Cara Edit 2 atau Lebih Sheet Excel Secara Bersamaan

Dalam kondisi tertentu, Anda akan membutuhkan cara edit 2 atau lebih Sheet Excel secara bersamaan.

Misalnya, Anda memiliki tabel data Penjualan Produk untuk Toko Cabang pada Sheet1. Sementara itu, pada Sheet2 juga terdapat tabel dengan format yang sama untuk data Penjualan Produk Cabang Pusat.

Kemudian, Anda ingin mengubah judul Tabel pada Setiap sheet secara bersamaan. Atau Anda ingin menghapus data yang terdapat pada Sheet1 dan Sheet2 secara bersamaan.

Panduan ini akan memudahkan pekerjaan Anda. Agar lebih mudah dipahami, Saya berikan contoh soal. Silahkan download atau gunakan File Excel Online berikut sebagai bahan latihan kali ini.

Data pada Excel Online diatas terdiri dari 3 Sheet yaitu Sheet Cabang 1, Cabang 2 dan Cabang 3. Masing-masing Sheet berisi data Total Penjualan Per Kuartal Setiap cabang. Saya ingin mengubah semua data pada 3 sheet berbeda ini secara bersamaan. Perhatikan langkah-langkah berikut:

Cara Kelompokkan Sheet

Pertama-tama, Kelompokkan Sheet yang akan ingin Anda edit secara bersamaan yaitu Sheet Cabang 1, Cabang 2 dan Cabang 3. Caranya sebagai berikut:

Cara Mengelompokkan Sheet Excel
  1. Pertama, Klik Sheet Cabang 1.
  2. Kedua, Tekan dan tahan Tombol CTRL pada keyboard.
  3. Ketiga, Klik Sheet Cabang 2 dan Cabang 3. Kemudian lepas Tombol CTRL. Berikut hasilnya.
Kelompokkan WorkSheet Excel

Note:
Jika Anda berhasil, Warna Sheet akan berubah memudar seperti warna Sheet yang sedang aktif (lihat gambar).

Edit Sheet Secara Bersamaan

Setelah Anda mengelompokkan Sheet yang akan di edit secara bersamaan, sekarang apapun yang Anda ubah pada Sheet Cabang 1 / Cabang 2 / Cabang 3, maka sheet lainnya akan ikut berubah.

Misalnya, Saya ingin menghapus Row 3 pada Sheet Cabang 1. Maka secara otomatis Row 3 pada Sheet Cabang 2 dan Cabang 3 juga akan terhapus. seperti gambar berikut:

Edit Sheet Excel Secara Bersamaan

Selanjutnya, Saya ingin mengubah header tabel (Kuartal 1 menjadi Q1, Kuartal 2 menjadi Q2, Kuartal 3 menjadi Q3, dan Kuartal 4 menjadi Q4) pada Sheet Cabang 2. Maka secara otomatis Semua header table pada Sheet Cabang 2 dan Cabang 3 juga akan berubah seperti gambar berikut:

Edit Sheet Excel Secara Bersamaan

Note:
Apapun perubahan yang Anda lakukan pada salah satu Sheet yang telah dikelompokkan (Cabang 1, Cabang 2 dan Cabang 3), maka isi ketiga sheet akan ikut berubah.

Lalu bagaimana cara mengecualikan salah satu atau semua sheet dari kelompok (group) ? Anda cukup melakukan hal yang Sama seperti mengelompokkan Sheet sebelumnya. Yaitu tekan dan tahan Tombol CTRL, kemudian klik Sheet yang ingin Anda keluarkan dari kelompok (Group).

Lalu Apa Selanjutnya ? Silahkan gunakan Pintasan Panduan Berikut untuk mempelajari Semua Tentang WorkSheet Excel. Atau kunjungi Pusat Panduan Excel M Jurnal untuk mempelajari Semua Tentang Microsoft Excel.

Pintasan Panduan WorkSheets Excel

  1. WorkSheets: Mengenal, Menambahkan, Merubah Nama, Menghapus, Memindahkan dan Menyalin WorkSheets.
  2. Zoom: Zoom-In dan Zoom-Out WorkSheets
  3. Split: Membagi WorkSheet Menjadi 2 Tampilan Berbeda atau lebih
  4. Freeze Panes: Membekukan Judul Kolom/Baris (Sangat berguna jika Anda memiliki Jumlah Data yang Banyak)
  5. Group WorkSheets: (Anda Disini)
  6. Consolidate: Menggabungkan Data dari WorkBooks/WorkSheets berbeda ke dalam 1 WorkBooks atau WorkSheets
  7. View Multiple WorkSheets: Melihat Dua atau Lebih WorkSheets Secara Bersamaan
  8. Get Sheet Name: Cara Mengetahui Nama File Excel Anda dan dimana Menyimpannya
  9. Gridlines: Cara Menghilangkan dan menampilkan Garis Kotak-Kotak yang membatasi setiap cell Excel.
  10. Spell Check: Cara Mencegah Typo dengan Fitu Spell Check Otomatis menggunakan Kamus Excel atau Menggunakan Kamus Anda sendiri.

Pusat Panduan Excel

List Artikel Terbaru

Tinggalkan Balasan