Anda disini: M Jurnal » Excel Dasar » Go To Special Excel : Cek Data Berbeda Dalam 1 Row / Column

Go To Special Excel : Cek Data Berbeda Dalam 1 Row / Column

Cara Cek data berbeda berdasarkan kolom dan baris menggunakan go to special excel

Row Differences adalah salah satu fitur Go To Special Excel yang bisa Anda manfaatkan untuk memberikan tanda pada data yang berbeda dalam 1 baris dengan cepat.

Cara Cek data berbeda berdasarkan kolom dan baris menggunakan go to special excel

Gambar tersebut menggambarkan apa yang akan Anda pelajari pada Panduan ini. Ada beberapa Row yang sudah Saya sorot (highlight) dengan warna kuning.

Misalnya seperti ROW 1 (Cell A1, B1, dan C1). Terdapat data berupa angka (berturut-turut) 192-2, 192-2 dan 192-3.

Lihat hanya cell C1 berwarna kuning karena dalam Row 3 tersebut hanya cell tersebut yang memiliki nilai berbeda dari hasil Go To Special.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti Go To Special – Row / Column Differences Bukan Case Sensitive. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara memilih (block) Range data.

Semua itu akan Anda pelajari pada Panduan ini. Mari kita mulai.

Row / Column Differences – Go To Special

Memberikan tanda (menyoroti) data pada sekelompok data yang memiliki nilai berbeda akan tergantung seperti apa data Anda.

Silahkan gunakan fitur Row Differences untuk melakukan pengecekan berdasarkan Row (Baris) data. Atau Column Differences untuk pengecekan berdasarkan Column (Kolom) data. Mari kita coba 1 per 1.

#1 Row Differences (Go To Special)

Silahkan cek data berbeda dalam 1 Row (baris) menggunakan fitur Go To Special – Row Difference dengan cara berikut:

Go To Special Excel - Cek Row Differences
  1. Pertama, pilih (block) range data yang akan Anda cek. Mulailah cari Cell paling kiri atas. Ini akan menentukan cell mana yang akan di pilih oleh Excel
  2. Kedua, klik Tab Home
  3. Ketiga, Klik Find & Select kemudian klik Go To Special…
  4. Keempat, pilih Row Differences kemudian Klik Ok dan lihat hasilnya…

Penting! Jika Anda belum tahu apa itu Range pada Excel, silahkan Kunjungi Panduan Range Excel

Go To Special - Row Differences

Excel secara otomatis memilih semua Cell yang memiliki nilai berbeda berdasarkan masing-masing baris (Row).

Kemudian, untuk mengubah warna cell tersebut, silahkan klik Tab Home, kemudian Klik Icon panah kebawah pada Fill Color dan tentukan Warna yang Anda inginkan.

Go To Special - Row Differences

Coba perhatikan, secara garis besar, Excel melakukan pekerjaan dengan benar. Namun, mungkin Anda akan bertanya-tanya… Nilai mana yang menjadi acuan Excel untuk menentukan cell yang memiliki nilai berbeda dalam 1 Row / Baris ?

Jika fitur Row Differences sudah menjawab kebutuhan Anda serta Anda ingin tahu Nilai mana yang menjadi acuan Excel, silahkan skip ke bagian Pemilihan Range Data

#2 Column Differences (Go To Special)

Caranya sama saja seperti contoh sebelumnya. Perbedaannya hanya pada Window Go To Special.. Silahkan pilih Column Differences dan Klik Ok.

Go To Special - Column Differences

Note! Jangan lupa memberikan warna untuk cell yang terpilih dari fitur Go To Special.

Perhatikan Posisi Pemilihan (Block) Range Data

Posisi cell pertama yang Anda pilih sebelum memilih (block) Range data akan menentukan bagaimana Excel mencari data yang berbeda baik dalam 1 baris maupun 1 kolom.

Pada Cara menggunakan fitur Row Differences diatas, Saya meminta Anda untuk memilih (block) Range data mulai dari Cell paling kiri atas. Namun sesuatu yang ganjil bisa Anda lihat pada Row 12

Row / Column Differences Bukan Case Sensitive

Padahal Cell B12 dan C12 berisi nilai yang sama (724). Sementara Cell A12 berisi nilai yang berbeda (723). Kenapa Go To Special Excel memilih Cell B12 dan C12 sebagai cell yang berisi nilai berbeda dalam Row 12 ?

Hal ini terjadi karena cell pertama yang dipilih sebelum memilih (blok) Range data dan “Go To Special” adalah A1 (Cell Paling Kiri atas).

Pengujian Row / Column Differences Bukan Case Sensitive

Dengan demikian, Kolom A akan menjadi nilai acuan pada fitur Go To Special. Sehingga kolom manapun (dalam 1 baris) yang berisi data berbeda dari Kolom A, akan di pilih Excel.

Coba kita buktikan….

Pembuktian Row / Column Differences bukan Case Sensitive

Coba pilih (blok) range data Anda mulai dari kanan ke kiri… Yaitu dari Cell C1 sampai A12. Atau Anda juga bisa mulai dari Cell C12 sampai A1. Terserah, yang penting dari Kanan ke kiri..

Kemudian ulangi cara menggunakan Go To Special – Row Differences seperti cara sebelumnya… Jangan lupa ubah warna Cell.. Lihat hasilnya..

Kolom C menjadi nilai acuan cek data yang berbeda berdasarkan baris

Benar bukan ? Sekarang setiap data pada Kolom C yang menjadi acuan.

Row / Column Differences Bukan Case Sensitive

Ini yang menjadi kendala jika pada kumpulan data Anda terdapat data berupa huruf besar maupun huruf kecil.

Artinya ? Anda tidak bisa cek data berbeda jika terdapat data dengan teks yang sama, namun hanya beda huruf besar maupun huruf kecil..

Seperti contoh ini…

Row / Column Differences bukan Case Sensitive

Hanya Row 4 (Cell F4) yang memiliki perbedaan data berdasarkan baris dengan acuan Kolom E.

Sementara Row 1, 2 dan 3 dianggap tidak ada data yang berbeda karena perbedaan hanya terdapat pada huruf besar dan kecil.

Itu maksud Saya, Fitur Go To Special Excel baik Row maupun Column Difference bukan case sensitive (tidak mempertimbangkan huruf besar maupun huruf kecil).

Lalu apa selanjutnya ? Silahkan tambah skill Anda tentang Find & Select Excel menggunakan Pintasan Panduan berikut. Atau Kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal.

Pintasan Panduan Find & Select Excel

  1. Find & Select: Cari teks / angka, merubah secara masal, dan mencari Cell yang menggunakan rumus, comments, conditional formatting, dll. Semua dilakukan dengan cepat.
  2. Delete Blank Rows: Cara menghapus baris kosong (berguna jika terdapat baris kosong yang tidak diinginkan di tengah-tengah data dll)
  3. Row / Column Differences: (Anda Disini)
  4. Copy Visible Cells Only: Cara copy-paste Cell yang terlihat saja (mengabaikan hide Cell)
  5. Search Box: Cara membuat kotak pencarian sederhana (cepat)

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)