Cara Membuat FB Ads Terlengkap, Benar dan Tepat Sasaran
Struktur FB Ads
  • Post author:
  • Post last modified:2021-01-22
  • Post comments:2 Comments
  • Reading time:17 mins read

Setelah kita mengetahui 6 Alasan Penting Beriklan di Facebook, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat FB Ads untuk mengembangkan bisnis.

Mengingat kesuksesan sebuah bisnis bisa diukur dari seberapa efektif dan efisien proses pemasarannya. Jika pemasaran dilakukan dengan benar dan tepat sasaran, maka bisa dikatakan bisnis tersebut sukses mencapai tujuannya.

Lalu apakah iklan di facebook bisa benar-benar menguntungkan ? Apakah benar-benar bisa meningkatkan image brand ?

Semua itu tergantung dari Bagaimana Cara kita membuat setting FB ads dalam menarget calon konsumen. Udah benar atau belum ?

Tidak sedikit juga kawan-kawan M Jurnal yang gagal beriklan di facebook karena salah melakukan setting kampanye. Nah, dari pada mencari tutorial cara membuat FB Ads sana sini, kali ini saya akan jelaskan point demi point sedetail mungkin.

1 Catatan Penting, sebelum bisa membuat iklan di facebook, kawan-kawan harus memiliki Fans Page dan Akun Pengelola Bisnis Facebook. Jika belum punya, silahkan baca artikel Cara Membuat Fans Page dan Akun Pengelola Bisnis untuk FB Ads.

Contoh Kasus FB Ads

Supaya tutorial ini mudah di pahami, saya berikan contoh kasus cara membuat FB Ads yang benar. Kurang lebih saya punya data berikut:

Produk: Kaos Hoodie Polos
Brand: Lokal Indonesia
Tujuan Iklan: Mendatangkan Traffic ke Website
Budget Promosi: Rp 20.000,- @ Day
Periode Promosi: 1 Bulan (Agustus 2020)
Target Lokasi: Pulau Jawa
Target Jenis Kelamin dan Usia: Pria & Wanita umur 18 – 25 tahun
Konten Promosi: 3 Buah Gambar

Nah gimana cara bikin FB Ads nya ? Ada 6 tahap utama yang perlu dilakukan. Mari kita mulai 1 per 1.

Buka Pengelola Iklan

Pertama-tama silahkan buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Namun pastikan kawan-kawan sudah masuk menggunakan akun facebook, memiliki Fans Page Facebook dan Akun Pengelola Bisnis Facebook.

Pilih Metode Pembuatan Iklan

Secara default, facebook akan memberikan pilihan membuat iklan menggunakan Pembuatan Iklan Terpadu atau Pembuatan Iklan Cepat. Saya sarankan, kawan-kawan pilih metode Pembuatan Iklan Terpadu. Tujuannya agar kita bisa membuat iklan lebih detail dan tertarget penuh. Lalu klik buat iklan seperti gambar berikut:

Cara Beriklan di Facebook ads
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap

*PENTING: Sebelum kita lanjut, ada baiknya kawan-kawan harus paham terlebih dahulu seperti apa Struktur FB Ads. Karena dalam membuat FB Ads, ada 3 struktur utama yaitu Kampanye >> Set Iklan >> Iklan. Silahkan baca artikel saya tentang “Fb Ads ? Kenali Struktur Iklan Terlebih dahulu”

Pilih Tujuan Iklan

Tentukan Tujuan Iklan Facebook
Tentukan Tujuan Iklan Facebook

Bagian tujuan ini penting, jangan sampai kawan-kawan salah memilih tujuan sehingga hasilnya tidak sesuai harapan. Ada 3 Pilihan Tujuan Kampanye Iklan di Facebook yang masing-masing ada tujuan spesifik.

1. Kesadaran

  • Kesadaran Merek tujuannya untuk memperkenalkan brand (merek) kita kepada orang banyak.
  • Jangkauan tujuannya untuk menampilkan iklan ke semaksimal mungkin jumlah orang sesuai anggaran kita. Semakin besar anggaran, semakin banyak orang di jangkau.

2. Pertimbangan

  • Lalu Lintas Kunjungan / Traffic tujuannya untuk mengirim orang ke Website, Aplikasi, Acara Facebook maupun Percakapan Messenger. Pengguna akan di arahkan ke tujuan ketika mereka klik iklan.
  • Interaksi tujuannya untuk meningkatkan engagement rate atau untuk mendapatkan suka halaman, like, komentar dan bagikan postingan atau acara.
  • Pemasangan Aplikasi tujuannya untuk mengajak orang lain menginstal dan menggunakan aplikasi kita.
  • Penayangan Video tujuannya untuk mendapatkan durasi tayangan video semaksimal mungkin ke pengguna facebook.
  • Pembuatan Prospek tujuannya untuk mengumpulkan data-data dari pengguna facebook yang tertarik dengan produk kita. Data yang bisa di dapatkan seperti email, nomor telepon dll.
  • Pesan tujuannya untuk mengajak orang-orang langsung menghubungi kita melalui messenger atau WhatsApp. (Cocok kalau kawan-kawan berjualan melalui media sosial saja)

3. Konversi

  • Konversi tujuannya mengarahkan pengguna Facebook untuk melakukan transaksi (pembelian) produk di Website kita. (Cocok kalau kawan-kawan memiliki Website Sendiri).
  • Penjualan Katalog tujuannya untuk menayangkan produk pada katalog yang sudah di buat di Pengelola Katalog Facebook. (Cocok untuk penjualan melalui Fans Page dan Website)
  • Kunjungan Toko tujuannya untuk mengajak pengguna Facebook mengunjungi Toko Fisik ketika mereka berada di sekita lokasi toko. (Cocok untuk penjualan Offline)

Masing-masing tujuan iklan memiliki pengaturan yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil yang optimal. Sesuai contoh kasus, saya menggunakan tujuan Lalu Lintas Kunjungan / Traffic. Sesuaikan dengan tujuan iklan kawan-kawan.

Jika kawan-kawan ingin tujuan yang lain, silahkan request melalui kolom komentar agar saya buatkan tutorial optimasinya.

Atur Kampanye Iklan

Ada 5 bagian yang harus kita atur agar kampanye iklan sesuai dengan tujuan.

Atur Nama Kampanye

Buatlah nama kampanye yang mudah di mengerti dan upayakan berbeda dengan nama kampanye lainnya. Tujuannya agar memudahkan kita mengidentifikasi kampanye iklan jika kita memiliki banyak kampanye iklan. Pada case ini, saya berikan nama Kampanye “Trafik Website“.

Tentukan Kategori Iklan Khusus

Hanya aktifkan bagian ini jika iklan kawan-kawan merupakan kredit, perekrutan karyawan, perumahan, isu sosial, pemilu atau politik. Selain dari itu, jangan aktifkan bagian ini.

Atur Rincian Kampanye

Pada tahap 3. Pilih Tujuan, kita udah menentukan tujuan iklan yaitu “Lalu Lintas Kunjungan / Traffic. Di bagian ini, kita bisa atur lebih detail tujuan iklan Memberikan Batasan Biaya Untuk Iklan Facebook. Gunakan cara ini jika kawan-kawan ingin membatasi biaya dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit.

Gunakan Uji A/B atau Tidak

Uji A/B tujuannya membuat perbandingan strategi iklan mana yang lebih baik mencapai tujuan kita beriklan di Facebook. Uji A/B ini mewajibkan kita membuat 2 iklan dengan konten yang berbeda namun tujuan yang sama.

Fitur ini akan membagi target audiens menjadi 2. Sehingga mereka akan melihat ke dua iklan kita dengan konten yang berbeda. Jadi kita bisa membandingkan konten iklan mana yang lebih menarik pengunjung.

Lebih baik gunakan cara ini jika kawan-kawan udah betul-betul paham membuat FB Ads. Karena jenis fitur ini membutuhkan biaya iklan 2x lebih banyak. Jika tidak menggunakan Uji A/B, maka gunakan optimalkan Biaya Kampanye di bawah.

Optimalkan Biaya Kampanye Iklan

Atur Anggaran Kampanye Iklan Facebook
Atur Anggaran Kampanye Iklan Facebook

Tujuannya untuk membagi anggaran yang kita sediakan ke dalam semua set iklan yang ada. Kawan-kawan juga bisa mengatur anggaran maksimal setiap harinya jika diperlukan. Sesuai case, anggaran harian adalah Rp 20.000,-

Kawan-kawan bebas menentukan anggaran kampanye apakah menggunakan anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi. Perlu di ketahui, Facebook hanya akan menagih biaya sesuai dengan anggaran yang telah kita tentukan.

Lalu gimana cara Facebook menggunakan anggaran kita ?

Anggaran kita akan digunakan sesuai dengan jenis iklannya dan biayanya pun beda-beda untuk masing-masing industri maupun persaingan bid. Setidaknya ada 6 metode penggunaan anggaran yang ada di FB Ads:

  1. Cost per Click (Biaya Per Klik). Yaitu kita hanya akan membayar Facebook ketika ada pengguna lain yang meng-klik iklan kita. Jenis iklan ini sangat cocok untuk tujuan Traffic. Sehingga dari iklan facebook, pengguna akan di arahkan ke Website kita. Tipsnya, Gunakan Click to Action yang paling efektif seperti “Dapatkan Sekarang“, “Pelajari Lebih Lanjut“, atau “Ambil Promo“.
  2. Cost per Mille (Biaya per 1000 Tayang). Yaitu kita akan membayar Facebook ketika iklan telah di tampilkan sebanyak 1000 tampilan. Jenis iklan ini sangat cocok untuk tujuan “Brand Awareness”.
  3. Cost per View (Biaya per Tayangan Video). Yaitu kita akan membayar Facebook ketika iklan video kita di tonton oleh pengguna. Tipsnya, buatlah video menarik sesingkat mungkin. Karena Facebook akan menagih biaya per 1x tonton dalam durasi 10 detik.
  4. Cost per Action (Biaya per Tindakan Pengguna). Yaitu biaya yang akan kita bayar ke Facebook ketika pengguna melakukan tindakan tertentu di Website kita. Tindakan pengguna bisa berupa pembelian, pendaftaran, dll. Tindakan tersebut bisa di lacak menggunakan Pixel Facebook.
  5. Cost per Like (Biaya per Suka). Yaitu kita hanya akan di tagih jika ada pengguna yang menyukai Fans Page Facebook kita melalui iklan. Jenis iklan ini tujuannya sama seperti CPM yaitu meningkatkan Brand Awareness.

Atur Set Iklan

Terdapat 8 bagian yang harus kita sesuaikan pada Set Iklan Facebook sebagai berikut:

Atur Nama Set Iklan

Karena dalam 1 kampanye bisa memiliki 2 set iklan atau lebih, maka untuk mempermudah mengidentifikasi performa iklan, maka berikan nama yang berbeda dengan set iklan lainnya. Dalam contoh ini saya berikan nama Jawa 18-25 P/W. Artinya:

  1. Jawa: Iklan akan di tayangkan ke pengguna Facebook yang tinggal di Pulau Jawa
  2. 18-25: adalah rentang usia pengguna Facebook yang saya target adalah antara 18 tahun sampai 25 tahun.
  3. P/W: adalah jenis kelamin pengguna Facebook yang saya target adalah Pria dan Wanita.

*Note: Pemberian nama ini saya buat sesuai target yang saya tuju. Untuk setting target penggunanya, lihat cara di bawah.

Tentukan Tujuan Trafik

Tujuan trafik maksudnya adalah kemana pengguna akan di arahkan setelah klik iklan kita. Apakah ke Situs Web, Aplikasi, Messenger atau WhatsApp. Di contoh ini, saya memilih situs Web Orang Rumah Indonesia.

Gunakan Materi Iklan Dinamis atau Tidak

Materi iklan dinamis merupakan opsi tambahan jika kita ingin Facebook menyiapkan kombinasi ads yang optimal untuk audiens.

Contohnya kita bisa membuat Teks Promosi, Keterangan, Judul dll masing-masing sampai 5 jenis. Lalu FB akan membuat kombinasi terbaik yang kemungkinan besar menarik perhatian pengguna.

Terus gimana cara setting nya ? Kita akan bahas sesuai urutan saja ya. Cara setting materi iklan dinamis FB Ads bisa dilihat pada bagian Membuat Materi Iklan di bawah. Saya memilih aktifkan fitur ini.

Atur Jadwal dan Anggaran

Buatlah schedule penayangan iklan kita. Kawan-kawan bisa memilih untuk memberikan “tanggal berakhir” iklan di tayangkan atau tidak. Saya sarankan berikan tanggal berakhir.

Kenapa ? karena akan berhubungan dengan metode pembayaran iklan. Jika tanggal berakhir di tentukan, kawan-kawan bisa memilih metode pembayaran iklan menggunakan Transfer Bank Domestik, bukan menggunakan kartu kredit.

*Penting : Buatlah tanggal mulai iklan di tayangkan pada 1 minggu setelah iklan kita dibuat. Karena setelah buat iklan, Facebook akan meninjau iklan kita sebelum di tayangkan. Prosesnya memakan beberapa hari juga.

cara menentukan anggaran set iklan beriklan di facebook
cara menentukan anggaran set iklan di facebook

Lanjut ada pilihan atur batas anggaran. Loh kok atur anggaran lagi ? Kan udah atur anggaran pada tahap atur kampanye di atas ?

Yaa betul, tapii.. anggaran kampanye itu untuk menentukan anggaran total dalam 1 kampanye. Dalam 1 kampanye, bisa terdapat 2 atau lebih set iklan. Contoh ini saya buat anggaran harian kampanye Rp 20.000. Artinya, jika kita memiliki 2 set iklan, maka setiap hari biaya iklan kita hanya Rp 20.000,- yang di bagi 2 untuk semua set iklan kita.

Lalu Atur Anggaran Pada Set Iklan ini untuk apa ? tujuannya membatasi biaya iklan untuk set iklan ini saja. Misalnya, kita ingin membatasi anggaran harian Set Iklan Jawa 18-25 P/W ini maksimal sebesar Rp 7.000,-, maka total anggaran untuk set iklan yang ke 2 sebesar Rp 13.000,-.

Kita bebas menggunakan fitur ini atau tidak. Pada contoh kali ini, saya tidak menggunakannya.

Tentukan Target Audiens (Pemirsa)

Kita bisa menarketkan audiens berdasarkan kriteria tertentu. Ada 6 kategori filter penting untuk menarget calon konsumen terperinci di Facebook Ads. Kawan-kawan bisa memilih untuk menggunakan beberapa filter atau semuanya. Mari kita bahas satu persatu.

Target Audiens Berdasarkan Pemirsa Khusus

Filter ini berguna untuk menayangkan iklan kepada orang-orang yang pernah berhubungan dengan kita baik secara online maupun offline.

Secara online maksudnya adalah orang yang pernah mengunjungi website kita (menggunakan Pixel Facebook) atau Fans Page facebook, meskipun tersebut hanya sekedar like ataupun melihat postingan kita.

Secara offline maksudnya seperti orang yang pernah mengunjungi toko offline kita.

Menggunakan fitur ini membutuhkan pengetahuan lebih dalam mengenai FB Ads. Jadi untuk tahap ini Saya lewatkan saja. Kita Fokus ke tahap awal terlebih dahulu.

Target Audiens Berdasarkan Lokasi

Berhubung target saya adalah pengguna yang tinggal di Pulau Jawa, maka saya pilih target Pulau Jawa. Perhatikan Gambar:

Cara menentukan target FB Ads
Cara menentukan target FB Ads

Kenapa Saya memilih Provinsi di Pulau Jawa ? Kenapa ga langsung aja Pulau Jawa gitu. Karena kalau pilih per Provinsi, laporan hasil iklan akan lebih mudah di analisa.

Nanti akan ada laporan berapa orang yang klik iklan kita dari Provinsi Jawa Barat, dari Jawa Tengah dll. Jadi kita tahu pengguna dari Provinsi mana di (Pulau Jawa) yang tertarik dengan produk kita.

Target Audiens Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin

Pikirkan baik-baik, produk / jasa kawan-kawan lebih cocok untuk orang di usia berapa dan jenis kelamin apa ? Jangan sampai salah menentukan target. Ini sangat penting. Target saya adalah pengguna Facebook pria dan wanita yang berusia antara 18 tahun – 25 tahun.

Target Audiens Terperinci

Filter ini berguna untuk menyaring target audiens yang lebih detail. Bahkan bisa sampai pada filter minat maupun tingkah laku pengguna dalam menggunakan facebook. Perhatikan gambar di bawah, fokus pada bagian penargetan terperinci.

cara beriklan di facebook menentukan target audiens
Cara beriklan di facebook – menentukan target audiens

Saya mengincar pengguna Facebook yang memiliki minat terhadap “Belanja Online”, “Kaos”, dan “Shopee”. Selanjutnya, target audiens saya perkecil lagi dengan filter audiens yang suka berinteraksi (berdasarkan perilaku), yaitu “pelanggan yang berinteraksi”.

Jadi iklan Facebook akan menampilkan iklan ke pengguna yang memiliki minat terhadap Belanja Online, Kaos, dan Shopee serta pengguna yang cenderung berinteraksi terhadap iklan belanja online.

Lalu Perluas Penargetan Terperinci. Hal ini dilakukan, “Jika Seandainya Target Terperinci yang telah kita tentukan tidak begitu optimal. Kawan-kawan bebas mengaktifkan fitur ini atau tidak. Jika hanya ingin fokus dengan target terperinci yang telah di tentukan, jangan centang fitur ini.

Target Bahasa Audiens

Maksud bahasa pengguna ini adalah setelah bahasa yang digunakan pada perangkat pengguna facebook. Di contoh ini saya memilih “Semua Bahasa”.

Karena menurut saya, Kita sudah menarget orang yang tinggal di Pulau Jawa saja. Bukan orang yang sekedar singgah. Lalu, rata-rata setelan bahasa perangkat pengguna Facebook antara Bahasa Indonesia atau English. Target ini tidak akan meleset.

Target Koneksi Audiens

Maksud dari koneksi audiens ini adalah pilihan apakah kita ingin menampilkan iklan ke pengguna facebook ataupun temannya yang sudah pernah minimal berinteraksi dengan Fans Page, Aplikasi, Acara Facebook kita, ataupun kombinasi dari ketiganya.

3 jenis koneksi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa pilihan yang bisa kita tentukan sebagai berikut:

1. Koneksi Fans Page Facebook

  1. Sertakan orang yang menyukai halaman kita
  2. Sertakan teman dari orang yang menyukai halaman kita
  3. Jangan sertakan orang yang sudah menyukai halaman kita.

2. Koneksi Aplikasi

  1. Sertakan orang yang menggunakan aplikasi kita.
  2. Sertakan teman dari orang yang menggunakan aplikasi kita.
  3. Jangan sertakan orang yang menggunakan aplikasi kita.

3. Koneksi Acara Facebook

  1. Sertakan orang yang menanggapi acara kita.
  2. Jangan sertakan orang yang menanggapi acara kita

Teakhir kita bisa memilih kombinasi dari ketiga jenis koneksi di atas.

Pada contoh ini, saya memilih menyertakan semua orang. Ingaat.. sesuaikan dengan jenis iklan kawan-kawan.

Contohnya, kawan-kawan mau iklankan Fans Page untuk meningkatkan Like Fans Page, maka pilih Sertakan teman dari orang yang menyukai halaman kita. atau Jangan sertakan orang yang telah menyukai halaman kita.

Kalau orang yang sudah like halaman kita, sangat mubazir jika iklan di tampilkan lagi ke mereka.

Tentukan Penempatan Iklan

Ada 2 pilihan utama, yaitu Penempatan Iklan Otomatis dan Penempatan Manual. Penempatan otomatis artinya biarlah si FB yang menentukan penempatan iklan.

Penempatan otomatis biasanya akan menempatkan iklan di seluruh Platform (Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger)

Konten Terkait:
WA Bisnis, Aplikasi Pendukung Para Pebisnis Millennial
Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil Bahkan Gratis

Selain itu, kita juga bisa menentukan apakah iklan ditampilkan pada perangkat seluler saja, dekstop saja, atau kedua-duanya.

Tapi kalau kawan-kawan ingin fokus beriklan di Facebook dan Instagram saja, serta hanya menampilkan pada perangkat seluler, maka pilih penempatan manual, lalu atur penempatan iklan sendiri. Seperti gambar berikut:

Cara Membuat FB Ads penempatan iklan
Cara membuat penempatan iklan FB Ads Terbaik

Note: Jika Audience Network (pemirsa di luar facebook) di nonaktifkan biasanya biaya akan lebih tinggi.

Oh ya, sepanjang kita setting Set Iklan, di sisi sebelah kanan tersedia estimasi jangkauan iklan. Jadi setidaknya kita punya gambaran berapa orang yang dapat di jangkau dari set iklan ini.

Tentukan Optimasi dan Pengiriman Iklan

Cara membuat fb ads tentukan optimasi dan pengiriman iklan
Tentukan Optimasi dan Pengiriman Iklan

Maksud optimasi dan pengiriman iklan adalah menentukan cara facebook untuk mengirim iklan kita ke audiens mana saja setelah filter dari Tentukan Target Audience di atas tadi. Untuk kampanye ini, tersedia 4 pilihan optimasi dan pengiriman iklan:

1. Penayangan Halaman Tujuan, artinya Iklan akan di tayangkan kepada pengguna Facebook yang kemungkinan besar akan mengklik tautan iklan lalu mengunjungi website / Instant Experience kita.

2. Klik Tautan, artinya iklan akan di tayangkan kepada pengguna facebook yang kemungkinan besar akan meng-kliknya. (Biasanya CPC untuk Klik Tautan lebih murah daripada Penayangan Halaman Tujuan)

3. Impresi, artinya iklan akan di tampilkan ke sebanyak mungkin pengguna Facebook, termasuk pengguna yang suka klik tautan ataupun tidak.

4. Jangkauan Unik Harian, artinya iklan akan di tayangkan pengguna Facebook minimal 1 x perhari tiap pengguna.

Lalu saya pilih yang mana ? karena tujuan saya adalah mengajak pengguna Facebook untuk mengunjungi Website toko Online saya, maka saya pilih Klik Tautan. Disamping CPC nya lebih murah daripada Penayangan Halaman Tujuan, Klik Tautan juga lebih tertarget di bandingkan Impresi dan Jangkauan Unik Harian.

Cara pilih CPC Klik Tautan FB Ads
Cara pilih Klik Tautan (CPC) FB Ads

Selanjutnya pada bagian Waktu Penagihan, Pilih Klik Tautan (CPC), untuk meringankan biaya karna kita hanya akan membayar ketika ada pengguna yang klik iklan kita. Sedangkan waktu penagihan Tayangan artinya kita akan membayar setiap iklan di tayangkan Facebook. Lalu klik selanjutnya untuk atur Konten Iklan.

Atur Iklan (Konten)

Di tahap ini, kita akan atur konten iklan sesuai produk atau jasa yang kita tawarkan. Pada case ini, saya menggunakan konten gambar untuk promosi. Secara garis besar ada 5 bagian utama yang harus di atur. Mari kita bedah 1 per 1.

Atur Nama Iklan

Karena dalam 1 kampanye bisa terdapat lebih dari 1 set iklan, dan dalam 1 set iklan bisa terdapat lebih dari 1 iklan (konten), maka berilah nama iklan yang bisa menjelaskan produk / jasa yang kita tawarkan.

Kalau Saya lebih suka kasih nama iklan sesuai dengan nama produk. Jadi nama iklan saya Kaos Hoodie Polos.

Pilih Identitas Fans Page dan Instagram

Pilihlah Fans Page dan Akun Instagram yang akan di gunakan sebagai identitas toko online kita. Fans Page dan Akun Instagram ini sebagai identitas kita. Jadi iklan akan ditampilkan atas nama Fans Page (di Facebook) dan atas nama Akun Instagram (di Instagram).

Pilih Format Konten Iklan

Tersedia 2 Format yaitu Gambar atau Video Tunggal, dan Carousel. Berhubung case ini memiliki konten iklan 3 Gambar, maka saya pilih Carousel.

Membuat Materi Iklan

cara setting konten iklan facebook ads
Cara Setting Konten Iklan Facebook Ads

Perhatikan gambar di atas, ada beberapa sub bagian yang harus kita sesuaikan agar iklan tampil lebih menarik. Kita bisa langsung lihat seperti apa iklan pada sisi kanan layar. Setidaknya ada 6 bagian yang harus di sesuaikan. (Wajib buat konten / ajakan yang dapat menarik perhatian pengguna)

1. Gambar. Upload gambar yang akan kita jadikan konten utama iklan. Tipsnya, upayakan tidak terlalu banyak teks pada gambar. Misal teks diskon 50% atau sebagainya. Agar iklan kita mudah di approve Facebook.

2. Teks Utama. Pada postingan Facebook, teks utama akan tampil sebelum gambar / video produk. Sedangkan pada Instagram, teks utama akan tampil setelah gambar produk. Tipsnya, upayakan berikan kalimat promosi utama kita. Misalnya, “Weekly Sale 50% – T-Shirt Days”.
Jika perlu, kita bisa menambahkan sampai 5 jenis Teks Utama. Jadi Facebook akan memilih teks utama yang paling sesuai menarik minat pengguna.

3. Judul Konten. Pada gambar di atas, Judul Konten terlihat persis di bawah gambar. Namun, dipostingan instagram, Judul konten tidak akan muncul. Kita juga bisa menambahkan sampai 5 jenis Judul konten.

Cara Setting Tampilan Iklan Facebook
Cara Setting Tampilan Iklan Facebook

4. Keterangan. Bagian ini akan muncul di bawah judul konten. Kawan-kawan bisa isi dengan Nama Toko atau domain website. Sama seperti judul konten, Keterangan bisa di buat sampai 5 jenis dan tidak akan muncul di postingan instagram.

5. URL Situs Web. Bagian URL adalah alamat situs Website yang menjadi tujuan utama kita ketika pengguna klik iklan kita.

6. Ajakan Bertindak. Sering disebut Call to Action yaitu sebuah tombol ajakan bertindak yang bisa di klik oleh pengguna dan mengarahkan pengguna ke URL Situs Web kita. Optimalkan lah Tombol Ajakan Bertindak ini dan sesuaikan dengan materi iklan. Karena pada bagian Teks Utama saya menggunakan kalimat promosi berupa diskon, maka Tombol Ajakan Bertindak yang paling cocok adalah “Selengkapnya” / “Pesan Sekarang”.

Siapkan Tools Pelacakan Konversi (Pixel) / Acara Offline

Cara setting Pixel pada FB Ads
Cara setting Pixel pada FB Ads

Setelah buat materi iklan, tentu kita ingin tahu dong apa yang dilakukan pengguna di Website kita. Misalnya sepertitombol apa yang diklik, sampai tahap mana pengguna di website kita sebelum pergi, bahkan kita juga bisa menyiapkan retargeting ads berkat tools pelacakan ini.

Konten Terkait:
Cara Membuat Website Toko Online Gratis Menggunakan Woocommerce
Buat Website Toko Online Wajib Punya Hosting dan Domain Sendiri ?

Kawan-kawan bisa pilih Pelacakan Konversi menggunakan Pixel atau Peristiwa Aplikasi, atau Pelacakan Acara Offline. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Berhubung saya menggunakan website, jadi saya menggunakan Facebook Pixel.

*Penting: Facebook Pixel harus di setting terlebih dahulu sebelum bisa digunakan dalam Kampanye Iklan. Tahap-tahap Setting Facebook Pixel agar Optimal cukup panjang, jadi akan saya bahas dalam artikel yang berbeda ya.

Setelah selesai, lihat dulu pratinjau iklan kita. Seperti apa wujud nya, apakah udah sesuai ? Kira-kira apakah udah bisa menarik perhatian pengguna ?

Jika sudah, lanjut klik Terbitkan. Dan iklan kita akan di tinjau oleh pihak facebook. proses peninjauan paling cepat 24 jam. Kalau di approve, kita akan di kasih tau lewat pemberitahuan pada akun Pengelola Bisnis Facebook.

Saya rasa konten cara membuat FB Ads ini cukup mudah dimengerti. Tapi kalau kawan-kawan punya pertanyaan, kritik ataupun saran, silahkan coret-coret di kolom komentar.

Pusat Panduan Facebook

List Artikel Terbaru

This Post Has 2 Comments

  1. lauwba Techno Indonesia

    Sangat Membantu

  2. Newsteen

    owh pilih identitas fans page yah

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)