Find & Select : Fitur Pencarian Microsoft Excel

Anda bisa menggunakan Fitur Find & Select untuk mencari data dengan cepat kemudian menggunakan Replace untuk mengganti data tersebut,

Mencari dan mengubah data bisa Anda lakukan untuk 1 data bahkan lebih secara bersamaan. Panduan ini akan menjelaskan cara menggunakan fitur Find & Select ini.

Tapi bukan hanya itu saja. Saya juga akan tunjukkan cara menggunakan fitur Go To Special untuk mencari data dengan syarat tertentu. Setidaknya ini akan membantu Anda mencari data pada cell yang terdapat:

  1. Rumus / Fungsi tertentu
  2. Terdapat Komentar
  3. Menggunakan Conditional Formating
  4. Data Validation
  5. Dan masih banyak yang lainnya.

Fitur Find Excel Untuk Pencarian Data

Anda bisa menggunakan fitur Find pada Excel untuk mencari teks (kata), angka, atau gabungan teks dan angka bahkan karakter tertentu dalam sebuah WorkSheet (Sheet) ataupun WorkBook (File Excel).

Secara defult, fitur ini bukan case-sensitive. Artinya, jika Anda mencari kata Toko, maka Excel akan menyertakan Cell apapun yang berisi kata Toko dalam pencarian.

Dengan kata lain, cell yang berisi kata TOKOKU atau tokoh publik pun akan masuk ke dalam hasil pencarian. Artinya, Excel tidak akan mempertimbangkan huruf besar maupun huruf kecil.

Jika Anda ingin mencari data dengan mempertimbangkan huruf besar dan kecil, silahkan skip ke bagian Find & Replace Case-Sensitive.

Jika fitur Find & Select ini sudah cocok untuk Anda, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Fitur Find Excel untuk mencari data dengan cepat
  1. Pertama, Klik Tab Home dan klik Find & Select. Kemudian klik Find. Atau Anda juga bisa menekan tombol CTRL dan F pada Keyboard secara bersamaan.
  2. Kedua, pada Window Find & Replace, silahkan ketik huruf / angka / karakter yang ingin Anda cari. Sebagai contoh Saya akan mencari kata Toko
  3. Ketiga, klik Find Next, secara otomatis, Excel akan memilih cell yang berisi seluruh / sebagian dari kata Toko. Klik Find Next kembali untuk melihat cell berikutnya yang berisi sebagian / seluruh dar kata Toko.
  4. Terakhir, jika Anda ingin mencari semua cell yang bersisi (sebagian / seluruh) dari kata “Toko”, silahkan klik Find All. Berikut hasilnya:
Fitur Find Excel untuk mencari data dengan cepat

Excel memberikan hasil dalam bentuk tabel dengan 5 kolom, yaitu Book, Sheet, Name, Cell dan Value.

Anda hanya perlu fokus pada Kolom Cell dan Value. Kolom Cell berisi informasi berupa Cell mana yang terdapat data yang Anda cari.

Sementara itu, kolom Value berisi data yang terdapat pada cell tersebut. Anda hanya perlu klik salah satu hasil untuk berpindah ke cell tersebut dengan cepat. Fitur ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki baris data yang sangat banyak.

Fitur Replace Excel Untuk Mengganti Data

Dari fitur Find & Select ini, Anda juga bisa mencari (Find) data dalam jumlah besar kemudian mengganti semua hasilnya (replace) dengan cepat.

Sama seperti fitur Find, secara default fitur Replace juga bukan case-sensitive. Saya berikan contoh yang sama dengan fitur Find. Coba Anda lihat Judul tabel pada Sheet berikut berisi kata TABEL PEMBELIAN BARANG TOKOKU “MJURNAL.COM”

Fitur Replace Excel untuk mengubah data yang banyak sekaligus dengan cepat

Sementara itu, pada kolom Suplier berisi 2 jenis data dengan kata “Toko”, yaitu Toko Satu dan Toko Laris.

Jika Anda menggunakan fitur Find & Replace untuk mengganti kata Toko menjadi Store, secara otomatis, semua cell yang berisi (sebagian / seluruh) kata Toko akan ikut berubah. Mari kita buktikan.

Cara menggunakan fitur Find & Replace Excel
  1. Pertama, Klik Tab Home dan Klik Find & Select. Kemudian klik Replace. Atau Anda juga bisa tekan tombol CTRL dan H secara bersamaan.
  2. Kedua, ketik Toko pada kolom Find What sebagai kata yang ingin kita cari.
  3. Ketiga, ketik Store pada kolom Replace With sebagai kata pengganti.
  4. Terakhir, klik Replace All untuk mengganti semua cell yang berisi sebagian / seluruh dari kata Toko menjadi Store. Berikut hasilnya:
Cara mencari data dan mengubah banyak data sekaligus dengan cepat

Benar bukan ? Seluruh cell yang berisi sebagian atau seluruh dari kata “Toko” akan terganti dengan kata “Store“. Pada gambar di atas, bagian Header yang berisi TABEL PEMBELIAN BARANG TOKOKU “MJURNAL.COM” juga berubah menjadi TABEL PEMBELIAN BARANG StoreKU “MJURNAL.COM”

Jika Anda ingin menggunakan Case-Sensitive (mempertimbangkan huruf besar dan kecil), silahkan ikuti panduan Find & Replace : Case-Sensitive berikut.

Find & Replace : Case-Sensitive

Sebagai contoh, Saya ingin mencari cell yang berisi sama persis dengan Toko. Artinya, Excel akan mencari cell yang berisi sebagian / seluruh dari kata Toko dengan mempertimbangkan huruf besar dan kecil.

Cara menggunakan fitur Find & Replace Excel

Jika kita menggunakan Fitur Find & Replace tanpa case-sensitive, tentu semua cell yang berisi kata Toko (sebagian / seluruhnya) akan ikut berubah. Termasuk Header dan cell yang berisi kata toko satu.

Untuk contoh case-sensitive ini, silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara menggunakan fitur Find & Replace Excel Untuk Case Sensitive
  1. Pertama, Buka Window Find & Replace seperti cara sebelumnya.
  2. Kedua, ketik kata yang ingin di cari pada Kolom Find What dan Kata Pengganti pada Kolom Replace With.
  3. Ketiga, klik Options, kemudian Centang Match Case.
  4. Terakhir, klik Replace All. Berikut hasilnya:
Cara mencari data dan mengubah banyak data sekaligus dengan cepat

Benar bukan ? Excel hanya mengganti Cell yang berisi kata yang sama persis (huruf besar dan kecil) dengan kata Toko.

Lihat header / judul tidak berubah karena berisi Kata TOKOKU dengan huruf Capital. Sementara Cell yang berisi kata toko satu tidak berubah sama sekali.

Bonus: Fitur Go To Special Excel

Fitur Go To Special Excel dapat Anda gunakan untuk mencari data yang lebih spesifik. Misalnya, Anda bisa mencari cell mana saja yang menggunakan rumus, Conditional Formating, Data Validtions, dan masih banyak syarat lainnya.

Sebagai contoh, Saya akan mencari cell mana saja yang menggunakan rumus / fungsi. Silahkan ikuti tahap-tahap berikut:

Cara mencari Cell yang menggunakan Rumus / Fungsi / Conditional Formating, Comments dengan Fitur Go To Special
  1. Pertama, Klik Tab Home dan Klik Find & Select. Kemudian pilih Go To Spesial.
  2. Kedua, pada Window Go To Special, Anda bisa menentukan syarat data yang akan dicari. Untuk mencari Cell yang menggunakan Rumus / Fungsi, silahkan Pilih Formula
  3. Ketiga, centang Number, Text, Logicals dan Errors untuk mencari semua cell yang berisi Kategori Fungsi tersebut.
  4. Terakhir, klik Ok untuk melanjutkan. Berikut hasilnya:
Fitur Go To Special Excel

Benar bukan ? Excel memilih (blok) semua Cell yang menggunakan Rumus / Fungsi.

Saya berikan contoh untuk Data Validations.

Sebagai contoh, Saya membuat Dropdown List menggunakan Data Validations pada Cell O4, O5 dan O6. Kurang lebih, penampakannya seperti ini:

Drop Down list menggunakan data validations Excel

Dalam Sheet ini, hanya Cell O4, O5, dan O6 yang menggunakan fitur Data Validations. Coba kita buktikan, apakah Excel berhasil mencarinya ? Perhatikan gambar berikut:

Go To Special untuk Data Validations Excel

Anda hanya perlu mengubah syarat pencarian pada Window Go To Special menjadi Data Validations kemudian klik Ok. Berikut hasilnya:

Cara mencari cell yang menggunakan Drop Down List dengan fitur Go To Special

Benar bukan ? Excel langsung memilih (Blok) cell yang menggunakan Data Validations (Cell O4, O5, dan O6).

Lalu apa selanjutnya ? Silahkan gunakan Pintasan Panduan Find & Select berikut untuk mempelajari Semua Tentang Find & Select Excel. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari Semua Tentang Microsoft Excel.

Pintasan Panduan Find & Select Excel

  1. Find & Select: (Anda Disini)
  2. Delete Blank Rows: Cara menghapus baris kosong (berguna jika terdapat baris kosong yang tidak diinginkan di tengah-tengah data dll)
  3. Row / Column Differences: Memberikan tanda pada cell yang memiliki nilai berbeda dalam satu Row.
  4. Copy Visible Cells Only: Cara copy-paste Cell yang terlihat saja (mengabaikan hide Cell)
  5. Search Box: Cara membuat kotak pencarian sederhana (cepat)

Pusat Panduan Excel

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan