Anda sendiri sebagai pengelola website.

Namun pada dasarnya, Content Management System itu 99% aman selama Anda menggunakan CMS terupdate dan tidak melakukan hal-hal yang aneh.

Apakah CMS Website itu Aman ?

Hal-hal aneh itu seperti menggunakan plugin atau ekstensi atau theme bajakan (nulled) atau yang menggunakan embel-embel GPL untuk versi premium yang disediakan gratis atau dengan harga miring.

Itu yang paling sering terjadi dan membuka celah keamanan.

diskon-hosting

Dan pemilik website pemula yang menggunakan CMS biasanya tertarik dengan yang beginian. Ingat… hati-hati…

Lalu kenapa Saya sebut CMS itu hanya 99% aman ?

Karena tidak ada sistem yang betul-betul 100% aman. Bahkan sekelas Google pun juga begitu.

Lalu apa yang membuat pengguna percaya dengan produk mereka ? Karena ada tim pengembang. Tim ini lah yang berusaha untuk meningkatkan keamanan sistem mereka.

Jadi ketika mereka mendeteksi adanya bug dan membuka celah keamanan, maka mereka akan mencari cara untuk segera menutup celah tersebut. Dari situlah timbul update versi terbaru.

Begitu juga dengan CMS. Setiap CMS juga dikembangkan oleh tim-tim yang berpengalaman. Basis penggunanya juga sangat banyak. Ada tim support nya juga.

Jadi jika Anda menemukan kendala, Anda bisa mendapatkan solusi yang tepat, baik dari tim support maupun dari artikel-artikel tutorial yang banyak beredar di internet.

Namun, jika Anda tidak percaya dengan sistem yang dikembangkan oleh tim yang berpengalaman, solusinya…

Ya buat sistem sendiri… Kembangkan sistem keamanan sendiri… dan lain sebagainya hahahaha

Kalau bisa, ya kenapa tidak. Kalau ga bisa, ya jangan dipaksa. Lebih baik maksimalkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mempromosikan dan mengambangkan website bisnis Anda.

FYI, bahkan website-website besar seperti disney hingga website pemerintah pun juga menggunakan CMS.

Bagaimana Cara Kerja CMS ?

Ketika Anda sudah tidak ragu dalam menggunakan CMS, tentu akan terpikir: Bagaimana sih cara kerja CMS itu ? Apakah benar-benar bisa membantu Saya dalam mengelola konten website ?

Saya jelaskan dulu…

Bagaimana cara kerja CMS ?

CMS akan membantu Anda untuk membuat website modern dengan 2 bagian utama yang berbeda yaitu:

  • Front-end adalah tampilan yang akan dilihat oleh pengunjung. Jadi orang-orang akan melihat, membaca hingga bisa melakukan transaksi (jika disetting) di situs Anda melalui Front-end. Salah satunya postingan yang Anda baca saat ini.
  • Back-end adalah tampilan yang hanya bisa diakses Admin atau user yang diizinkan saja. Bagian ini terdiri dari database dan fungsionalitas lainnya.

Note: Secara manual, setiap Anda membuat konten website, maka Anda harus menguploadnya ke server dan menyimpan didalam database (back-end). Kemudian, agar konten bisa diakses oleh pengunjung, maka Anda harus menghubungkan back-end dengan front-end.

Nah dengan CMS, Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan tentang front-end dan back-end. Semua sudah disetting secara otomatis.

Selain itu, Content Mangement System juga memiliki Editor teks khusus untuk membantu Anda dalam membuat konten dengan tampilan yang sangat user-friendly.

Editor ini sangat mudah digunakan. Bahkan tampilannya pun hampir sama dengan Microsoft Word.

Jadi jika ingin membuat konten, Anda bisa menggunakan editor tersebut. Apabila konten sudah siap, maka Anda bisa langsung mempublikasikannya dengan cara klik tombol Publish.

Jadi Anda tidak perlu lagi mengupload konten ke server dan menampilkannya ke frond-endsecara manual.

Note: Konten bisa berupa teks, gambar, video, audio hingga jenis-jenis file lainnya.

Fitur dan Manfaat CMS

Setiap Content Management System tentu memiliki fitur-fitur yang berbeda sehingga memberikan manfaat yang berbeda pula. Fitur dan manfaat utama CMS sudah Saya jelaskan diatas.

Selain itu, masih banyak fitur dan manfaat CMS yang bisa Anda dapatkan yaitu:

#1 Efisiensi & Ramah Pemula

Content Management System dapat menghemat biaya dan waktu dalam pembuatan website.

Software ini akan memudahkan proses instalasi, pembuatan konten, pengembangan web hingga maintenance. Sehingga Anda bisa memprioritaskan modal untuk kegiatan promosi usaha secara online.

Selain itu, pengelolaannya yang mudah juga sangat cocok untuk pemula.

#2 Tersedia Banyak Template Dengan Desain yang Beragam

CMS yang populer memiliki banyak sekali pilihan template dengan desain keren. Bahkan ada template yang gratis maupun premium.

Selain menggunakan template yang disediakan, Anda juga bisa menggunakan template buatan sendiri. Proses instalasi template juga gampang, cuma perlu beberapa klik saja.

#3 Mudah Menambahkan Berbagai Macam Fitur Tambahan

Jika Anda membutuhkan fitur tambahan, Anda bisa menginstall plugin atau ekstensi. Saat ini juga banyak developer yang mengembangkan plugin / ekstensi baik gratis maupun premium.

Biasanya, salah satu fitur tambahan yang populer itu seperti E-Commerce untuk menambahkan fitur toko online dan memungkinkan pengunjung membeli produk dan melakukan transaksi secara langsung di situs Anda.

Bahkan Anda juga bisa membuat situs marketplace sendiri seperti tokped, shopee, BL dkk.

Masih banyak fitur lainnya juga, seperti yang populer belakangan ini – page builder yang memungkinkan Anda untuk membuat desain halaman sesuai selera dengan cara drag-and-drop alias klik-tahan-tarik-lepas.

#4 Tersedia Data Analytics

Beberapa CMS memiliki fitur untuk mengumpulkan data pengunjung situs Anda seperti data berapa banyak orang yang melihat konten tertentu, mengetahui konten mana yang populer di situs Anda dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk situs E-Commerce, Anda juga bisa mengetahui total biaya, penjualan hingga total keuntungan bersih.

Semua data ini bisa Anda lihat dalam dashboard Admin masing-masing CMS.

#4 Kemudahan Integrasi Dengan Pihak Ke Tiga

Salah satu integrasi dengan pihak ke tiga yang paling populer itu seperti integrasi dengan Tools Google Analytics.

Tools ini sangat lengkap dan tentunya akan memberikan kemudahan untuk melihat dan menganalisa data kunjungan di situs Anda termasuk demografi, geo, waktu rata-rata kunjungan visitor, hingga melacak penjualan dan produk yang terpopuler.

#6 Dapat Dikelola Banyak User

Jika Anda memiliki tim, Anda juga bisa membuat akun baru yang bisa membantu mengelola website.

Bahkan Anda bisa menambahkan akun user dengan level kemampuan yang berbeda seperti Admin, Penulis, Editor, Manager SEO, Manager Toko, Accounting, Marketing dan lain sebagainya.

Level pengguna ini bisa membatasi kemampuan user untuk melakukan sesuatu. Misalnya, penulis hanya bisa membuat konten. Setelah konten sudah siap, maka penulis bisa mengajukan review.

Kemudian editor akan mereview konten sebelum konten tersebut dipublikasikan.

Begitu juga dengan Accounting, mereka tidak bisa membuat konten tapi penulis tidak bisa melakukan tugas-tugas accouting.

Pembatasan tugas user ini sangat penting dalam sebuah organisasi, bisnis, perusahaan hingga pemerintah.

#7 Memudahkan Proses Maintenance

Tidak ada sistem yang abadi. Semua sistem harus selalu diperbaharui untuk mengikuti perkembangan zaman.

Ketika mengelola website, tak jarang pengelola ingin mengubah struktur website baik hanya sekedar mengubah desain, hingga mengubah permalink dan lain sebagainya.

Jika tidak menggunakan CMS, tentu proses maintenance akan memakan waktu yang sangat lama. Terlebih lagi jika Anda memiliki banyak sekali data (ratusan, ribuan, atau lebih). Bahkan ada banyak risiko jika dilakukan secara manual.

Nah, Content Management System dapat memudahkan proses ini. Setiap proses pembaruan ataupun mengubah struktur situs dapat dilakukan secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu melakukan perubahan satu per satu.

Terlebih lagi, CMS juga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi selama proses maintenance. Bahkan Anda juga bisa mengetahui hasil setelah perubahan sebelum melakukan perubahan itu sendiri.

Contoh Content Management System (CMS)

Saat ini sudah banyak aplikasi Content Management System yang tersedia. Ada CMS multifungsi, dan ada juga CMS yang berfokus pada situs E Commerce (baik yang gratis maupun berbayar).

Berikut beberapa jenis CMS yang cukup populer saat ini:

Bicara soal CMS mana yang terbaik akan tergantung dengan tujuan dan kebutuhan Anda dalam membangun website.

Karena setiap CMS memiliki ciri khas masing-masing. Dan tentunya cara menggunakannya juga berbeda-beda.

Kesimpulan

Apa itu CMS ? Secara garis besar, CMS atau Content Management System adalah sebuah aplikasi yang membantu pengelolaan konten web.

Platform ini sangat memudahkan setiap pebisnis dalam membangun website idaman tanpa perlu memahami bahasa pemrograman sekali pun.

Dengan memiliki basis pengguna yang banyak, CMS termasuk aplikasi yang sangat aman dalam mengelola konten web.

Jenis CMS pun bermacam-macam. Ada yang terfokus dalam membangun blog atau web, forum, hingga situs E Commerce.

Secara garis besar, CMS sangat berperan penting dalam membantu pebisnis dan salah satu solusi termudah dalam membangun website.

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59.