Freeze Panes Excel Untuk Mengunci Kolom dan Baris

Freeze Panes Excel – Pernahkan Anda menemukan file Excel yang sebagian baris (row) atau kolomnya (column) tidak bergerak ketika Anda scroll ke bawah maupun ke samping ?

Jika sudah pernah, maka setidaknya Anda sudah tahu gambaran seperti apa itu Freeze Pane.

Freeze panes ? Ya, Freeze Pane ini merupakan salah satu fitur yang sangat powerfull yang dapat mempermudah Anda dalam mengolah data menggunakan Microsoft Excel. Terutama jika Anda memiliki data dengan jumlah baris atau kolom yang sangat banyak.

Pada Panduan kali ini, Kita akan membahas apa itu Freeze Pane dan bagaimana cara menggunakannya. Silahkan simak Panduan berikut:

Apa itu Freeze Panes Excel ?

Freeze Panes Excel adalah fitur untuk membekukan baris atau kolom dalam Worksheet. Dengan Freeze Pane, Anda bisa membuat sebagian baris atau kolom tidak bergerak ketika scroll.

Dengan kata lain, Freeze Pane ini dapat mengunci kolom atau pun baris yang Anda inginkan sehingga ketika Anda melakukan Scroll kebawah / keatas dan kekanan / kekiri, baris atau kolom tersebut tetap berada diposisinya.

Beruntungnya, Excel menyediakan fitur Freeze panes pada versi 2007, 2010, 2013, 2016, Office 365 maupun Excel Online. Hampir semua versi Microsoft Excel menyediakan fitur ini.

Oke, langsung aja kita praktik. Silahkan download atau gunakan file Excel Online berikut sebagai bahan latihan kali ini.

Note:
1. Silahkan klik Icon Full Screen Pada Sudut Kanan Bawah File Excel Online berikut untuk menggunakan fitur Excel Online.
2. Klik Icon Download (gambar selembar kertas dengan tanda panah kebawah) pada baris sudut kanan bawah File Excel Online berikut untuk download file.
3. Jika Link Download atau Excel Online Error, silahkan beritahu Saya melalui kolom komentar (Terima kasih 🙂 ).

Freeze Panes Baris Paling Atas

Sebagai contoh silahkan buka Sheet Top&First pada Excel Online diatas. Saya ingin mengunci baris pertama (Row 1). Untuk mengunci / membekukan baris pertama saja, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Mengunci atau Membekukan Kolom paling Atas Excel
  1. Pertama, klik cell manapun pada baris 1.
  2. Kedua, klik Tab View kemudian klik Freeze Panes
  3. Ketiga, klik Freeze Top Row kemudian silahkan scroll kebawah, dapat dipastikan posisi baris pertama ( Row 1 ) tidak berubah ketika Anda scroll seperti gambar berikut:
Freeze Panes Baris Paling Atas Excel

Selanjutnya Anda silahkan lanjutkan pengisian data Anda. Dengan adanya header pada bagian atas, tentu akan lebih mudah 🙂

Penting! Freeze Panes Baris Paling Atas berlaku untuk membekukan baris paling atas Yang Terlihat saja. Jika baris pertama yang ingin Anda bekukan tidak terlihat, maka Excel akan membekukan baris paling atas yang terlihat.

Pertama-tama, hilangkan terlebih dahulu Freeze Panes tersebut dengan melakukan Unfreeze. Selanjutnya gunakan kondisi data seperti berikut.

Mengunci / Membekukan Baris Paling Atas Excel

Baris paling atas yang terlihat adalah Row 38. Coba Anda ulangi cara Freeze Panes diatas kemudian scroll kebawah. Secara otomatis, Excel mengunci Row 38 seperti gambar berikut:

Freeze Panes Excel untuk mengunci atau membekukan baris paling atas

Tentu Anda tidak bisa melihat data paling Atas (Row 1 sampai 37).

Freeze Panes Kolom Paling Kiri

Masih menggunakan Sheet Top&First, Saya ingin mengunci kolom A saja. Sementara baris Saya biarkan loss. Untuk case ini, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Mengunci atau membekukan kolom paling kiri Excel
  1. Pertama, klik Cell manapun pada kolom A.
  2. Kedua, klik Tab View kemudian klik Freeze Panes
  3. Ketiga, klik Freeze First Column, kemudian silahkan scroll ke samping, Anda tetap bisa melihat kolom A seperti gambar berikut:
Freeze Panes Excel untuk Kolom paling Kiri

Apa sih gunanya ?

Coba Anda lihat cell Q27 yang Saya beri tanda panah pada gambar. Karena Saya tahu kolom A berisi data tanggal, maka Saya menjadi tahu bahwa Cell Q27 merupakan data untuk Bulan Jan-07.

Custom Row Freeze Panes

Dengan Custom Row Freeze Panes, Anda bisa membekukan / mengunci baris manapun. Cara ini tidak akan mengunci kolom. Namu tetap mempertimbangkan baris paling atas yang terlihat.

Sebagai contoh, Silahkan Buka Sheet Custom. Baris paling atas yang terlihat adalah Baris 5.

Saya ingin mengunci / membekukan baris 5, 6, 7 dan 8 agar tetap berada pada posisi nya ketika scroll. Untuk itu, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Mengunci / membekukan banyak baris ( kustom ) Excel
  1. Pertama, klik pada baris 9 ( Row 9 ). Pastikan Row 5 berada pada posisi paling atas yang terlihat.
  2. Kedua, klik Tab View seperti cara sebelumnya. Kemudian klik Freeze Panes.
  3. Ketiga, klik Freeze Panes, kemudian silahkan scroll kebawah. Anda sudah bisa membekukan baris kustom seperti gambar berikut:
Custom Row Freeze Panes Excel

Custom Column Freeze Panes

Konsepnya kurang lebih sama dengan custom row Freeze Pane. Bedanya hanya pada Baris dan Kolom saja. Misalnya, Saya ingin mengunci kolom A, B, C, D sampai kolom N.

Masih menggunakan Sheet Custom, silahkan Unfreeze terlebih dahulu Freeze Pane yang sudah dibuat. Kemudian ikuti tahap-tahap berikut:

Mengunci atau membekukan banyak kolom ( Kustom ) pada Excel
  1. Pertama, klik pada Kolom O ( Column O ). Pastikan Kolom A berada pada posisi paling kiri yang terlihat.
  2. Kedua, klik Tab View seperti cara sebelumnya. Kemudian klik Freeze Panes.
  3. Ketiga, klik Freeze Panes, kemudian silahkan scroll ke kanan. Anda sudah bisa membekukan kolom A sampai N seperti gambar berikut:
Freeze Panes Custom Column Excel

Contoh-contoh di atas hanya berlaku untuk mengunci baris dan kolom saja. Saya yakin Anda juga akan butuh cara membekukan baris dan kolom sekaligus. Untuk itu, silahkan lihat contoh-contoh berikut:

Freeze Column + Row

Freeze Column + Row memungkinkan Anda untuk mengunci baris dan kolom secara bersamaan. Silahkan gunakan Sheet Column + Row Excel Online sebagai bahan latihan.

Dalam mengunci kolom dan baris secara bersamaan, posisi cell yang Anda pilih sangat penting. Misalnya, Saya ingin mengunci Baris 1, 2, 3, dan 4 serta Kolom A. Lakukan langkah-langkah berikut:

Mengunci atau membekukan kolom dan baris Excel sekaligus
  1. Pertama, Pastikan baris 1 berada pada posisi paling atas dan kolom A berada pada posisi paling kiri seperti yang terlihat pada gambar.
  2. Kedua, klik Cell B5, Kenapa ? Karena cell B5 berada dibawah baris 4 dan di samping kanan kolom A. Hal ini juga memberitahu Excel bahwa Cell B5 merupakan sudut dari Freeze Panes.
  3. Ketiga, klik Tab View, kemudian klik Freeze Panes. Silahkan scroll kebawah dan kekanan, hasil nya akan seperti gambar berikut:
Freeze Panes Column + Row sometimes

Penting untuk di ingat!, Posisi cell yang Anda pilih serta baris paling atas dan kolom paling kiri yang terlihat akan menentukan baris dan kolom mana yang akan di kunci.

Misalnya, baris paling atas yang terlihat adalah baris 4. Sementara kolom paling kiri yang terlihat adalah kolom B. Kemudian, Saya klik pada Cell M16 dan lakukan Freeze Panes. Apa yang terjadi ? lihat gambar berikut:

Freeze Panes Columns and Rows Sekaligus

Excel akan mengunci baris 4,5,6 sampai 15 dan kolom B, C, D, sampai M. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya.

Hapus Freeze Panes

Jika Anda sudah terlanjut membekukan panel / mengunci kolom baris baris silahkan ikuti cara berikut untuk menghapusnya. Cara ini tidak akan menghapus data Anda, hanya menghilangkan Freeze Panes saja.

Menghapus atau menghilangkan Freeze Panes atau kolom terkunci
  1. Pertama, klik Cell manapun pada sheet yang sama.
  2. Kedua, klik Tab View, kemudian klik Freeze Panes.
  3. Ketiga, Klik Unfreeze Panes. Hasilnya, WorkSheet Anda akan kembali ke tampilan normal.

Format Freeze Pane sudah hilang. Sekarang Anda bisa leluasa untuk scroll keatas, kebawah, kekanan maupun kekiri sepuasnya.

Lalu apa selanjutnya ? silahkan gunakan Pintasan Panduan WorkSheets Excel berikut untuk mempelajari semua tentang WorkSheets. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari Semua Tetang Microsoft Excel.

Pintasan Panduan WorkSheets Excel

  1. WorkSheets: Mengenal, Menambahkan, Merubah Nama, Menghapus, Memindahkan dan Menyalin WorkSheets.
  2. Zoom: Zoom-In dan Zoom-Out WorkSheets
  3. Split: Membagi WorkSheet Menjadi 2 Tampilan Berbeda
  4. Freeze Panes: (Anda Disini)
  5. Group WorkSheets: Menggabungkan WorkSheet untuk Melihat dan Mengedit Secara Bersamaan.
  6. Consolidate: Menggabungkan Data dari WorkBooks/WorkSheets berbeda ke dalam 1 WorkBooks atau WorkSheets
  7. View Multiple WorkSheets: Melihat Dua atau Lebih WorkSheets Secara Bersamaan
  8. Get Sheet Name: Cara Mengetahui Nama File Excel Anda dan dimana Menyimpannya
  9. Spell Check: Cara Mencegah Typo dengan Fitu Spell Check Otomatis menggunakan Kamus Excel atau Menggunakan Kamus Anda sendiri.

R_Mardani

"Write based on Experience"

Komentar Paling Lambat di Balas Pukul 23:59 :)